Kabar  

Tumbuhkan Kesadaran Sejak Dini dengan Menjauhi Narkoba Bersama Organisasi PKK dan Karangtaruna

Tumbuhkan Kesadaran Sejak Dini dengan Menjauhi Narkoba Bersama Organisasi PKK dan Karangtaruna

Kompasiana adalah platform weblog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) sendiri adalah kegitan yang dilakukan oleh mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegitan ini dilakukan guna berkontribusi langsung kepada masyarakat sekitar untuk memberikan manfaat bagi masyarakat serta melakukan pengabdian kepada masyarakat. 

Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa PMM UMM Kelompok 28 Gelombang 2 dengan Dosen Pembimbing Dedik Fitra Suhermanto, S.IP., M Hub. Int yang berfokus pada penyuluhan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Kelompok 28 Gelombang 2 berupaya melakukan sosialisasi guna mencegah dalam penyalahgunaan narkoba pada Desa Torongrejo yang berlokasikan di Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.

Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu sosialisasi terkait pencegahan penyalahgunaan narkoba pada organisasi ibu-ibu PKK dan Karangtaruna di Desa Torongrejo. Kegitan tersebut dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2023 di Balai Desa Torongrejo, dengan mengundang narasumber dari pihak BNN kota Batu yaitu Bapak Budi Hariyanto, SE.MM. Pada kegitan sosialisasi tersebut menjelaskan tentang pengertian, jenis-jenis, dan dampak dari bahaya narkoba serta faktor lingkungan apa saja yang menjadikan faktor terjadinya penyelahgunaan narkoba. 

Kegitan ini dimulai dengan susunan acara sambutan-sambuta, pemaparan materi, tanya jawab dan penutupan foto Bersama. Kegiatan ini membantu meningkatkan pengetahuan tentang bahaya narkoba bagi anak- anak, dan Peran orang tua sangat penting dalam mencegah anak-anak dari bahaya narkoba. Orang tua perlu memberikan edukasi tentang risiko narkoba, membuka komunikasi yang baik, serta mengawasi aktivitas anak secara positif.

Pada hari itu juga kami melakukan sosialisasi akan bahayanya narkoba serta bahaya penyalahgunaanya kepada organisasi karangtaruna Desa Torongrejo dengan nama sebutan karangtaruna P3K (Persatuan Pemuda Pemudi dusun Klerek). Pada kegiatan tersebut menjelaskan tentang pengertian, dan dampak dari narkoba untuk anak muda dan masa depannya, yang  dijelaskan oleh Budi Haryanto selaku pemateri dari BNN Kota Batu dan Pak Supadi Selaku ketua IBN di desa Torongrejo. Acara ini kami adakan guna Memberantas Kasus Narkoba yang marak di kalangan anak muda, yang mana bukan hanya bermasalah pada diri sendiri melainkan lingkungan dan masa depan.

Dokpri

Dokpri

Dengan demikian kegiatan PMM yang dilakukan memberikan berbagai manfaat bagi organisasi PKK dan Karangtaruna terkait sosialisasi pencegahan dan penyalahgunaan narkoba guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang risiko narkoba, membantu mencegah anggota dari terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, serta menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan aman bagi masyarakat. Selain itu, sosialisasi ini juga dapat memperkuat hubungan sosial antara anggota, dan mendukung program-program pencegahan narkoba yang lebih luas dalam komunitas.

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya

Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *