Kabar  

Kepengurusan Terbentuk Sejak 2019, Bupati Segera Terbitkan SK Karang Taruna Kendal

Kepengurusan Terbentuk Sejak 2019, Bupati Segera Terbitkan SK Karang Taruna Kendal

HALO KENDAL – Meski sudah terbentuk sejak 2019, Pemerintah Kabupaten Kendal belum menerbitkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Kendal periode 2019 – 2024 di bawah kepemimpinan Alfebian Yulando, selaku ketua terpilih.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat ditanya awak media terkait hal tersebut mengaku, dirinya belum mengetahui proses pemilihan Ketua Karang Taruna saat itu seperti apa.

“Ya saya gak tau prosesnya seperti apa kemarin. Tapi pada prinsipnya hari ini coba kita inikan (urai) satu persatu, kita lihat permasalahannya dimana,” ungkapnya, saat melepas keberangkatan peserta Jambore Karang Taruna 2023 di Tawangmangu, Karanganyar, Rabu (14/6/2023).

Hal tersebut dinilai akan menghambat kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pengurus karang taruna di tingkat kabupaten, kecamatan dan di desa. Untuk itu Bupati berjanji akan segera menerbitkan SK Kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Kendal.

“Ya ini akan segera kita keluarkan SK-nya, setelah kegiatan jambore ini. Biar mereka semua saling berdiskusi juga, bisa saling komunikasi. Jadi jangan sampai ada perpecahan di karang taruna se-Kabupaten Kendal. Harus saling mendukung, saling mensupport. Nah habis ini kita kumpul lagi dan kita tetapkan SK-nya,” jelas Dico.

Bahkan saat sambutan, Bupati sempat menyebut bahwa sudah lama Karang Taruna Kendal tidak mengadakan kegiatan seperti jambore.

“Terakhir kapan diadakan jambore? Tahun 2013 ya, dan sampai sekarang di tahun 2023 baru dilaksanakan kembali. Untuk itu manfaatkan sebaik-baiknya momentum ini, untuk memberikan layanan sosial kepada masyarakat,” kata Dico.

Pada prinsipnya, lanjut Bupati, karang taruna fungsinya yaitu bagaimanan bisa memberikan kegiatan sosial di desa dan kelurahannya masing-masing, meningkatkan kesejahteraan sosial maupun kesejahteraan masyarakat yang ada di Kabupaten Kendal dan meningkatkan kualitas dan kapasitas generasi-generasi muda yang ada di Kabupaten Kendal.

“Jadi semangat spirit itu yang harus kita kedepankan. Dan mudah-mudahan, organisasi karang taruna di Kabupaten Kendal ke depan semakin baik lagi,” imbuh Dico.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Kendal terpilih, Alfebian Yulando mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kendal, yang telah mensupport dan memperhatikan karang taruna di Kendal.

“Eksistensi karang taruna menjadi penting, karena dalam hal ini karang taruna dapat menjadi wadah bagi anak muda untuk mengabdi dan berkarya di tingkat desa atau kelurahan, karang taruna juga dapat membentuk karakter bangsa yang patriotis dan nasionalis,” ujarnya.

Pasalnya, lanjut pria yang akrab disapa Febi, dalam membentuk dan membina jiwa nasionalisme di kalangan anak muda pasti memerlukan waktu yang tidak sebentar, maka dari itu, lebih cepat lebih baik.

“Generasi muda yang memiliki kepekaan dan semangat untuk turut serta membangun tempat tinggalnya tidak hanya bermanfaat secara materiil, namun juga memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dan negara,” imbuhnya. (HS-06).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *