Kabar  

Kelurahan Tanjung Palas dan Karang Taruna Fogging Pemukiman Warga, Kerjasama dengan Puskesmas

Kelurahan Tanjung Palas dan Karang Taruna Fogging Pemukiman Warga, Kerjasama dengan Puskesmas

DUMAI (DUMAIPOSNEWS)-Meningkatnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) diwilayah Kelurahan Tanjung Palas terutama di Perumahan Pulai Sakinah yang berada RT 14 membuat pihak Kelurahan Tanjung Palas bersama Karang Taruna bekerjasama dengan Puskesmas Jayamukti melakukan aksi penyembotan atau fogging.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (22/2/2024) berlangsung sore hari yang dipimpin oleh Sekelretaris Lurah Hermanto S,Sos. Pjs RT 14 Nani Wijaya S,Sos dan Ketua Karang Taruna, Ade Kurniawan beserta pengurus.

Kongkowkuy

Lurah Tanjung Palas melalui Sekretaris Lurah Hermanto,S,Sos menyebutkan, kegiatan fogging ini difokuskan dilingkungan RT 14 Perum Pulai sakinah di karenakan adanya beberapa warga yang terjangkit DBD.

Bahkan akibat DBD ini sampai ada warga yang meninggal dunia. “Oleh karena kami kelurahan dan Karang Taruna bekerjasama dengan pihak dari Puskesmas melakukan fogging di Perumahan Pulai Sakinah,”ujarnya.

Dalam fogging tersebut, sejumlah tempat yang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk tidak luput dari penyemprotan, bahkan sejumlah rumah warga juga disemprot.

Kepada masyarakat pihak kelurahan menghimbau kepada masyarakat bersama-sama menjaga lingkungan, bersihkan genangan air yang ada pada lubang atau barang-barang bekas akibat hujan menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

“Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan berbagai pencegahan yang dapat menghambat atau menghentikan perkembang biakan nyamuk di sekitar lingkungan kita,”ujarnya.

Selain itu, langkah ini biasa disebut dengan 3M yaitu, Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat-tempat penampungan air dan Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

Kegiatan fogging mendapat sambutan baik dari masyarakat, diakhirnya kegiatan fogging, masyarakat mengucapakan terima kasih keapada semua pihak yang membantu masyarakat melakukan penyemprotan.(rio)