Kabar  

Karang Taruna Loa Ipuh Terima Pelatihan Perikanan

Karang Taruna Loa Ipuh Terima Pelatihan Perikanan

Angota Karang Taruna juga mendapatkan bantuan berupa dua kolam terpal sebagai sarana pembudidayaan, serta pakan ikan sejumlah 225 kilogram. 

kaltimkece.id Karang Taruna Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara, menerima pelatihan pembudidayaan perikanan. Diselenggarakan oleh Kelurahan Loa Ipuh bekerja sama Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Kukar.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 40 anggota Karang Taruna dan warga yang tergabung dalam kelompok pembudidaya perikanan (Pokdakan). Selama kegiatan tersebut, Pemerintah Kelurahan Loa Ipuh juga mendapatkan bantuan sarana pembudidayaan perikanan dan pelatihan mengenai pembuatan pakan ikan.

Ditemui pada Selasa, 13 Juni 2023 Lurah Loa Ipuh, Erri Suparjan, mengatakan bahwa pemerintah daerah sedang giat memberikan pelatihan kewirausahaan kepada pemuda daerah. Termasuk melalui program usaha pembudidayaan perikanan yang diikuti oleh Karang Taruna Kelurahan Loa Ipuh.

“Agenda pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengenalan tentang pembudidayaan ikan air tawar dan pembuatan pakan mandiri,” ucap Erri kepada kaltimkece.id.

Selama sesi pelatihan, anggota Karang Taruna Loa Ipuh dan warga menerima pendampingan dalam cara mengembangbiakkan ikan lele, kata Erri. Selain itu, peserta juga diberikan materi pembuatan pakan dengan bahan alami dengan biaya murah.

Angota Karang Taruna juga mendapatkan bantuan berupa dua kolam terpal sebagai sarana pembudidayaan, serta pakan ikan sejumlah 225 kilogram. Pembudidayaan ini akan ditempatkan di halaman kantor Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong.

Di samping itu, pihaknya juga telah menyusun konsep pemasaran hasil budidaya ikan. Rencananya, hasil tersebut akan ditawarkan kepada pedagang di pasar basah dan warung makan yang ada di Tenggarong.

Kegiatan positif ini diharapkan oleh lurah tersebut dapat mendukung program Pemkab Kukar. Terutama dalam mengurangi tingkat pengangguran dan mengentaskan kemiskinan di daerah.

“Kedepannya, kami akan mengembangkan pengolahan hasil budidaya ikan, terutama ikan lele, seperti pengolahan menjadi abon dan produk lainnya,” pungkas Erri.(adv/diskominfokukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *