Kabar  

Karang Taruna Tunas Harapan Desa Pranti Mengikuti Pelatihan Management

Karang Taruna Tunas Harapan Desa Pranti Mengikuti Pelatihan Management

SIDOARJO,GELORAJATIM.COM — Dalam rangka peningkatan kapasitas Sumber daya manusia khususnya dikalangan pemuda,Pemerintah desa Pranti, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo menggelar pelatihan administration sekaligus acara pengukuhan ketua karang taruna ‘Tunas Harapan’ untuk masa bakti  2023- 2026.

Bertempat di Griya CMA Pacet Mojokerto selama dua hari, yakni 2 – 3 September 40 pemuda pemudi karang taruna di gembleng tentang kepemudaan dan administration.Kegiatan  dipandu oleh Surabaya Warrior Airsoft Group (SWAT).

Karang Taruna Tunas Harapan Desa Pranti

Anthony Suprayoga dari SWAT mengatakan bahwa outbound kepada karang taruna desa Pranti ini berkonsep rekreasional.”Mereka diajari kekompakan yang berhubungan dengan crew, kemudian kepemimpinan, yaitu dibentuk jiwa kepemimpinannya ini supaya muncul. Mulai aktifitas fisik, berfikir dan bertindak,” jelas Anthony.

”Kita juga memberikan motivasi agar anak- anak karang taruna ini menjadi bibit- bibit seorang pemimpin yang bisa mengambil resiko, mengambil keputusan yang cepat dan tepat,” imbuhnya.

Dikatakan kepala desa Pranti Eko Purnomo, kepemimpinan sangat penting sebagai salah satu kunci keberhasilan organisasi, termasuk pada karang taruna ini.Dalam hal ini pemerintah desa Pranti terus berusaha mewujudkan kepemimpinan dengan talent administration yang baik.

Para peserta mengikuti kegiatan senam pagi

Menurutnya, kunci memiliki psychological dan talent administration yang baik yakni harus mampu menjalin komunikasi, koordinasi, kolaborasi yang baik dan mempunyai rasa tanggung jawab bersama. Artinya, seorang pemimpin harus sadar akan tanggung jawabnya sebagai pimpinan,” ungkapnya.

Eko Purnomo menambahkan dalam sambutan “terimakasih kepada seluruh karang taruna desa Pranti yang telah mengikuti kegiatan mulai pagi sampai malam dengan penuh antusias dan sungguh luar biasa semangatnya.

”Saya berharap di kepemimpinan karang taruna periode mendatang agar lebih baik lagi dan lebih maksimal didalam menjalankan tugas dan fungsi karang taruna. Jangan hanya aktif di bulan Agustus saja dan saling iri sesama anggota,” pesannya.

Pengukuhan Ketua Karang Taruna oleh Kepala Desa Pranti Eko Purnomo

Kades Eko Purnomo juga mengajak karang taruna lebih aktif lagi dalam semua kegiatan, dan pemerintah desa akan sepenuhnya memberikan improve. ”Mari kita bersama- sama berkolaborasi, berkontribusi dan mendedikasikan diri ke desa dengan tujuan memajukan desa Pranti tercinta ini,”ajaknya.

Acara pengukuhan ketua karang taruna di akhiri dengan doa dan renungan yang dilaksanakan kurang lebih 30 menit. Mereka diajak merenung, berfikir dan mengingat segala kesalahan yang mungkin telah dilakukan kepada sesama, kepada teman, saudara dan orang tua.( Udin )