Kabar  

Pengertian Proposal, Jenis-jenis, Struktur dan Cara Menyusunnya

Pengertian Proposal, Jenis-jenis, Struktur dan Cara Menyusunnya

Jakarta

Pengertian proposal beserta jenis-jenis dan strukturnya perlu diketahui untuk kemudian mampu menyusun teks proposal dengan baik dan benar. Proposal merupakan suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. (KBBI Kemdikbud)

Untuk memahami lebih lanjut tentang teks proposal hingga cara menyusunnya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Mengutip dari situs Kemdikbud, pengertian proposal adalah rencana kerja yang ditulis secara sistematis, terperinci, dan formal mengenai rancangan suatu kerja atau kegiatan. Teks proposal berisi mengenai program kerja dan bagaimana teknis pelaksanaannya. Proposal bertujuan untuk mendapatkan persetujuan atau tujuan tertentu dari pihak yang berkepentingan.

Secara umum isi proposal yakni berupa usulan kegiatan. Secara khusus, isi proposal dapat bermacam-macam tergantung jenis kegiatan yang diusulkan tersebut. Proposal penelitian memiliki perbedaan dengan proposal kegiatan kerja bakti sosial, perlombaan, dan kegiatan sejenis lainnya

Jenis-jenis Proposal

Melansir situs Pemerintah Kabupaten Kebumen, secara umum ada 4 jenis proposal, yaitu proposal bisnis, proposal kegiatan, proposal penelitian, dan proposal wirausaha. Berikut ini pengertiannya masing-masing:

  • Proposal Bisnis adalah jenis proposal yang berkaitan dengan dunia usaha atau rancangan rencana kerja yang ditujukan baik oleh perseorangan ataupun kelompok kepada investor. Proposal ini menggambarkan singkat profil usaha, kelebihan usaha yang ditawarkan, serta penggambaran keuntungan dan kerugian yang akan diterima.
  • Proposal Penelitian adalah suatu acuan, ide, usulan, ide atau gagasan yang ditujukan pada badan, instansi atau yang lainnya untuk mengadakan suatu penelitian terhadap suatu masalah. Proposal ini berisi tentang gambaran singkat penelitian, latar belakang, maksud dan tujuan, alasan mengapa isi atau topik terus diangkat, waktu yang dibutuhkan, lokasi penelitian dan lain sebagainya.
  • Proposal Wirausaha adalah proposal yang ada ditujukan kepada proprietor, mitra, lembaga perizinan, atau pada pihak sponsor.

Ilustrasi Membuat ProposalIlustrasi Membuat Proposal | Foto: Amelia Bartlett/Unsplash

Struktur Kerangka Proposal

Merujuk pada Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia Kelas XI oleh Kemdikbud, struktur proposal memiliki kerangka tersendiri yang berbeda dengan teks lainnya. Kerangka proposal berisi poin-poin penting yang nantinya akan dituangkan ke dalam proposal, sehingga proposal yang dibuat akan lebih sistematis.

Sebagai contoh, berikut ini kerangka proposal untuk menyusun proposal karya ilmiah:

  1. Judul Proposal
  2. Latar Belakang Proposal
  3. Rumusan Masalah
  4. Tujuan Proposal
  5. Landasan Teori/ Kajian Pustaka yang akan digunakan
  6. Metode Penelitian

Cara Menyusun Proposal

Masih merujuk dari sumber yang sama, untuk dapat menyusun teks proposal dengan baik dan benar, maka perlu dipahami langkah-langkah menyusun proposal. Sebagai contoh, berikut ini langkah-langkah untuk menyusun proposal karya ilmiah:

  1. Langkah pertama peneliti menjelaskan fenomena yang relevan dengan penelitian. Fenomena harus mengandung masalah yang akan diselesaikan dengan langkah yang dilakukan.
  2. Dari masalah ini, peneliti merumuskan pertanyaan penelitian atau rumusan masalah. Masalahnya dapat digambarkan hanya sebagai apa yang peneliti ingin ketahui dan penyelesaiannya.
  3. Tujuan dan manfaat penelitian dapat dirumuskan secara sekilas untuk sekadar mengetahui bahwa penelitian kalian memang sesuai dengan tujuannya. Pada titik ini kita setidaknya telah menyelesaikan Bab I dari pendahuluan.
  4. Bab I yang lengkap ini dapat digunakan sebagai dasar untuk perumusan judul penelitian yang sederhana. Judul tidak harus remaining karena ada waktu untuk merevisinya jika perlu.
  5. Mengumpulkan kajian pustaka yang sesuai dengan isi proposal yang tergambar pada latar belakang dan tujuan.
  6. Menentukan metode penelitian yang akan digunakan untuk menemukan pemecahan masalah.
  7. Menyimpulkan dan menyusun saran dari proposal berdasarkan uraian pada Bab I dan Bab 2.

Demikian penjelasan tentang pengertian proposal, jenis-jenis, struktur dan cara menyusun proposal. Semoga bermanfaat!

(wia/imk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *