Kabar  

Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Canva pada Muda Mudi Karang Taruna Desa Sabrangan

Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Canva pada Muda Mudi Karang Taruna Desa Sabrangan

Kompasiana adalah platform weblog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi informasi sudah dapat dilihat ketika banyaknya inovasiinovasi yang bermunculan dalam segala bidang yang dapat membantu memudahkan kehidupan manusia. Abad 21 yang identik dengan period revolusi industri 4.0 ditandai dengan berbagai bentuk perubahan yang paradigmatis. Secara makro ada enam tren yang tengah melanda dunia memasuki abad 21. Pertama, revolusi digital berkembang dengan sangat pesat salah satu dalam dunia pendidikan. Kedua, globalisasi makin memperkuat integrasi antara belahan dunia ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informatika, komunikasi, dan transportasi. Ketiga, globalisasi. Keempat, perubahan dunia yang sangat cepat. Kelima, bertumbuhnya komunitas baru seperti masyarakat pengetahuan, informasi, dan jaringan. Keenam, tuntutan kreativitas.

Canva adalah program Design On-line yang menyediakan berbagai instruments atau alat enhancing untuk membuat berbagai desain grafis seperti poster, flyer, infografik, banner, card invitation, presentation, fb, cowl dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga alat enhancing untuk foto, diantaranya ada photograph editor, photograph filters, photograph body, stickers, icon dan desain grids.

Hasil wawancara kepada muda mudi Karang Taruna Desa Sabrangan adanya keinginan untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan dalam rangka meningkatkan kemahiran untuk mendesain dan memproduksi sebuah informasi yang menarik menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi Canva dipilih karena pada dasarnya muda mudi Karang Taruna Desa Sabrangan yang mengikuti pelatihan dan pendampingan ini sudah mengenal aplikasi canva walaupun belum secara mendalam. Pemilihan canva karena berkaitan juga jika mereka terdapat kegiatan-kegiatan di desa sabrangan yang mana itu sangat berguna. Oleh karena itu, aplikasi canva yang dapat mendukung muda mudi Karang Taruna Desa Sabrangan dalam mengembangkan talent mendesain mereka yang inovatif, kreatif, dan menarik. Salah satunya yaitu untuk mendesain sebuah informasi yang menarik.

Pemberian materi oleh narasumber (Dokpri)

Pemberian materi oleh narasumber (Dokpri)

Proses Pendampingan Pelatihan (Dokpri)

Proses Pendampingan Pelatihan (Dokpri)

Pelatihan ini dilaksanakan selama satu hari pada hari Minggu, 9 Juli 2023 dengan melibatkan muda mudi karang taruna desa sabrangan. Pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan oleh mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 UNNES yang beranggotakan 5 orang mahasiswa. Selama pelaksanaan kegiatan semua peserta karang taruna desa sabrangan yang mengikuti pelatihan sangat antusias, kemudian menghasilkan karya dari pelatihan melalui media canva berupa poster.

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya

Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *