Tingkatkan Koordinasi, FKT Mandirancan Gelar Raker

Kuningan. Jajaran Pengurus Karang Taruna Kecamatan Mandirancan menggelar rapat kerja di Rumah Makan Lesehan Dangdeur Desa Randobahilir pada Minggu, 11 Januari 2021. Acara ini dihadiri oleh para pengurus Karang Taruna dari mulai tingkatan desa, kecamatan hingga pengurus Kabupaten. Tujuan daripada agenda ini adalah meningkatan sinergitas, rasa solideritas serta memantapkan program kerja prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2021.

Dafid Hafidin dalam sambutanya menyampaikan banyak terima kasih kepada para ketua Karang Taruna Desa yang sudah berkenan hadir dan bisa bersilaturahmi secara langsung. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi agenda rutin sehingga terjalin komunikasi yang baik sesama pengurus. “Hatur nuhun parantos sumping sadayana, baik itu dari pengurus desa maupun perwakilan pengurus Kabupaten. Mari kita sama-sama bersinergi membangun Karang Taruna agar mampu menjadi sumber dan potensi kesejahteraan sosial di masyarakat” Ungkapnya.

Menurut infomasi Pembina Umum Karang Taruna Kecamatan Mandirancan tidak berkenan hadir karena ada keperluan keluarga yang tidak bisa di tinggalkan. Namun meskipun demikian pihaknya sangat mengapresiasi langkah yang di lakukan oleh para pengurus Karang Taruna Kecamatan Mandirancan.

Agenda yang dimulai pukul 13.30 Wib ini juga diisi oleh sosialisasi Peraturan Mentri Sosial Nomor 25 Tahun 2019 dan dialog terbuka seputar permasalah yang dihadapi oleh para pengurus Karang Taruna yang ada di desa masing-masing. Di daulat sebagai narasumber dalam kegiatan Aldi Nurcahya dan Dede Supriadi.

Aldi memaparkan tentang pentingnya memahami Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 Tahun 2019 karena sebagai dasar dalam membawa organisasi Karang Taruna kedepan. Selain itu bliau menyampaikan tentang program Karang Taruna dalam upaya mendukung pembangunan daerah, sehingga betu-betul menjadi Desa Pinunjul sesuai Visi Kabupaten Kuningan yaitu MAJU. “Dalam permensos ini kita dapat memahami bahwa Karang Taruna adalah organisasi nonpartisan (tidak memihak) kepada siapapun apalagi berafiliasi dengan partai politik, kita betul-betul bergerak atas dasar panggilan jiwa untuk mengabdikan diri kepada masyarakat” pungkasnya.

Sementara itu, dibahas pula yang berkaitan tentang bagaimana membangun hubungan yang emosional antara Karang Taruna dan Pemerintah Desa, jangan sampai Karang Taruna ini menjadi oposisi dalam pelaksanaan program yang ada di desa masing-masing. “Mari kita sama-sama membangun hubungan emosional dengan para perangkat desa khususnya kepada kasi Pelayanan dan Kesejateraan. Karena Karang Taruna adalah bagian daripada program mereka.” Ucap Dede

Antusias para peserta rapat kerja begitu luar biasa sehingga diskusi terbuka pun berjalan dengan baik, banyak curhatan yang di kemukakan oleh pengurus Karang Taruna Desa dari mulai kurangnya kesadaran pemuda, mekanisme pendanaan kegiatan, sampai dengan tata kelola organisasi yang baik dan benar.

Pada sesi akhir para peeserta raker menyerahkan dan mengemukakan program prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini. Mulai dari aspek pendidikan, ekonomi, sosial bahkan kesehatan.

Sumber : https://karangtarunakuningan.or.id/site/tingkatkan-koordinasi-fkt-mandirancan-gelar-raker/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *