Kabar  

Pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Periode 2023-2028 Dikukuhkan

Pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Periode 2023-2028 Dikukuhkan

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id – Pengurus Karang Taruna (Katar) Kabupaten Probolinggo masa bakti 2023-2028, resmi dikukuhkan pada Selasa (30/5/2023). Pada pengukuhan yang digelar di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa itu, Sigit Wida Hartono resmi menjadi Ketua Katar.

Pengukuhan ditandai dengan penyerahan bendera pataka katar oleh Ketua Katar Demisioner, Yunita Nur Laili kepada Wakil Bupati Probolinggo  Timbul Prihanjoko selaku pembina Katar, untuk kemudian diberikan kepada ketua yang baru.

Baca Juga:

Sigit Wida Hartono Terpilih Sebagai Ketua Katar Kabupaten Probolinggo

Wabup Timbul mengatakan, sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 Tahun 2019, bahwa katar merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran, serta tanggung jawab sosial.

Karena itu, katar memiliki tanggung jawab besar dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan permasalahan social. 

“Mari bersama-sama membangun sinergi dan kolaborasi dalam mewujudkan pembangunan di semua sektor kehidupan menuju Kabupaten Probolinggo bermoral, maju dan sejahtera,” terangnya.

Saat ini, lanjut Timbul, Kabupaten Probolinggo sudah resmi memiliki ibu kota di Kota Kraksaan. Secara bertahap, pusat pemerintahan telah dipindahkan ke Kota Kraksaan. Dengan itu, Katar harus mengambil peran agar Kota Kraksaan lebih maju dan sejahtera.

“Terus jalin hubungan kemitraan yang baik dengan pemerintah daerah dalam rangka pembinaan generasi muda di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Disamping itu, Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Timur, Agus Maimun yang turut hadir menjelaskan, kalau setiap persoalan pemerintah daerah, harus disinergikan dan dilakukan bersama-sama. 

Sebagai mitra strategis pemerintah, maka keberadaan karang taruna ini harus mendapatkan perhatian dari pemerintah. Di mana ada karang taruna, maka permasalahan kepemudaan bisa diantisipasi.

“Karena Pembina Umumnya adalah kepala daerah, jadi program karang taruna harus sejalan dengan program pemerintah. Oleh karena itu karang taruna menjadi satu-satunya ormas yang menjadi mitra strategis pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo, Sigit Wida Hartono menuturkan, kalau dibawah kepemimpinannya, Katar harus bisa memberikan kontribusi terhadap Pemkab Proboolinggo. 

Dengan itu, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan Temu Karya Daerah (TKD) tingkat kecamatan. Sebab kepengurusan karang taruna di tingkat kecamatan tidak lama lagi ini akan segera berakhir dan akan membentuk pengurusan yang baru.

“Dalam hal ini kami membutuhkan assist dan dukungan Pemkab Probolinggo sebagai mitra kerja strategis,” ucapnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *