Kabar  

PMM UMM Dampingi Karang Taruna Madurejo Guna Produksi Tanaman Unggul dan Kurangi Kesenjangan Sosial

PMM UMM Dampingi Karang Taruna Madurejo Guna Produksi Tanaman Unggul dan Kurangi Kesenjangan Sosial

Kompasiana adalah platform weblog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lumajang – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. Tujuan dari PMM sendiri sebagai bentuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Saat ini PMM UMM memasukin gelombang 5. Tim PMM kelompok 70, didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) M. Zul Mazwan, SP., M.Sc., telah sukses selenggarakan kegiatan pada tanggal 31 Juli — 29 Agustus 2023 di Desa Madurejo, Kabupaten Lumajang.

Upaya menjaga kelestarian lingkungan, perlu dukungan dari masyarakat untuk berkontribusi dalam mencegah perubahan iklim agar lingkungan lebih baik lagi dan lebih hijau. Upaya tersebut diwujudkan oleh tim PMM kelompok 70. Mereka melangsungkan program penanaman, perawatan berbagai jenis tanaman, hingga sosialisasi yang diikuti oleh warga setempat. Antusias masyarakat dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan di penghujung acara sosialisasi, yakni sesi tanya jawab.

Program tim PMM kelompok 70 memiliki pendekataan inovatif kepada masyarakat Desa Madurejo melalui pendampingan karang taruna dalam menjaga lingkungan sekitar. Dengan tujuan untuk menggerakkan masyarakat Desa Madurejo dalam mengelola produksi tanaman yang unggul, salah-satunya yaitu tanaman sengon.

Sumber Foto: Dokumen Pribadi 

Sumber Foto: Dokumen Pribadi 

“Kami berharap program ini dapat membantu masyarakat untuk lebih sadar akan pentingnya dan manfaat dari menjaga kelestarian lingkungan,” ujar ketua tim PMM kelompok 70.

Dalam rangka menyabut hari kemerdekaan, tim PMM kelompok 70 juga menginisiasikan kegiatan seru seperti perlombaan antar RT yang diikuti oleh warga setempat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya kesenjangan sosial di lingkungan Desa Madurejo.

Sumber Foto: Dokumen Pribadi

Sumber Foto: Dokumen Pribadi

 “Kami merasa senang dengan kedatangan dan pendampingan karang taruna oleh tim PMM, program-program yang diinovaiskan sangat interaktif, sehingga masyarakat kembali antusias mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di wilayah Desa Madurejo,” ujar ketua karang taruna.

Tim PMM kelompok 70 gelombang 5 berharap dengan dilaksanakannya program tersebut, masyarakat di Desa Madurejo lebih peduli terhadap lingkungan, sehingga dapat meningkatkan produksi tanaman yang unggul. Serta diharapkan masyarakat dapat menjaga kerukunan untuk menghindari kesenjangan sosial.

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya

Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *