Kabar  

Sosialisasi Kewirausahaan kepada Karang Taruna Desa Klesem

Sosialisasi Kewirausahaan kepada Karang Taruna Desa Klesem

Kompasiana adalah platform weblog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan merupakan satu dari beberapa desa yang ada di wilayah Kecamatan Kebonagung. Desa Klesem memiliki luas wilayah hingga 756,25 Ha yang berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia, Desa Gawang, Desa Sidomulyo dan Desa Katipugal. 

Desa Klesem ini memiliki segudang potensi, salah satunya melalui produk dari olahan kelapa. Hampir sebagian besar wilayah Desa Klesem merupakan lahan pohon kelapa. Salah satu produk turunan pohon kelapa adalah komoditas gula kelapa organik. Hampir setiap rumah yang ada di Desa Klesem memproduksi gula kelapa organik. 

Gula kelapa organik sendiri merupakan komoditas unggulan Desa Klesem yang terbuat dari nira kelapa yang digunakan sebagai bahan alternatif pengganti gula pasir. Akan tetapi, masalah yang dihadapi oleh dari produksi gula kelapa ini adalah pada penjualannya, dimana harga jual gula kelapa ini masih sangat rendah dan tidak seimbang dengan produksi yang dilakukan. Gula kelapa organik ini berpotensi menjadi ciri khas Desa Klesem serta memiliki harga jual yang tinggi jika sudah memiliki branding yang kuat. Kelompok 414 MMD UB yang berada di Desa Klesem berupaya untuk membangun branding gula kelapa organik melalui sosialisasi. 

Sosialisasi kewirausahaan menjadi fokus dari kelompok 414 MMD UB. Program kerja ini masuk ke dalam tema Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM): Pengembangan Kemampuan dan Wawasan Kewirausahaan bagi Pemuda Desa. 

Pada kegiatan Sosialisasi Kewirausahaan Karang Taruna Desa Klesem mencangkup penyampaian materi mengenai wawasan konsep kewirausahaan, perancangan produk, siklus hidup produk, dan pertimbangan inovasi pengembangan produk olahan gula kelapa organik sebagai salah satu komoditas unggulan Desa Klesem disertai dengan booklet yang dapat diunduh setelah peserta sosialisasi mengisi formulir respon secara digital. 

Hal tersebut diharapkan dapat menambah wawasan Karang Taruna Desa Klesem yang nantinya akan menjadi penerus dalam proses pengelolaan usaha-usaha milik desa.

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya

Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *