Kabar  

Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat, Bina Karang Taruna Tanam Rempah-rempah

Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat, Bina Karang Taruna Tanam Rempah-rempah

Reporter:
Biro Jember|

Editor:
Aziz|

Minggu 24-09-2023,16:27 WIB

Pemateri dari UKM IKM Nusantara Dr Rendra Wirawan dan Dosen Farmasi Universitas dr Soebandi, Shinta Mayasari, M, Farm. Klin, penanaman rempah —

Jember, Memorandum – Upaya tumbuhkan ekonomi dari masyarakat paling bawah dengan meningkatkan keterampilan karang taruna Himparwas RW 12, Kelurahan Gebang, Patrang, Jember, Dosen Farmasi Universitas dr Soebandi, Shinta Mayasari, M, Farm. Klin gelar Pendidikan Pelatihan dan Pembinaan (P3), melalui Gurah Gubuk Rempah.

Dosen Farmasi Universitas dr Soebandi, Shinta Mayasari, M, Farm. Klin mengatakan, merupakan salah satu upaya Universitas dr Soebandi mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Memberikan materi ilmu ability dasar rempah-rempah (Wedang Uwuh), Urgensi produk halal dengan pemateri dari Organisasi Apoteker Khoirul Umam, dan kewirausahaan dengan Narasumber Rendra Wirawan Ketua UKM IKM Kabupaten Jember.

Dosen Perempuan yang akrab disapa Sinta ini mengatakan, mengapa Karang Taruna diberikan edukasi atau pendidikan, pelatihan hingga pembinaan, harapannya agar mereka mempunyai keterampilan yang bermanfaat.

“Selain itu, dengan adanya kegiatan ini nantinya mereka akan bisa belajar, sekaligus akan memiliki ability dan bisa berusaha bisa menggerakkan ekonomi akar rumput paling bawah. Pengabdian Masyarakat ini di danai oleh Ristekdikti pusat,” ujarnya

Dengan adanya Inovasi “Gurah” ini lanjut Sinta nantinya ini nanti yang akan menekan kaitannya dengan kegiatan. Jadi Karang taruna nantinya akan diberi Rempah, selain itu teori, penunjang kaitannya nanti rempah itu akan di produksi.

“Kaitannya dengan hal itu, maka kita nantinya akan saranai atau menjembatani, misalnya soal perijinan, pengajuan sertifikasi halal, sehingga pemateri memberikan materi rempah dan  kewirausahaan,” ujarnya.

Sementara Rendra Wirawan Ketua UKM IKM Kabupaten Jember, dalam meningkatkan slil up karang taruna Himparwas, dalam kegiatan kewirausahaan “Gurah” Gubuk Rempah.

“Gubuk Rempah bagian penting yang bisa dikembangkan secara bisnis disekitar kita. Apalagi dikuatkan oleh lembaga karang taruna, menjadi kekuatan luar biasa dalam pemberdayaan masyarakat, ” ujar Rendra Wirawan.

Karena selaras dengan UKM IKM Nusantara kabupaten Jember, kedepannya akan cukup bisa mempengaruhi dengan kegiatan-kegiatan ekonomi kabupaten Jember.

“Lembaga karang taruna berperan aktif bergerak bersama masyarakat menggerakkan ekonomi dalam pengembangan usaha bersama warga. Mengingat kabupaten Jember termasuk kategori inflasi terbesar tingkat nasional nomer 7,” jlentreh Rendra yang juga sebagai ketua UKM IKM Nusantara Jawa Timur.

Bisa menjadi pemicu penggerak ekonomi masyarakat tingkat paling bawah/diakar rumput.(edy/ziz)

Sumber:

Berita Terkait






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *