Kabar  

Pemberdayaan Karang Taruna Masuk Dalam Program Kukar Idaman – Balpos

Pemberdayaan Karang Taruna Masuk Dalam Program Kukar Idaman – Balpos

TENGGARONG-Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, Edi Damansyah menyatakan pemberdayaan bagi kaum muda melalui karang taruna, merupakan salah satu dari Program Kukar Idaman (Inovatif, Daya Saing, dan Mandiri).

“Untuk itu, saya mengajak semua pemuda yang tergabung dalam karang taruna selalu aktif, kreatif, dan inovatif agar para pemuda bisa memiliki daya saing tinggi dan mandiri,” kata Edi Damansyah di Tenggarong, Senin (8/1).

Pemuda yang tergabung dalam karang taruna menjadi salah satu andalan dan harapan, karena karang taruna merupakan tempat berkumpulnya para pemuda yang harus menjadi organisasi produktif dalam bidang apapun.

“Pemuda harus kreatif dan inovatif, seperti halnya filosofi Kukar Idaman, yakni pemuda diharapkan bisa menjadi komponen penggerak berbagai bidang di masyarakat, termasuk melalui karang taruna,” ucapnya.

Berbagai cara telah dan terus dilakukan Pemkab Kukar untuk memberikan dukungan bagi pemuda agar selalu berkarya dan berprestasi, sehingga melalui karang taruna, ia minta pemuda terus aktif dan kreatif melaksanakan berbagai kegiatan baik kepemudaan, keagamaan, sosial, budaya, olahraga, dan kesenian.

Ia juga mengajak para lurah melakukan gerakan cepat dalam melakukan evaluasi pada karang taruna di wilayah masing-masing, karena tiap lembaga di kelurahan juga perlu semangat baru, pemikiran baru, dan pendekatan dari lurah mengenai rancangan program dan kegiatan.

Sebelumnya, saat saat melantik Karang Taruna Krida Mulya di Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, ia juga mengatakan bahwa pemuda yang tergabung di karang taruna merupakan orang-orang terpilih dan terpercaya, sehingga kepercayaan ini harus tidak boleh disia-siakan.

“Setelah karang taruna di masing-masing kelurahan terbentuk, selanjutnya Camat Tenggarong segera membentuk kepengurusan Karang Taruna Kecamatan Tenggarong, untuk kembali menghidupkan karang taruna,” ujarnya.

Kecamatan Tenggarong, kata dia, harus menjadi contoh dari kecamatan lain di Kabupaten Kukar, karena Tenggarong adalah Ibu Kota Kabupaten Kukar.

“Kecamatan Tenggarong harus bisa memberikan contoh yang baik karena semua kegiatan program dan program organisasi perangkat daerah (OPD) berada di Kecamatan Tenggarong yang merupakan pusat pemerintahan,” kata Edi.(ant/vie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *