Kabar  

Kumpulan Contoh Proposal Isra Mi’raj untuk Berbagai Jenis Kegiatan

Kumpulan Contoh Proposal Isra Mi’raj untuk Berbagai Jenis Kegiatan

Makassar

Contoh proposal Isra Mi’raj diperlukan sebagai referensi ketika hendak menyelenggarakan kegiatan bertema Isra Mi’raj. Ada banyak contoh proposal Isra Mi’raj untuk berbagai kegiatan yang dapat dijadikan referensi.

Isra Mi’raj merupakan peristiwa dua perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam, yaitu perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, kemudian dari Masjidil Aqsha ke Sidratul Muntaha. Pada peristiwa Isra Mi’raj ini, Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan sholat lima waktu sehari semalam.

Peristiwa Isra Mi’raj terjadi di malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian. Di tahun 2023 peringatan Isra Mi’raj jatuh pada hari Sabtu, 18 Februari 2023.

Dalam memperingati Isra Mi’raj, biasanya para umat muslim akan memperingatinya dengan berbagai cara, mulai dari pengajian, lomba dengan tema Isra Mi’raj, hingga berbagai kegiatan keagamaan lainnya. Dalam merencanakan suatu kegiatan Isra Mi’raj, maka diperlukan proposal yang berisi gambaran kegiatan yang akan dilaksanakan.

Proposal Isra Mi’raj dibuat untuk memberikan gambaran umum, rincian, serta anggaran dana yang diperlukan untuk menyelenggarakan suatu kegiatan dalam rangka Isra Mi’raj. Umumnya isi proposal Isra Mi’raj mencakup deskripsi kegiatan, jadwal pelaksanaan, hingga anggaran dana.

Tujuan dibuatnya proposal Isra Mi’raj adalah untuk meminta dukungan dari beberapa pihak, dalam menyukseskan kegiatan Isra Mi’raj yang akan digelar. Dukungan tersebut dapat berupa izin penyelenggaraan kegiatan, peminjaman tempat, hingga bantuan dana.

Mengingat pentingnya proposal ini, maka hendaknya proposal Isra Mi’raj dibuat sebaik-baiknya dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Selain itu, proposal Isra Mi’raj juga harus dibuat dengan sistematis dan terstruktur.

Berikut ini kumpulan contoh proposal Isra Mi’raj untuk berbagai kegiatan yang telah dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber:

PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN ISRA MI’RAJ 1444 H / 2023 M

I. LATAR BELAKANG

Puji dan Syukur Kami ucapkan ke Hadirat Allah SWT karena telah memberi sebaik-baiknya nikmat berupa iman dan Islam, Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabat dan umatnya dengan penuh ihsan hingga hari kiamat. Melalui proposal ini kami, kami bermaksud memohon bantuan kepada Bapak maupun Ibu sekalian, untuk mendukung terselenggaranya acara peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H/ 2023 M dalam bentuk finansial.

Memperingati Isra Mi’raj sudah menjadi kegiatan rutin yang setiap tahun dilakukan di SMA/SMK. Kegiatan tersebut sebagai media untuk menjalin silaturahmi sekaligus sebagai motivasi untuk meningkatkan nilai-nilai ibadah kita kepada Allah SWT. Besar harapan kami semoga acara ini bisa terlaksana dengan baik. Kegiatan ini insya Allah akan dilaksanakan pada hari Minggu 18 Februari 2023.

II. NAMA KEGIATAN

“Peringatan Isra Mi’raj 1444H / 2023M”

III. TEMA KEGIATAN

Sunnah Nabi Muhammad SAW

IV. MAKSUD DAN TUJUAN

Media silaturrahmi keluarga sekolah

Membuka kesempatan bagi siswa dan siswi untuk belajar berorganisasi dalam menyukseskan sebuah acara. Motivasi bagi para peserta untuk meningkatkan diri agar menjadi lebih baik.

Sebagai fasilitator untuk menumbuhkan rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW dan Allah SWT. Mengisi momentum besar Isra Mi’raj dengan kegiatan yang bermanfaat.

V. PENYELENGGARA

Acara ini diselenggarakan oleh : OSIS SMA/SMK

VI. PELAKSANA

Panitia Penyelenggara terdiri dari siswa dan siswi SMA/SMK

VII. WAKTU DAN TEMPAT

Acara ini Insya Allah akan diselenggarakan pada:

Hari : Minggu
Tanggal : 18 Februari 2023
Pukul : 09.00 – Selesai
Tempat : Aula SMA/SMK

VIII. SASARAN KEGIATAN

Seluruh Siswa dan siswi SMA/SMK

IX. ACARA HIBURAN

Tausiah
Rebana
Pembacaan Ayat Suci Al Quran

X. KEPANITIAAN

Pelindung : Kepala SMA/SMK
Penasehat :
Penanggungjawab :
Ketua :
Sekretaris :
Bendahara :
Seksi Acara :

Seksi Perlengkapan :

Seksi Konsumsi :

Seksi Humas :

Pembantu Umum :

XI. ANGGARAN/DANA

Dekorasi /Dokumentasi : Rp. 350.000,00
Pembicara : Rp. 300.000,00
Konsumsi Panitia : Rp. 250.000,00
Konsumsi Pembicara Dan Undangan : Rp. 450.000,00
Jumlah : Rp. 1.350.000,00

XII. SUMBER DANA

Dana yang akan kita gunakan bersumber dari : SMA/SMK

XIII. PENUTUP

Demikian Proposal Kegiatan Isra Mi’raj ini kami buat. Harapan kami agar kegiatan ini mampu menjadikan motivasi dan inspirasi untuk kita semua. Motivasi agar generasi mendatang menjadi lebih baik dari sekarang serta selalu bersemangat untuk mendalami ilmu Islam. Inspirasi bagi seluruh umat Islam umumnya dan khususnya bagi generasi muda untuk selalu berusaha meningkatkan diri dan berusaha untuk selalu mencontoh pribadi Rasulullah SAW.

Contoh Proposal Isra Mi’raj 2

Proposal Kegiatan Competition Isra Mi’raj SMA Negeri 19 Makassar 2023

I. Nama Kegiatan

Kegiatan yang akan diselenggarakan adalah Competition Isra Mi’raj

II. Tema Kegiatan

Tema kegiatan ini adalah ‘Tegakkan Ilmu Agama di Tengah Tantangan Zaman’

III. Landasan Pemikiran

Firman Allah SWT,

“Dan kami turunkan dari Al-Qur’an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang – orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang -orang yang dzalim selain kerugian” [QS. Isra’: 87]

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Isra : 1)

Hadist Nabi SAW,

“Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang sholeh.” [HR. Muslim, Abu Dawud, dan Tirmidzi]

“Barangsiapa menunjukan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti orang yang melaksankannya.” [al hadist]

Latar Belakang

Anak dan remaja entah sadar ataupun tidak pasti akan menghadapi permasalahan yang sangat kompleks, baik dari dalam dirinya sendiri maupun lingkungannya ketika bermasyarakat.

Kita sering menjumpai perilaku – perilaku mereka yang kurang etis atau menyimpang dengan sangat ekstrem, yang bahkan seringkali dilakukan oleh anak-anak di usia belia.

Pada dasarnya, perilaku positif maupun negatif anak terjadi karena dorongan.

Kecenderungan mereka dalam mencari jati diri yang disertai rasa keingintahuan yang tinggi perlu didukung dengan keilmuan yang cukup.

Berkaitan dengan hal tersebut, SMA Negeri 19 Makassar bermaksud mengadakan beberapa perlombaan yang bertujuan sebagai wadah untuk menyalurkan potensi pelajar serta memberikan pendidikan bagi para calon penerus bangsa di masa mendatang.

Kegiatan yang terinspirasi dari nilai-nilai Isra Mi’raj ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya generasi-generasi mendatang.

Selain itu, psychological dan keilmuan anak-anak yang nantinya akan sangat dibutuhkan di masa depan dapat semakin terlatih.

Harapannya, generasi penerus kita dapat semakin selektif dalam bergaul, serta mampu menyikapi permasalahan di period globalisasi dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah inti dasar kehidupan berupa bekal ilmu agama yang cukup.

IV. Maksud dan Tujuan

1. Merealisasikan serangkaian program kerja tahunan OSIS SMA Negeri 19 Makassar
2. Menyemarakkan peringatan Isra Mi’raj dengan serangkaian kegiatan yang bermanfaat untuk mendekatkan diri pada Allah
3. Mewadahi segala bentuk tujuan baik melalui kegiatan kegiatan positif yang ditujukan pada generasi muda
4. Mengajak kembali pelajar dan generasi untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, menegakkan agama, dan mempererat ukhuwah Islamiyah
5. Meningkatkan semangat keislaman dan memperdalam syari’at Islam dalam kehidupan sehari hari
6. Mewadahi generasi muda dalam pengembangan potensi diri
7. Berlomba lomba dalam kebaikan, fasthabiqul khoirat

V. Sasaran

1. Siswa-siswi SMA Negeri 19 Makassar
2. Pelajar SMA di Kota Makassar
3. Masyarakat umum

VI. Gambaran Umum Kegiatan

Dalam upaya menyemarakkan peringatan Isra Mi’raj sekaligus merangkul para pelajar yang nantinya akan menjadi penerus perjuangan kita di period mendatang, kami bermaksud memberikan wadah untuk menyalurkan potensi pelajar melalui Competition Isra Mi’raj.

Terdapat beberapa rangkaian acara, di antaranya:

1. Lomba Cerdas Cermat Agama (CCA)

Kegiatan CCA (Cerdas Cermat Agama) merupakan kegiatan lomba dengan sistem tim yang terdiri atas 3 (tiga) orang.

Materi yang akan dilombakan mencakup tema keislaman, seperti Aqidah, Akhlaq, Rosulullah Muhammad SAW, Asmaul Husna dan sifat wajib Allah, Perilaku Terpuji, dan Isra Mi’raj.

Tujuannya, selain melatih kerja sama tim juga meningkatkan pengetahuan pelajar.

Waktu pelaksanaan: 08.00 – 11.00
Tempat : Aula SMA Negeri 19 Makassar
Goal Peserta : > 20 Peserta

2. Lomba Shalat Sunnah

Kegiatan lomba shalat sunnah merupakan lomba yang bertujuan untuk menguji pemahaman pelajar tentang shalat lain di luar shalat wajib, seperti shalat tahajjud, shalat dhuha, shalat witir, shalat tarawih, dan sebagainya.

Selain menguji bacaan shalat dan doa shalat sunnah, gerakan shalat juga dinilai.

Waktu pelaksanaan: 08.00 – 11.00
Tempat : Mushola SMA Negeri 19 Makassar
Goal Peserta : >25 Peserta

3. Lomba Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ)

MHQ merupakan Musabaqah membaca Al-Qur’an dengan cara menghafal tartil/murottal yang bacaannya harus mengandung ilmu (tajwid), seni (lagu dan suara), adab (etika) sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Lomba ini diadakan agar pelajar lebih bersemangat dalam belajar membaca bahkan hingga menghafal Al-Qur’an sebagai kalam illahi yang mulia serta mendorong generasi muda dalam mempelajari, menggali, menangkap, dan menghayati makna dari kalam mulia Al-Qur’an.

Waktu pelaksanaan: 08.00 – 11.00
Tempat : Gedung serbaguna SMA Negeri 19 Makassar
Goal Peserta : >20 peserta

4. Lomba Adzan dan iqomah

Adzan dan iqomah yang merupakan panggilan untuk menunaikan shalat bagi umat Islam ialah suatu yang sangat perlu untuk dikenalkan kepada pelajar.
Lomba ini menjadi wadah untuk melatih pelajar agar berani berkontribusi di masyarakat untuk menegakkan Islam melalui adzan

Waktu pelaksanaan: 08.00 – 11.00
Tempat : Ruang Utama Masjid Masjid SMA X
Goal peserta : >20 peserta

5. Tabligh Akbar

Tabligh akbar dengan tema ‘Terapkan Nilai Isra Mi’raj dalam Kehidupan’ merupakan kegiatan penutup dari rangkaian acara perlombaan untuk Competition Isra Mi’raj.

Waktu pelaksanaan: 15.00 – selesai
Tempat : Aula SMA Masjid SMA X
Goal peserta : >100 peserta

Lampiran 1
Estimasi Dana
Lampiran 2
Susunan Acara
Lampiran 3
Kategori Sponsorship
Lampiran 4
Contact Particular person
08XXXX

VII. Penutup

Demikian Proposal Competition Isra Mi’raj ini kami sampaikan dengan harapan bisa dijadikan bahan pertimbangan dan acuan penentuan kebijakan dalam penyelenggaraan kegiatan.

Kami segenap panitia mengharap partisipasi seluruh pihak guna mendukung keberhasilan dan kesuksesan kegiatan ini. Atas perhatian dan dukungannya kami ucapkan terima kasih.

Contoh Proposal Isra Mi’raj 3

PROPOSAL PERINGATAN ISRA MI’RAJ 1444 H MASJID BAITUL MU’MININ MAKASSAR

I. PENDAHULUAN

Berkisah pada malam 27 Rajab, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan yang panjang beratus ratus mill serta naik menembus langit ke tujuh yang ditempuh dalam satu malam. Nabi Muhammad SAW mendapat perintah Sholat 5 waktu. Adapun sebagaimana kita ketahui bahwa Sholat adalah tiang agama dan salah satu kewajiban umat Muslim.

Oleh sebab itu, sebagai salah satu wujud cinta kami kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, kami Ikatan Remaja Masjid Al-Ashri akan melaksanakan peringatan Isra Mi’raj untuk memperingati bahwa luar biasanya Nabi Muhammad SAW dalam memperjuangkan Agama Islam serta menyambut Bulan Suci Ramadhan. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja IRMA Al-Ashri yang dapat kami jadikan sebagai wujud kecintaan kami terhadap Nabi Muhammad SAW.

II. LANDASAN KEGIATAN

Landasan kegiatan Peringatan Isra Mi’raj ini karena pentingnya menanamkan nilai-nilai keislaman kepada seluruh warga Griya Pamulang Asri, khususnya kepada anak-anak yang berada di lingkungan Griya Pamulang Asri. Dan acara ini dilakukan dengan harapan agar dapat menumbuhkan kreativitas serta keikutsertaan dalam menjalankan hari-hari besar Islam lainnya.

III. NAMA KEGIATAN

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H dan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

IV. TEMA KEGIATAN

Adapun tema pada kegiatan Peringatan Isra Mi’raj ini adalah “Mewujudkan Ukhuwah Islamiah dan Menanamkan Akhlakul Karimah”.Tema ini menggambarkan bahwa acara ini mengajak seluruh warga Kompleks Pemda Tidung untuk berperilaku sesuai dengan kaidah Islam dan menanamkan sifat budi pekerti kepada diri sejak dini.

V. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan kegiatan acara ini adalah sebagai berikut:

1. Bentuk sumbangsih Ikatan Remaja Masjid Al-Mu’minin dalam menyambut hari-hari besar Islam.
2. Menanamkan sifat budi pekerti dan memotivasi anak-anak yang berada pada lingkungan Griya Pamulang Asri agar dapat berkreativitas sebebas mungkin namun masih dalam kaidah Islam.

VI. MANFAAT KEGIATAN
1. Anak-anak yang berada pada lingkungan Kompleks Pemda Tidung dapat terpacu semangat dan kreativitasnya di dalam menyambut hari-hari besar Islam.
2. Memperkuat silaturahmi antar warga.
3. Menanamkan akhlakul karimah sejak dini.

VII. SASARAN

Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh warga Kompleks Pemda Tidung, baik anak-anak, remaja, maupun orang tua.

VIII. RINCIAN KEGIATAN

Peringatan Isra Mi’raj dan sambut Ramadhan Ini merupakan program kerja dari DKM Masjid Baitul Mu’minin dan Ikatan Remaja Masjid Al-Mu’minin dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman kepada seluruh warga Griya Pamulang Asri dan juga untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

IX. DESKRIPSI KEGIATAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 18 Februari 2023 diawali dengan lomba anak soleh dan pawai obor yang dilakukan oleh seluruh anak yang tinggal di Kompleks Pemda Tidung, serta acara puncak pada malam harinya yang Insya Allah akan dilaksanakan di lapangan bulu tangkis Kompleks Pemda Tidung. Acara ini dihadiri oleh seluruh warga Kompleks Pemda Tidung.

X. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

A. Lomba Anak Soleh

Hari/Tanggal: Minggu, 23 April 2017
Waktu Kegiatan: 08.00 – 12.00
Tempat Kegiatan: Masjid Baitul Mu’minin

B. Pawai Obor

Hari/Tanggal: Minggu, 23 April 2017
Waktu Kegiatan: Ba’da Maghrib – Isya
Tempat Kegiatan: Masjid Baitul Mu’minin

C. Tabligh Isra’ Mi’raj & Ramadhan

Hari/Tanggal: Minggu, 23 April 2017
Waktu Kegiatan: 19.30 – Selesai
Tempat Kegiatan: Lapangan Bulu Tangkis Kompleks Pemda Tidung

XI. SUSUNAN PANITIA

1. Ketua: Al Khoriah Etiek Nugraha
2. Sekretaris: Nur Ainun
3. Bendahara: Riska Rabiana
4. Humas: Alfiandis
5. Seksi Acara: Edward Ridwan
6. Dokumentasi: Mulham
7. Konsumsi: Rasmilawanti Rustam

XII. SUSUNAN ACARA

A. Lomba Anak Soleh

1. Lomba Adzan
2. Lomba Mewarnai Kaligrafi
3. Lomba Hafizh Quran
4. Lomba Peragaan Busana Muslim

B. Pawai Obor dan Tabligh Akbar

1. Sholat Maghrib Berjamaah
2. Pawai Obor
3. Sholat Isya’ Berjamaah
4. Pembukaan Acara oleh MC
5. Pembacaan Al-Qur’an
6. Tim Marawis MT Al-Mu’minin
7. Sambutan oleh Ketua DKM
8. Sambutan oleh Ketua RT
9. Lomba Style Present Muslim
10. Tausiyah dan Do’a
11. Pembagian Hadiah
12. Penutupan

XIII. RINCIAN ANGGARAN

Hadiah Lomba = Rp 1.000.000
Perlengkapan & Spanduk = Rp 200.000
Snack Lomba = Rp 800.000
Snack Tabligh = Rp 2.000.000
Tenda = Rp 1.500.000
Penceramah = Rp 500.000
TOTAL = Rp. 6.000.000

XIV. PENUTUP

Demikian Proposal kegiatan ini kami lampirkan. Kami harap partisipasi dan dukungan dari Bapak/Ibu. Semoga acara ini diberkahi oleh Allah SWT, sehingga terlaksana sesuai dengan harapan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun penyampaian maksud, karena kesalahan adalah milik kami dan kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Contoh Proposal Isra Mi’raj 4

PROPOSAL PERINGATAN ISRA MI’RAJ 1444 H

I. Latar Belakang Kegiatan

Bulan Rajab merupakan bulan di mana kita dapat mengingat, merenung, serta memetik hikmah atas terjadinya peristiwa yang sangat luar biasa yaitu peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi besar Muhammad SAW.

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 27 Rajab 1444 Hijriah atau 1 Maret Tahun 2023 merupakan wujud cinta kasih kepada suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW. Rasulullah telah menunjukkan jalan yang menuju keridhaan Allah SWT yakni berupa agama Islam dengan sumber utama Al-Quran dan Hadis.

Peristiwa Isra’ Mi’raj ini terjadinya pada malam 27 Rajab tahun ke-11 sesudah beliau diangkat menjadi rasul. Kejadian Isra’Mi’raj ini memberikan kekuatan batin kepada Nabi SAW dalam memperjuangkan tegaknya Agama Islam dan ujian bagi kaum muslimin sendiri.

Dalam peristiwa gaib tersebut, orang-orang beriman dihadapkan kepada kejadian yang menakjubkan dan di luar akal manusia, yaitu perjalanan ribuan kilometer sekaligus menembus tujuh lapis langit yang hanya ditempuh dalam satu malam saja.

Bagi kaum Quraisy dan orang-orang kafir peristiwa ini mereka jadikan bahan hinaan dan olok-olokan yang sangat keji dan menuduh Rasulullah sebagai orang yang gila. Nauzubillah min dzalik.

Berangkat dari hal tersebut, maka kami selaku panitia kegiatan ingin menggelar ragam kegiatan peringatan Isra Miraj 1444 Hijriah seraya memetik momentum perjalanan Nabi Muhammad SAW menjemput perintah shalat.

II. Tema Kegiatan

“Membangun generasi Islam akhir zaman yang berakhlak mulia dan semakin taat dalam ibadah sejak usia muda.”

III. Tujuan Kegiatan

Menggelar peringatan Isra’ Mi’raj 1444 Hijriah tahun 2023 adalah wujud dari semangat kita selaku umat muslim agar lebih semangat meraih takwa.

Meningkatkan ukhuwah islamiah antar sesama siswa, guru, dan warga sekolah.
Menjadi sumber motivasi kepada generasi penerus agar sealu memegang teguh tali agama Allah dan dapat membentengi diri dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat.
Menguatkan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang urgensi shalat bagi diri dan umat

IV. Nama Kegiatan

Adapun nama kegiatan ini adalah “Gebyar Islam” dalam rangka menyambut Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah tahun 2023. Rangkaian kegiatannya meliputi pengajian, tausiyah, dan beberapa cabang lomba PHBI.

V. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan ini adalah:

Hari, Tanggal: Rabu, 28 Februari Tahun 2023
Waktu: 07.00 – selesai
Tempat: Lapangan/Mushalla Sekolah

VI. Pelaksana

Kegiatan Gebyar Islam dilaksanakan oleh panitia Rohis yang bekerja sama dengan OSIS sekolah.

VII. Peserta

Segenap siswa dan dewan guru.

VIII. Sumber Dana

Dana BOS
Kas Masjid/Musholla
Sponsor/Donatur

IX. Susunan Panitia
– Terlampir I

X. Rincian Dana
– Terlampir II

XI. Penutup

Penyelenggaraan kegiatan Gebyar Islam dalam rangka menyambut peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah tahun 2023 ini diharapkan untuk didukung oleh semua pihak.

Semoga dengan ridho Allah SWT, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, ditambah bantuan dan partisipasi aktif dari semua pihak demi suksesnya kegiatan ini.

Demikianlah proposal ini kami buat agar dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

Contoh Proposal Isra Mi’raj 5

PROPOSAL PERINGATAN ISRA MIRAJ 2023

I. PENDAHULUAN

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, serta sholawat dan salam kita hadiahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW sebagai suri tauladan bagi umat manusia. Semoga kita senantiasa dibawah lindungan dan mendapatkan ridho Allah SWT, Amin.

Bulan Rajab merupakan bulan istimewa, karena di bulan inilah Rasulullah SAW melakukan perjalanan Isra Miraj dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Madinah. Dari peristiwa Isra Miraj inilah turunnya kewajiban perintah sholat.

Peringati hari besar ini untuk bertujuan untuk meningkatkan rasa iman dan taqwa kepada Allah SWT. Peristiwa Isra Mi’raj adalah peristiwa besar dalam sejarah umat manusia. Peringatan Isra Miraj 2023 ini dapat mempererat tali silaturahmi antar umat muslim.

Melalui proposal ini, kami bermaksud ingin mengadakan kegiatan peringatan Isra Miraj yang bertepatan pada 27 Rajab 1444 H/18 Februari 2023.

II. MAKSUD DAN TUJUAN

1. Meningkatkan tali silaturahmi dan nilai-nilai agama Islam di lingkungan sekolah/kalangan masyarakat.
2. Menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW dan Allah SWT.
3. Menumbuhkan kreativitas dan keikutsertaan dalam memeriahkan hari besar Islam.

III. NAMA KEGIATAN

Peringatan Isra Miraj 27 Rajab 1444 H/18 Februari 2023 ‘Memahami Hikmah Besar di Balik Peristiwa Isra Miraj’.

IV. WAKTU DAN KEGIATAN

Insyaallah pelaksanaan kegiatan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1444 H/2023 M akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 18 Februari 2023

Waktu: 09.00 WIB s/d Selesai

Tempat: …….

V. SUSUNAN ACARA

1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci Al-Quran
3. Kata sambutan ketua panitia
4. Kata sambutan Kepala Sekolah/Kepala Desa
5. Rebana
6. Ceramah agama
7. Penutup dan Doa

VI. ANGGARAN DANA

1. Penceramah: Rp500.000
2. Konsumsi: Rp700.000
3. Dekorasi: Rp400.000
4. Tenda: Rp1.500.000
5. Perlengkapan: Rp200.000

Jumlah: Rp3.300.000

VII. SUMBER DANA

Dana bersumber dari SMA…./Sponsor dan sumbangan masyarakat.

VIII. SUSUNAN PANITIA

1. Ketua Panitia:….

2. Wakil Ketua:…..

3. Sekretaris Panitia:…..

4. Bendahara Panitia:…..

5. Seksi Acara
Ketua:….
Anggota:…..

6. Seksi Konsumsi
Ketua:…..
Anggota:…..

7. Seksi Dekorasi
Ketua:…..
Anggota:…..

8. Seksi Humas
Ketua:…..
Anggota:…..

IX. PENUTUP

Demikianlah proposal kegiatan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1444 H/2023 M yang akan diselenggarakan di…. dengan harapan kegiatan ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar. Kami sangat mengharapkan dukungan semua kalangan agar kegiatan ini terlaksana dengan baik.

Simak Video “Garuda Indonesia Menang PKPU, Kreditur Setujui Proposal Damai
[Gambas:Video 20detik]

(urw/asm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *