Kabar  

Sosialisasi Fotografi kepada Karang Taruna di Dusun Nono

Sosialisasi Fotografi kepada Karang Taruna di Dusun Nono

Kompasiana adalah platform weblog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan pendidikan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini mahasiswa diberikan sebuah pengalaman belajar untuk hidup di tengah – tengah masyarakat yang tidak ada di daerah kampus dan mahasiswa secara langsung mengidentifikasi beserta menangani masalah pembangunan yang sedang dihadapi. Pengabdian masyarakat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya adalah bentuk pengabdian masyarakat yang termasuk bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat, pengabdian ini mendorong warga sekitar yang melibatkan karang taruna dusun Nono agar mengerti tentang fotografi dan cara menggunakan kamera dalam kegiatan di Dusun Nono kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto.

Fotografi adalah proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai media penangkap cahaya, seperti film atau sensor digital. Kata “fotografi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “images” yang berarti cahaya, dan “grafo” yang berarti melukis atau menulis. Dengan demikian, secara harfiah, fotografi dapat diartikan sebagai “melukis dengan cahaya” atau “menulis dengan cahaya”. Fotografi melibatkan berbagai aspek, termasuk pencahayaan, teknik pengambilan gambar, dan pengolahan gambar. Tujuan utama dari fotografi adalah untuk mengkomunikasikan pesan, merekam momen, atau menciptakan karya seni seen.

Adanya beberapa masyarakat dusun Nono yang kurang mengerti tentang fotografi dan cara menggunakan kamera. Hal ini disebabkan karena masyarakat kurang ingin belajar yang berhubungan dengan fotografi. Keterampilan ini sangat penting untuk menyikapi yang berhubungan dengan fotografi di dusun Nono kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto.

“Pelatihan fotografi yang dilakukan oleh kelompok pengabdian masyarakat dari Untag ini sangat membantu bagi pemuda karang taruna di dusun Nono” tutur Eko, Ketua Karang Taruna di dusun Nono. karena, sebelumnya juga sudah ada pelatihan fotografi yang menjalin kerja sama dengan Karang Taruna. Dalam sosialisasi fotografi di balai dusun Nono pada tanggal 19 Januari 2024 dihadiri 8 orang anggota Karang Taruna.

Mahasiswa pengabdian masyarakat Odd 18 (R18) Universitas 17 Agustus  1945 Surabaya (UNTAG), Muhamad Bimantoko Mahendra Putra melakukan pengabdian kepada masyarakat selama 12 hari mulai tanggal 13 – 24 Januari 2024 di Desa Kemiri kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto yaitu sosialisasi tentang fotografi.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, menjadi salah satu upaya dalam membantu masyarakat. Kegiatan pengabdian ini memberikan pengalaman bagi masyarakat melalui materi yang sudah diberikan teman – teman mahasiswa, terutama tentang fotografi. Masyarakat dusun Nono kecamatan Pacet kabupaten Mojokerto merasa kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa sangat membantu yaitu Program yang digagas mahasiswa yaitu tentang fotografi.

dok. pri

dok. pri

Penulis merasa kegiatan ini memberikan pengalaman, yang terutama pengalaman bersosialisasi dan langsung berinteraksi dengan masyarakat. Penulis juga mengucapkan berterima kasih kepada Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya karena sudah memfasilitasi selama 12 hari, mulai dari pembukaan hingga penutupan dan juga terima kasih kepada dosen pembimbing lapangan, Zida Wahyudin S,pd,.M.Si yang telah membimbing dan mendampingi dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan. Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar berkat antusiasme masyarakat dusun Nono dan dukungan pihak dari karang taruna dusun Nono, serta pihak keamanan yang terus melakukan pengawasan kepada mahasiswa Untag Surabaya.

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya

Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *