CILACAP – Untuk menyelaraskan program kerja Karang Taruna se-Jawa Tengah, Discussion board Pengurus Karang Taruna Jawa Tengah menggelar Rapat Kerja Daerah Pengurus Karang Taruna Se-Provinsi Jawa Tengah dan Sarasehan Nasional Tahun 2023 yang mengangkat tema Proyeksi Cilacap Pusat Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah Selatan di Aula Diklat Praja Cilacap, Jumat (8/9/2023).

Penjabat Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar membuka acara yang dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Tengah Danie Budi Tjahyono, Ketua Karang Taruna Cilacap Ratinuddin Yusuf, para pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap, serta para pengurus Karang Taruna dari berbagai kabupaten dan kota se-Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Yunita mengatakan bahwa Karang Taruna memiliki peran yang sangat strategis dalam pemberdayaan dan pengembangan ekonomi kerakyatan guna mendukung pengentasan kemiskinan dan pengangguran, khususnya di kalangan generasi muda.

“Peran Karang Taruna banyak. Terutama dalam masalah-masalah yang ada di Kabupaten Cilacap ini. Ada masalah kesehatan, masalah Pendidikan, masalah sosial. Kalau mereka mau berkiprah, maka banyak hal yang bisa dilakukan. Misalnya membuat sistem atau aplikasi untuk melaporkan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat serta keterlibatan dalam Kamtibnas,” katanya.

Ia juga berharap Karang Taruna dengan semangat mudanya mampu membantu pemerintah dalam melawan berita hoaks. Karena dengan demikian, Karang Taruna telah menjalankan fungsinya dalam komunikasi informasi dan edukasi, pemanfaatan dan pengembangan teknologi, advokasi sosial, motivasi, pendampingan serta pelopor.

Sebagai informasi, Rakerda kali ini berlangsung selama dua hari dengan menghadirkan narasumber dari Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Bahlil Lahadalia yang akan berbicara mengenai Arah Kebijakan Pemerintah RI dalam Bidang Investasi dan Penanaman Modal di Jawa Tengah. Pembicara selanjutnya yakni Dr. Abdul Kholik, S.H., M.Si., seorang anggota DPD RI yang akan bicara tentang Potensi Sosial Ekonomi dan Budaya Masyarakat Jawa Tengah Selatan. Sedangkan Kepala Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap, Imas Masriah sebagai narasumber ketiga akan berbincang mengenai Ekosistem Maritim Cilacap; Salah Satu Prototipe Ekonomi Masyarakat Pesisir. (enka)