Kabar  

Sinergitas Karang Taruna dan KKN Tematik UPI 2023

Sinergitas Karang Taruna dan KKN Tematik UPI 2023

Kompasiana adalah platform weblog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kabupaten Subang (30/08) — Pada tanggal 20 Agustus 2023, Rukun Warga (RW) 02 desa Situsari, kecamatan Dawuan, Subang mengadakan acara Karnaval. Karnaval ini diselenggarakan setiap tahunnya pada bulan Agustus dan diikuti oleh setiap Rukun Tetangga (RT) di RW 02 desa Situsari, yaitu RT 05, 06, 07, 08, dan RT 09. Tujuan karnaval ini yaitu untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. 

Karnaval ini diselenggarakan oleh Karang Taruna RW 02 dan dibantu oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dimulai pada pukul 13.00 sampai pukul 17.30. Rute karnaval ini dimulai dari Balai musyawarah RW 02 mengelilingi RT 07, 06, 05, 09, menuju ke RT 08 kemudian kembali ke balai musyawarah RW 02.

Setelah acara karnaval, diadakan pula acara trend present dari masing-masing RT. trend present ini diadakan dengan tujuan untuk mengingat kembali para pahlawan kemerdekaan Indonesia. Sesuai instruksi dari ketua pelaksana rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-78, setiap RT diwajibkan memiliki dua maskot yang merepresentasikan tokoh pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia dengan formasi satu pahlawan laki-laki dan satu pahlawan perempuan.

Untuk RT 05 tokoh pahlawan yang diusung yaitu Pattimura dan Dewi Sartika; RT 06 yaitu Tuanku Imam Bonjol dan Kartini; RT 07 yaitu Bung Tomo dan Reduce Nyak Dien; RT 08 yaitu Ir. Soekarno dan Fatmawati; dan RT 09 yaitu Jenderal Soedirman dan Christina Martha Tiahahu.

Sesuai dengan permintaan dari Bapak RW 02, untuk karnaval di RW 02 desa Situsari tahun ini yang menjadi tim penilai bagi setiap peserta karnaval adalah mahasiswa KKN. Hal ini dimaksudkan karena jika mahasiswa yang menilai maka akan mengurangi resiko terjadinya penilaian yang subjektif. Oleh karena itu mahasiswa KKN Tematik UPI disebar di beberapa pos untuk menilai peserta karnaval.

Pos 1 yaitu pos ketertiban, tugasnya adalah menilai ketertiban serta kerapian barisan peserta karnaval dari setiap RT. Pos 2 yaitu pos penampilan tugasnya yaitu untuk menilai keunikan, kekompakan, serta kekreatifan penampilan yang ditampilkan oleh setiap RT. Pos 3 sama seperti pos 1 yaitu pos ketertiban. Yang terakhir yaitu pos 4 yaitu pos trend present, tugas untuk pos ini adalah menilai tokoh pahlawan dari setiap RT dengan menilai kemiripan dengan tokoh serta persiapan dari setiap orang yang menjadi tokoh.

Setelah trend present kemudian diadakan doorprize dengan mengundi kupon yang sudah diberikan oleh panitia kepada masing-masing koordinator RT. Selesai pada pukul 17.30, kemudian panitia karnaval mengadakan foto bersama serta diakhiri dengan ucapan dari ketua pelaksana rangkaian kegiatan peringatan HUT kemerdekaan RI ke-78. “Beginilah seharusnya pemuda itu, bergerak. Tidak hanya berdiam diri di rumah saja.” Ujar Shelpan selaku ketua pelaksana.

Penulis:

Aldy Febrianto (2003447)

Adinda Paramitha (2008032)

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya

Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *