Kabar  

Pj. Bupati Cilacap Buka Rakerda Karang Taruna Jateng dan Sarasehan Nasional Tahun 2023

Pj. Bupati Cilacap Buka Rakerda Karang Taruna Jateng dan Sarasehan Nasional Tahun 2023

Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar membuka Rapat Kerja Daerah Karang Taruna Provinsi Jawa Tengah dan Sarasehan Nasional Tahun 2023 yang digelar di Gedung Aula Diklat Praja pada Jumat (08/09/2023).

CILACAP – Dalam rangka untuk sinkronisasi pelaksanaan program kerja Discussion board Pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Tengah, Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar membuka Rapat Kerja Daerah Karang Taruna Provinsi Jawa Tengah dan Sarasehan Nasional Tahun 2023 yang digelar di Gedung Aula Diklat Praja pada Jumat (08/09/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Tengah Danie Budi Tjahyono, Ketua Karang Taruna Cilacap Ratinuddin Yusuf, pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap serta pengurus Karang Taruna se-Jawa Tengah.

Ditemui usai acara pembukaan, Pj. Bupati menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Cilacap tersebut bertujuan salah satunya adalah untuk mengetahui kebijakan pemerintah pusat terkait rencana kegiatan investasi dan penanaman modal khususnya di Jawa Tengah Bagian Selatan dan juga untuk menggali potensi Kabupaten Cilacap.

“Cilacap mempunyai potensi luar biasa untuk meningkatkan perekonomian, karena ada laut, kemudian daerah perbatasan dengan jawa barat, kemudian juga kita memiliki potensi swasembada pangan. Maka potensinya luar biasa, gotong royongnya juga oke dan masyarakatnya sangat rukun,” ucapnya.

Dengan tema yang diusung yaitu Proyeksi Cilacap Pusat Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah Selatan, diharapkan Karang Taruna sebagai salah satu kekuatan sosial, memiliki peran yang sangat strategis dalam pemberdayaan dan pengembangan ekonomi kerakyatan guna mendukung pengentasan kemiskinan dan pengangguran, khususnya di kalangan generasi muda.

“Peran Karang Taruna banyak terutama dalam masalah-masalah yang ada di Kabupaten Cilacap ini, masalah kesehatan, pendidikan kemudian sosial. Kalau mereka mau berkiprah maka banyak hal yang bisa dilakukan misalnya membuat sistem atau aplikasi untuk melaporkan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat serta keterlibatan dalam kamtibmas,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa Karang Taruna mempunyai tugas pokok yaitu mengembangkan potensi generasi muda dan masyarakat, dan berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan permasalahan sosial melalui rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial serta program prioritas nasional.

Rakerda tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 8-9 September 2023 dengan pemateri terdiri dari tiga narasumber yaitu Bahlil Lahadalia dari Menteri Investasi/Kepala Badan Kordinasi Penanaman Modal RI tentang Arah Kebijakan Pernerintah RI dalam bidang Investasi dan penanaman modal di Jawa Tengah, Abdul Kholik Anggota DPD RI tentang Potensi Sosial Ekonomi dan Budaya Masyarakat Jawa Tengah Selatan serta Imas Masriah Kepala Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap tentang Ekosistem Maritim Cilacap : Salah satu prototipe Ekonomi masyarakat Pesisir. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *