Kabar  

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Lantik Pengurus Karang Taruna Kabupaten Periode 2023 – 2028

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Lantik Pengurus Karang Taruna Kabupaten Periode 2023 – 2028

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Lantik Pengurus Karang Taruna Kabupaten Periode 2023 – 2028

PEMERINTAHAN

Nov 15, 2023  –


Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  –

Dibaca : 318 Kali


id8642_WhatsApp Characterize 2023-11-15 at 19.37.30 (1).jpeg

PELANTIKAN : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan melantik Ketua dan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bekasi masa bakti tahun 2023-2028 di Gedung Swatantra Wibawa Mukti Pemkab Bekasi pada Rabu (15/11/2023). foto Endar Raziq


CIKARANG PUSAT – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan melantik Ketua dan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bekasi masa bakti tahun 2023-2028 di Gedung Swatantra Wibawa Mukti Pemkab Bekasi pada Rabu (15/11/2023). Dengan kepengurusan baru ini diharapkan peran karang taruna dapat terus meningkat diberbagai kegiatan sosial.

Pelantikan ini turut dihadiri Discussion board Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bekasi, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi Hasan Basri bersama Ketua Karang Taruna Jawa Barat Ahmad Taufik.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mendorong kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Bekasi juga bisa memberi arahan kepada karang taruna tingkat kelurahan dan desa agar  menghadirkan inovasi. Sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap program-program pemerintah daerah.

“Ketika ada bencana, karang taruna terdepan dengan kegiatan sosial masyarakat. Kemudian karang taruna harus mencari solusi dalam mengurangi angka pengangguran,  apakah dengan kegiatan pelatihan kepada para pencari kerja yang bekerjasama dengan Disnaker supaya bisa tembus ke pabrik atau membuka wirausaha,” kata Dani Ramdan.

Selain itu, pemerintah daerah juga telah membuka ruang agar Firm Social Responsbility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan bisa disalurkan dalam bentuk kegiatan pelatihan. Pemkab telah menyampaikan surat edaran kepada seluruh badan usaha di wilayah Kabupaten Bekasi sehingga pelatihan tenaga kerja ini bisa dimanfaatkan karang taruna.

“CSR-nya berupa pelatihan ditingkat desa itu bisa ditangkap karang taruna tergantung sumber daya manusia ditiap desa masing-masing potensinya apa, agar tanggung jawab sosial perusahaan ini menjadi salah satu kegiatan untuk pelatihan kewirausahaan,” ujarnya.

Dani Ramdan juga berpesan agar seluruh pengurus karang taruna di Kabupaten Bekasi mampu menumbuhkan kebersamaan dan kekompakkan diberbagai bidang, Khususnya seperti saat ini yang telah memasuki tahun politik dan menjelang masa pemilihan umum untuk bisa menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat ditiap wilayah.

“Saya berpesan agar pengurus karang taruna menumbuhkan jiwa gotong royong karena solidaritas sosial di Kabupaten Bekasi sudah cukup kuat, selain itu dalam masa Pemilu berlangsung ikut sosialisasi supaya masyarakat menggunakan hak pilihnya lalu memberikan edukasi sehingga bisa menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya tidak golput,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bekasi Acep Juandi mengatakan pihaknya akan melakukan rapat kerja untuk menyusun rencana program-program satu tahun kedepan. Serta mempererat kebersamaan antar pengurus karang taruna dan meningkatkan jiwa sosial untuk menumbuhkan kepedulian kepada sesama dalam rangka mendukung program pemerintah daerah.

“Kami sebagai kepanjangan dari pemerintah daerah dan temen-temen pengurus mendukung program pemerintah mulai dari desa, tingkat kecamatan dan kabupaten. Apapun itu programnya yang berkenaan dengan kepentingan masyarakat dan temen-temen karang taruna harus membantu mensukseskannya,” katanya.

Selain itu pengurus Karang Taruna Kabupaten bersama jajarannya ditingkat kecamatan dan desa berkomitmen untuk terus bergerak dan berkontribusi dalam menangani berbagai permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat. Dia menegaskan agar seluruh anggota karang taruna harus netral tidak berpihak kepada partai politik serta menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi.

“Pengurus karang taruna harus tetap memperhatikan apa yang sudah dituangkan dalam anggaran dasar dan rumah tangga AD-ART, yang secara kelembagaan memang kita tidak boleh berpihak kepada siapa-siapa secara pribadi boleh memilih sesuai hati nuraninya masing-masing,” tandasnya.

Reporter : Endar Raziq

Editor : Fuad Fauzi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *