Kabar  

Sosialisasi bersama Karang Taruna dalam Pemanfaatan Media Digital

Sosialisasi bersama Karang Taruna dalam Pemanfaatan Media Digital

Kompasiana adalah platform weblog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(23/7) — Pada kegiatan MMD yang dilaksanakan oleh Universitas Brawijaya, mahasiswa kelompok 342 mengadakan kegiatan bertajuk “Pengembangan Pendidikan Digitalisasi”. Kegiatan ini dilakukan dengan goal undangan Karang Taruna Desa Suru, Kecamatan Doko, Blitar. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan pada tanggal 13 Juli 2023, merupakan rangkaian perwujudan poin pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dari desa-desa di Jawa Timur.

Dalam program ini, mahasiswa bekerjasama dengan perangkat kantor Desa Suru dan Karang Taruna demi pelaksanaan kegiatan yang lancar dan terwujud dengan baik. 

Pengundangan Karang Taruna dari Desa Suru ini didasarkan dengan para anggota Karang Taruna yang pada dasarnya adalah pemuda-pemudi Desa yang masih memiliki jalan masa depan yang luas. Atas dasar tersebut lah, Anggota kelompok 342 MMD-1000D Universitas Brawijaya  memilih program Digitalisasi, yaitu berupa sosialisasi dan pelatihan untuk pengenalan dalam pemanfaatan media digital dalam pengembangan diri maupun sekitar.

Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Desa Suru yang bertujuan untuk meningkatkan semangat dan jiwa kreativitas kepada pemuda-pemudi Desa Suru dalam penggunaan media digital yang mereka gunakan sehari-hari. 

Pelaksanaan kegiatan ini pada dasarnya merupakan sosialisasi dengan Karang Taruna Desa Suru di kantor desa. Pada berlangsungnya kegiatan, Akbar sebagai penanggungjawab program menjelaskan poin-poin dan penjelasan yang mudah dipahami mengenai penggunaan media digital untuk kehidupan sehari-hari. 

Para tamu undangan setelah penjelasan yang telah dilakukan oleh Akbar tersebut, diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan pendapat mereka. Pelaksanaan kegiatan juga dimaksudkan sebagai ajang perkumpulan dan menjalin tali persaudaraan kelompok 342 bersama warga desa. Menciptakan suasana selama kegiatan yang santai dan menyenangkan.

“Kegiatan sosialisasi Pendidikan Digitalisasi ini memang menarik. Apalagi untuk goal anak-anak muda dari Karang Taruna. Kegiatan ini memberikan pemahaman tambahan dalam penggunaan media digital.” ucap salah satu undangan Karang Taruna Desa Suru.

Kegiatan pendidikan digitalisasi tersebut, tidak selesai di situ saja. Selama beberapa malam, Akbar bersama beberapa anggota kelompok 342 berkumpul dengan anggota Karang Taruna untuk memberikan pemahaman lanjut serta praktek langsung untuk penggunaan media digital.

Dengan pengenalan dalam penggunaan media digital yang biasanya hanya digunakan untuk pengerjaan pekerjaan ataupun hanya sebagai kesenangan semata, penggunaan lain media digital yang ternyata juga dapat digunakan sebagai pengembangan kreativitas juga peluang pekerjaan. Hal ini memberikan bahwa setiap media yang digunakan setiap harinya dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kedepannya. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini diharapkan oleh mahasiswa sebagai pelaksana kegiatan dapat digunakan untuk membantu pengembangan Desa Suru. 

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan penggunaan media digital yang menginspirasi. program ini dapat menjadi awalan dalam penggunaan media digital dalam bagaimana kreativitas dan sumber daya dapat menghasilkan masa depan yang lebih berkelanjutan dan penuh pemikiran-pemikiran baru. Penggunaan media digital sebagai bentuk utama dalam menyalurkan kreativitas tidak hanya dapat digunakan sebagai bentuk peluang yang lebih luas, tetapi juga menjadi bukti kekuatan kecerdikan dalam mengatasi tantangan di masa penuh dengan penggunaan media digital. 

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya

Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *