Kabar  

Keren! Begini Cara Karang Taruna Happiii Group Lestarikan Budaya Lokal – TIMES Indonesia

Keren! Begini Cara Karang Taruna Happiii Group Lestarikan Budaya Lokal – TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Lestarikan budaya lokal, Karang Taruna yang tergabung dalam Happiii Community lestarikan budaya lokal di Kabupaten Jombang.

Budaya lokal seperti pencak silat, ludruk, hingga keroncong dalam memeriahkan kegiatan Merdeka Heppiii 2023. Merdeka Heppiii digelar dalam rangka HUT RI Ke-78.

Commercial

Koordinator Heppiii Group di Jombang Harris Agung Wibisono mengatakan ada sejumlah desa di Jombang yang menggelar kegiatan Merdeka Heppiii dengan menampilkan pertunjukan budaya. Pentas budaya ini dirangkai dalam tasyakuran HUT RI Ke-78.  

“Kegiatan ini sudah dimulai sejak pertengahan Agustus hingga akhir bulan. Teman-teman Karang taruna membuat acara panggung heppiii dan diisi dengan beberapa kesenian khas desa setempat,” jelasnya pada Rabu (6/9/2023).

Desa yang sudah menggelar kegiatan sepanjang Agustus ini seperti Desa Katemas, lalu Desa Bakalan, kemudian Desa Japanan. Ada juga Desa Tanggung Keramat, Desa Kudu Banjar, Desa Darurejo dan desa lainnya di Jombang.

“Setiap kegiatan juga ada dorprize untuk warga, khususnya saat ada Panggung Heppiii. Dengan adanya kegiatan ini kebersamaan warga semakin erat, perayaan kemerdekaan juga semakin meriah,” jelasnya.

Selain menggelar kegiatan tersebut, karta di sejumlah desa ini juga menyisihkan tabungan mereka untuk penambahan maupun perbaikan fasilitas desa, seperti adanya pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU), kemudian pengecatan gapura dan tempat-tempat ikonik di desa masing-masing.

Bukan hanya di Jombang, Kegiatan Merdeka Heppiii ini dilakukan di 181 desa di 17 kabupaten kota di Indonesia, khususnya di Jawa timur dan Kalimantan. Rinciannya Banyuwangi ada 17 desa, kemudian Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 18 desa, kemudian Madiun 17.

Lalu Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4, Pasuruan 10, Ponorogo 14, Situbondo 16, Tuban 3 desa. Lalu wilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, lalu wilayah Banjarmasin 19 desa.

Di tempat terpisah, Koordinator Heppiii Community Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Group untuk terus membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa. Heppiii Group kata dia selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.

“Selain ada penambahan dan perbaikan fasum (fasilitas umum) dan Fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan gapura, kemudian pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran (pesta rakyat) seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, juga diisi dengan kemeriahan Kemerdekaan, lomba-lomba, kemudian gerak jalan, upacara bendera, dan kegiatan yang sifatnya meningkatkan kerukunan dan kebersamaan warga desa,” ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google Information klik link ini dan jangan lupa di comply with.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *