Lawan Covid-19, Karang Taruna Kuningan Menyelenggarakan Dapur Umum Lapangan

Kuningan. Dalam rangka terus memberikan semangat dan apresiasi kepada petugas lapangan dalam penanganan penyebaran wabah virus corona Karang Taruna Kabupaten Kuningan, salah satu agenda nya menggalang kerja sama dengan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kab. Kuningan berupa penyelenggaraan dapur umum lapangan untuk penyediaan makanan tambahan (bubur Kacang ijo) dan pembagian masker bagi pengurus karang taruna yang piket di posko-posko kewaspadaan covid 19 khususnya posko kecamatan dan desa-desa di sekitar pos penanganan covid 19.

Acara digelar dua hari berturut-turut yaitu :

  1. Lokasi Posko Penanganan Covid 19 di titik Tugu Perbatasan Perbatasan Cibingbin/depan toserba mahkota cibeureum (sasarannya termasuk petugas piket di Kecamatan, Puskesmas dan Desa-desa wilayah Kecamatan Cibingbin), Hari Jum’at tanggal 17 April 2020 pukul 19.00 Wib. s.d selesai.
  2. Lokasi Posko Penanganan Covid 19 di titik Tugu Ikan Sampora (Sasarannya termasuk petugas piket di Kecamatan, Puskesmas dan Desa-desa wilayah Kecamatan Cilimus, Pancalang dan Mandirancan), Hari Sabtu tanggal 18 April 2020 pukul 19.00 Wib. s.d selesai.

Pada Tahap persiapan telah dilakukan rapat koordinasi terbatas antara beberapa pengurus Karang Taruna Kabupaten Kuningan yang dikomandoin oleh ketua langsung yaitu Elon Carlan S.Pd. M.M.Pd dan Jajaran pengurus TAGANA dubawah pimpinan ketua TAGANA (Nono Suhartono, BA). Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial (Drs. Dudy Budiana, M.Si.) dan Sekretaris Dinas Sosial (YOSEP YANUAR, S.Sos.),  kehadiran unsur dinas sosial pada kapasitas sebagai pembina fungsional karang taruna, terutama untuk melihat aktivitas dan konstribusi pengurus karang taruna kecamatan dan desa-desa yang membantu peran pemerintahan secara berjenjang, dalam pemantauan dan pengawasan dalam upaya penanganan penyebaran wabah virus corona (covid 19).

Dalam pelaksanaannya dikerahkan petugas gabungan dari Karang Taruna Kab. Kuningan, Tagana, forum pengurus karang taruna kecamatan di wilayah cibingbing (FKT Kec. Cibibingbin dan Ciberueum) serta wilayah sampora (Pengurus Karang Taruna Kecamatan Cilimus, Pancalang dan Mandirancan).

Bentuk kegiatanya berupa memasak bubur kacang ijo dikawasan posko pengendalian yang dikemas untuk dibagikan ke petugas dan beberapa warga masyarakat yang sedang berpejalanan yang memasuki kawasan posko pengendalian, selanjutnya didibagikan juga ke beberapa rekan-rekan penguruss karang taruna kecamatan dan desa-desa yang ada di posko piket kecamatan dan  desa, disamping itu juga didistribusikan masker untuk petugas piket dimaksud, sasaran lainnya adalah pos piket puskesmas, polsek dan sambil menuju ke arah kota kuningan dibagikan ke posko piketyang ada di jalur cibingbing- luragung- kuningan.

Maksud dari kegiatan ini tiada lain adalah mengapreasiasi dan memberikan dukungan kepada petugas posko pengendalian yang sudah sebulan lebih melaksanakan tugas di perbatasan, serta memberikan apreasiasi dan spirit kepada rekan-rekan pengurus karang taruna kecamatan dan desa-desa, yang ternyata berdasarkan laporan dan pemantauan telah dan sedang berperan aktif dalam mengkapanyekan pencegahan covid 19, aktif dalam penyemprotan di wilayah pemukiman sekitarnya, serta menghimpun potensi sumber dan dana untuk pengadaan APD (masker) dan hand sanitizer yang dibagikan kepada warga secara gratis.

Semoga melalui kegiatan ini, tumbuh rasa kebersamaan dan semangat keterpaduan dari semua komponen dengan karang taruna yang didalamnya unsur pemuda siap menolong, membantu dan menjaga masyarakat sekitar.

Apreasiasi kepada pemerintah kabupaten yang sudah fokus dan tanggap menggelar kebijakan dalam percepatan penanganan penyebaran covid 19, juga kepada unsur Polri dan TNI  yang dengan serius mengawal dan mengamankan strategi percepatan penanganan covid 19 di Kabupaten Kuningan berhasil dan sukses.

Pada saat ini beberapa karang taruna desa dan kelurahan dilibatkan secara aktif dalam pendataan masyarakat yang terkena dampak langsung dan tidak langsung wabah corona ini, bahkan nanti pada waktunya sekiranya kami diminta untuk berkolaborasi dan berkonstribusi dalam pendistribusian beberapa bantuan sosial, dengan senang hati kami menyatakan kesiapan demi turut serta membantu kelancaran dan ketertiban dalam pendistribusiannya.

Dalam waktu dekat akan bekerja sama dengan komponen pilar partisipan, karang taruna, tagana, PSM dan TKSK untuk pendistribusian bantuan bekerja sama dengan TP. PKK kabupaten, diharapkan nanti pengurus kecamatan berperan aktif terutama dalam menjamin pendistribusian bantuan agar sampai ke penerima sasaran.

Sumber dari : https://karangtarunakuningan.or.id/site/lawan-covid-19-karang-taruna-kuningan-menyelenggarakan-dapur-umum-lapangan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *