Kabar  

Mahasiswa Fisipkom Unida Bareng Karang Taruna hingga Warga Desa Leuwimalang Bebersih Sampah di Sungai – Metropolitan

Mahasiswa Fisipkom Unida Bareng Karang Taruna hingga Warga Desa Leuwimalang Bebersih Sampah di Sungai – Metropolitan

METROPOLITAN.ID – Mahasiswa Kelompok 1 Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (Fisipkom) Universitas Djuanda (Unida) menjalankan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Tahun 2023 di Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada 13 Agustus 2023.

KKN-T 2023 mengangkat tema ‘Bersinergi Membangun Bogor” dengan fokus utama program yang akan dilaksanakan adalah pengentasan stunting, wajib belajar 9 tahun, penguatan UMKM, dan peningkatan partisipasi masyarakat.

Mahasiswa KKN-T Fisipkom Unida menjalankan program kerja yang diharapkan dapat langsung dirasakan manfaat serta keberadaannya oleh masyarakat.

Baca Juga: Jokowi Sesumbar Upacara HUT RI Tahun 2024 Digelar di IKN : Tahun Ini yang Terakhir di Istana Merdeka Jakarta

Salah satunya kegiatan yang dilaksanakan adalah aksi bersih sungai. Bekerja sama dengan beberapa pihak antara lain Pemerintah Desa Leuwimalang, Bhabinkamtibmas Polsek Cisarua, Ketua Paguyuban RT, unsur lembaga Desa bersama Karang Taruna Desa, Komunitas ecovillage dan para penggiat lingkungan hidup (Pepeling) termasuk juga mahasiswa serta warga desa menggelar aksi bebersih sampah di Sungai yang lokasinya tidak jauh dari Kantor Desa juga pusat keramaian.

Kegiatan bersih-bersih tersebut dilakukan di sepanjang aliran sungai yang berada di Desa Leuwimalang.

Sebelum turun aksi ke Sungai, Kepala Desa Leuwimalang Bunyamin didampingi Bhabinmas dan Ketua Karang Taruna berkumpul diarea pelataran Kantor Desa memberikan arahan kepada peserta aksi.

Baca Juga: Unik, Warga Bogor Gelar Upacara Bendera HUT RI di Tengah Sungai Ciliwung

“Aksi yang akan dilakukan secara serentak bersama-sama ini sebagai bukti kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar terutama sampah. Terima kasih kepada rekan-rekan semua yang menyempatkan hadir turut serta dalam aksi bebersih Sungai ini. Kita sambil enjoyable saja ya,” tutur Bunyamin di depa Bun peserta aksi.

“Kegiatan atau aksi bebersih sungai digagas oleh rekan-rekan Karang Taruna Desa didukung juga komunitas lainnya. Tentunya langkah ini harus kita help ya karena soal lingkungan hidup dimana ada masalah sampah, secara otomatis jadi tanggungjawab kita bersama. Dan kepekaan itu disadari atau tidak harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu,” tambahnya.

Kegiatan aksi bersih sungai ini bertujuan untuk membersihkan sungai dari sampah, melestarikan ekosistem yang ada di sungai, dan menyelamatkan kehidupan karena mereka yakin bahwa air merupakan sumber daya alam yang sangat esensial yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup dan lingkungan.

Baca Juga: Resmi! Segini Jumlah Pendapatan para PNS Setelah Alami Kenaikan Gaji 8 persen

Manusia memerlukan air tidak hanya untuk dapat hidup, tetapi juga untuk penghidupan atau aktivitasnya.

Musnahnya sumber daya air akan mengakibatkan musnahnya semua makhluk hidup beserta lingkungannya dan semua aktivitas manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *