Kabar  

Mensos harapkan karang taruna terlibat pembangunan kesejahteraan sosial

Mensos harapkan karang taruna terlibat pembangunan kesejahteraan sosial

Kegiatan mereka bisa jadi positif karena terhindar dari kenakalan remaja dan yang lain

Surabaya (ANTARA) – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Tri Rismaharini menyatakan  mengharapkan para anggota karang taruna senantiasa terlibat dalam upaya pembangunan kesejahteraan sosial  di lingkungannya masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Mensos Risma seusai menghadiri acara “Konsolidasi Akbar Karang Taruna Kota Surabaya” di kawasan Balai Pemuda, Surabaya, Jatim, Minggu.

Ia optimistis keberadaan karang taruna akan berdampak pada kemajuan perkembangan kondisi sosial, sebab mereka secara langsung rutin bersinggungan dengan masyarakat.

Faktor tersebut membuat para pengurus karang taruna bisa mengetahui persoalan di setiap wilayah tempat tinggal, sehingga mampu memunculkan solusi yang nantinya disampaikan kepada pemerintah.

Baca juga: Mensos cek kesiapan jelang AHLF penyandang disabilitas di Makassar

“Pertama karang taruna ini juga termasuk agent of change dan kedua mereka adalah calon pemimpin-pemimpin Indonesia,” ujarnya.

Risma juga mengaku saat mengikuti konsolidasi, mendapatkan beberapa cerita soal program-program yang sudah digagas oleh masing-masing karang taruna di Kota Surabaya.

“Jadi tadi dia ada melakukan terkait aspek sosial dan macam-macam juga. Itu sangat bagus, karena dia menunjukkan kepeduliannya kepada lingkungannya,” katanya.

Mensos berharap kinerja karang taruna di Kota Surabaya bisa terus ditingkatkan untuk mencegah munculnya kenakalan remaja.

“Kegiatan mereka bisa jadi positif karena terhindar dari kenakalan remaja dan yang lain,” katanya.

Baca juga: Mensos: Potensi kerugian negara dalam salur bansos dapat diselamatkan

Di tempat sama, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan pemerintah kota setempat siap memfasilitasi wadah berkumpul bagi para karang taruna.

“Karena itu saya bilang aset-aset bisa kami manfaatkan, sehingga nanti karang taruna juga menjadi bagian dari pengembangan kegiatan mereka,” ujarnya.

Langkah itu, kata Eri, juga untuk memperingati momentum “Hari Karang Taruna” pada tanggal 26 September 2023.

Pemerintah Kota Surabaya bersama karang taruna tingkat kota setempat sedang mempersiapkan konsep perayaannya.

“Menyambut Hari Karang Taruna kami akan mengumpulkan semua agen perubahan dari semua karang taruna yang insya Allah berjumlah lebih dari 27 ribu. Kami lagi koordinasi dimana tempatnya penyelenggaraannya,” ujarnya.

Baca juga: Mensos Risma beri dukungan psikologis korban rudapaksa Bojonegoro

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Surabaya Fuad Benardi menambahkan 27 ribu agen perubahan itu merupakan perwakilan masing-masing karang taruna yang sudah mendaftar sebagai peserta duta karang taruna.

Para pendaftar kemudian menjalani tahapan seleksi hingga nantinya terpilih 31 duta karang taruna.

“Mereka adu wawasan sekaligus pelatihan pengembangan diri yang mana nanti terpilih 31 pasang perwakilan masing-masing kecamatan,” ucapnya.

Fuad menyebut salah satu materi pengembangan yang diberikan kepada para duta karang taruna, yakni kewirausahaan.

“Agar teman teman punya kegiatan yang mana akhirnya bisa lepas dari pengangguran dan menciptakan potensi ekonomi,” tuturnya.

Baca juga: Pemerintah bantu penerima manfaat PENA ubah kemasan produk UMKM

Pewarta: Abdul Hakim/Ananto Pradana
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *