Karang Taruna Sukamaju di Sukabumi Produksi Keripik Rasa ”yang Dikhianati”, Rasa Apa Itu?

Melansir dari TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI – Umumnya, rasa pada makanan itu langsung to the point, menunjukkan rasa pedas, manis atau gurih.
Oleh Karang Taruna Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, varian rasa tersebut disulap menjadi sebuah perasaan yang ada di dalam hati.
Mereka memproduksi keripik singkong dan pisang dengan rasa yang ada di dalam hati atau perasaan seseorang.

Diantaranya, Rasa Original disebut “Rasa yang pernah ada. Rasa pada pandangan pertama (coklat). Rasa ingin memiliki (keju).
Rasa yang terpendam (balado), rasa yang tak seharusnya (BBQ), hingga rasa yang dikhianati (pedas).
Menurut Sekertaris Bidang Ekonomi Kreatif Karang Taruna Desa Sukamaju, Rista Novel Yulanti, adopsi nama-nama rasa itu digunakan karena keripik yang dibuatnya bernama “Kata Snack”.
Ia mengatakan, nama “Kata” itu merupakan akronim dari “Karang Taruna”. Sehingga disebut Kata Snack.
“Kata snack ini diambil karena sesuai dengan nama snacknya, penuh dengan kata-kata, makanya penyebutan rasanya itu dibuat jadi kata-kata, bisa jadi menggambarkan yang beli juga ini rasanya,” ujar Rista kepada Tribunjabar.id, Sabtu (19/9/2020).
Rista menjelaskan, produksi “Kata Snack” ini baru berjalan sekitar empat hari. Pembuatan keripik ini dilakukan untuk membantu perkonomian masyarakar yang tengah terpuruk akibat pandemi virus Covid-19.
“Pada awalnya kan sumber penghasilan masyarakat menurun gara-gara corona, karena disini banyaknya petani, dilihat sumber daya yang banyaknya pisang dan singkong, jadi kita buat keripik dengan berbagai varian rasa. Kita buat ini baru empat sampai lima harian, masih baru,” katanya.
“Jadi, bapak-bapaknya kita tugaskan untuk mencari singkong dan pisang, serta melakukan penjualan keliling, atau sales. Ibu-ibunya disini bagian masak dan pengemasan,” lanjut dia.
Saat ini, snack yang dijual seharga Rp5.000 itu baru dijual kepada warga setempat, warung-warung warga di Desa Sukamaju dan dijual melalui online.
“Penjualan kita melalui online, instagram, facebook, atau bapak-bapaknya yang jual keliling jadi sales, ada yang dimasukkan ke warung juga,” jelasnya.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Unik, Karang Taruna Sukamaju Sukabumi Produksi Keripik Rasa ”yang Dikhianati”, Rasa Apa Itu?, https://jabar.tribunnews.com/2020/09/19/unik-karang-taruna-sukamaju-sukabumi-produksi-keripik-rasa-yang-dikhianati-rasa-apa-itu.


Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Seli Andina Miranti 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *