Kabar  

Program KKN Tematik Membangkitkan Semangat Wirausahawan Muda di Karang Taruna RW 08 Kelurahan Tembalang

Program KKN Tematik Membangkitkan Semangat Wirausahawan Muda di Karang Taruna RW 08 Kelurahan Tembalang

Tembalang, 08 Desember 2023 – Pradipta Paraya Pragiwaksana, mahasiswa program studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro yang sedang melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di RW 08 Kelurahan Tembalang, melakukan program kerja monodisiplin dengan judul “Menciptakan Semangat Menjadi Wirausahawan Muda pada Karang Taruna RW 08 Kelurahan Tembalang” dan “Pelatihan Ide Kreatif dalam Berwirausaha pada Karang Taruna di RW 08 Kelurahan Tembalang”.

Suasana RW 08 Kelurahan Tembalang menjadi semakin hidup dengan kehadiran Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang bertajuk “Menciptakan Semangat Menjadi Wirausahawan Muda” dan “Pelatihan Ide Kreatif dalam Berwirausaha”. Inisiatif ini bertujuan memberikan dorongan positif kepada pemuda setempat untuk meraih mimpi menjadi wirausahawan muda yang kreatif dan berdaya saing. Melalui serangkaian presentasi dan distribusi poster, program ini mengeksplorasi potensi wirausaha dan kreativitas di kalangan Karang Taruna RW 08.

Langkah awal dari program ini adalah presentasi yang dilakukan dengan penuh semangat di hadapan anggota Karang Taruna. Dalam presentasi ini, pemuda diundang untuk merenung tentang potensi diri mereka sebagai calon wirausahawan muda yang mampu menginspirasi perubahan positif di masyarakat. Fokus presentasi tidak hanya pada keuntungan finansial, tetapi juga pada dampak positif yang bisa dihasilkan oleh wirausaha dalam konteks sosial dan lingkungan.

Presentasi tersebut juga memberikan wawasan tentang pentingnya memiliki visi dan misi dalam berwirausaha. Pemuda diajak untuk merancang rencana jangka panjang terkait usaha yang ingin mereka geluti. Dengan pandangan yang inklusif dan berkelanjutan, diharapkan pemuda dapat menjadi agen perubahan yang tidak hanya mementingkan diri sendiri tetapi juga masyarakat sekitar.

Pentingnya kolaborasi dan sinergi ditekankan selama pelatihan. Peserta diajak untuk bekerja sama dalam kelompok untuk mengembangkan ide bersama dan memahami kekuatan tim dalam menghadapi tantangan bisnis. Semangat gotong royong dan kerjasama tim menjadi nilai tambah yang diharapkan dapat memperkuat jejaring dan hubungan antaranggota Karang Taruna.

Selanjutnya, untuk memastikan pemahaman dan semangat yang telah disampaikan tetap hidup, tim program mendesain dan mendistribusikan poster-poster informatif di seluruh RW 08. Poster-poster ini tidak hanya memuat poin-poin penting dari presentasi dan pelatihan, tetapi juga dirancang dengan kreativitas untuk menarik perhatian pemuda. Dengan tampilan yang menarik, poster-poster tersebut menjadi pengingat visible yang efektif tentang langkah-langkah praktis untuk memulai perjalanan wirausaha. Tidak hanya menawarkan pengetahuan dan keterampilan, program ini juga mengajak pemuda untuk menjalin koneksi dengan masyarakat sekitar.

Dengan adanya program KKN Tematik ini, diharapkan semangat kewirausahaan dan kreativitas dapat terus berkembang di Karang Taruna RW 08 Kelurahan Tembalang. Program ini bukan hanya sekadar memberikan informasi, tetapi juga membentuk karakter dan memupuk semangat kewirausahaan yang akan membawa dampak positif bagi masyarakat dan wilayah sekitarnya. Karang Taruna diharapkan akan menjadi pusat inspirasi bagi pemuda yang ingin menggali potensi diri dan mengembangkan usaha dengan visi yang berkelanjutan.



Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya

Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya