Kabar  

WNI Masuk Jepang Tak Perlu Lagi Tes PCR dan Sertifikat Vaksinasi Covid-19

WNI Masuk Jepang Tak Perlu Lagi Tes PCR dan Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Terhitung sejak Kamis (29/4/2023), Warga Negara Indonesia (WNI) yang hendak ke Jepang tak diwajibkan lagi menunjukkan surat tes PCR maupun sertifikat vaksinasi Covid-19.

Namun warga negara lainnya seperti China masih dikenai persyaratan khusus jika masuk ke Jepang.

Baca juga: PM Jepang Targetkan Investasi Asing 100 Triliun Yen Dalam Satu Tahun Mendatang

“Iya WNI yang datang dari Indonesia ke Jepang sudah bebas tanpa surat tes PCR maupun sertifikat vaksinasi Covid-19 lagi. Jadi bisa masuk seperti biasa seperti sebelum adanya pandemi corona,” papar sumber Tribunnews.com, Sabtu (29/4/2023).

Peraturan ini berlaku mulai tanggbal 29 April 2023 jam 00.00.

Berikut adalah rincian langkah-langkah perbatasan di masa mendatang terkait virus corona:

1. Berdasarkan pengumuman bahwa infeksi virus corona tidak lagi dikenali sebagai “penyakit menular influenza baru”, langkah-langkah perbatasan akan diubah sebagai berikut mulai pukul 00:00 pada tanggal 29 April 2023.

(1) Semua imigran tidak diwajibkan untuk menyerahkan ‘sertifikat tes negatif yang diambil dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan’ atau ‘sertifikat vaksinasi vaksin (tiga kali)’.

Baca juga: Kemenkes Imbau Masyarakat Lengkapi Vaksinasi Covid-19 Hingga Booster

(2) Langkah-langkah sementara seperti ‘tes sampel’ yang saat ini diterapkan untuk orang yang memasuki negara dengan penerbangan penumpang langsung dari Tiongkok (tidak termasuk Hong Kong dan Makau) akan diterapkan dengan orang yang masuk dari negara/wilayah lain. Diterapkan pula bagi mereka yang memiliki gejala serupa.

2. Namun, Jepang akan melanjutkan pemeriksaan imigrasi yang saat ini sedang dilakukan bagi mereka yang memiliki gejala infeksi virus corona baru dan perawatan medis di fasilitas ketika mereka ditemukan positif terinfeksi virus corona baru hingga tengah malam pada 8 Mei 2023.

Lalu akan mulai menular surveilans genom penyakit pada tengah malam tanggal 8 Mei 2023.

3. Silakan periksa Situs Internet Keamanan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri untuk informasi risiko penyakit menular Kementerian Luar Negeri. https://www.anzen.mofa.go.jp/

Bagi yang ingin bertanya silakan hubungi nomor bebas biasa: 0120-565-653

Dari luar negeri: +81-3-3595- 2176(Jepang) (Jepang, Inggris, Cina, Korea)

Kemudian nomor telepon Badan Layanan Imigrasi (penolakan masuk, masuk kembali ke Jepang)
 
Telepon: (perwakilan) 03-3580-4111(ekstensi 4446, 4447)

Lalu untuk dukungan Penduduk Asing di Dalam Pusat Informasi Visa Kementerian Luar Negeri

Telepon: 0570-011000 (Navi Dial: Ikuti instruksi, pilih 1 dalam bahasa Jepang, lalu tekan 5.) Dari beberapa telepon IP, 03-5363-3013

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung free of charge ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan e mail ke: [email protected] Topic: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *