Kabar  

Karang Taruna Kabupaten Lumajang Jaring Kartar Desa/Kelurahan Terbaik – Jatim Hari Ini

Karang Taruna Kabupaten Lumajang Jaring Kartar Desa/Kelurahan Terbaik – Jatim Hari Ini

Lumajang, Jatim Hari Ini – Pengurus Karang Taruna Kabupaten Lumajang melakukan penjaringan karang taruna (kartar) di tingkat desa/kelurahan yang berprestasi.

Nantinya, kartar desa/kelurahan yang terbaik atau berprestasi akan mendapatkan penghargaan dalam Karang Taruna Award 2023.

“Kita mendorong generasi muda yang tergabung dalam wadah karang taruna untuk lebih aktif melakukan aksi nyata, kerangka berfikir mindset mulai sekarang harus diubah, tidak hanya sekedar melakukan kegiatan bersifat seremonial,” kata Ketua Panitia Karang Taruna Award 2023, Robi Azis, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Rekomendasi 3 Warung Mie Pedas Kekinian di Lumajang, Nama Nyeleneh Tapi Rasa Tidak Kaleng-Kaleng

Lanjutnya, penghargaan ini penting dilakukan untuk mengetahui langsung peran para pemuda. Mereka bisa menjadi chief sosial dan chief entrepreneur.

Dalam seleksi ini, karang taruna mempresentasikan kegiatan yang sudah dilaksanakan selama beberapa tahun terakhir.

“Menumbuhkan semangat kepekaan terkait permasalahan sosial, seperti rawan pangan, penanganan lansia, disabilitas dan lain sebagainya merupakan contoh chief sosial,” kata Robi.

Menurutnya, semangat chief entrepreneur adalah pemuda pekerja keras “exhausting” mampu membaca peluang sehingga mampu bersaing di period globalisasi saat ini, dengan menciptakan peluang- peluang usaha, bagi kemajuan dan kemandirian karang taruna di desa/kelurahan masing-masing.

“Saya berpesan kepada seluruh pengurus karang taruna, harus tetap semangat, menjaga kekompakan dalam berorganisasi, semangat untuk terus berkembang, berkarir, dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan permasalahan sosial yang ada di Kabupaten Lumajang,” ujarnya.

Baca Juga: 3 Masakan Ayam Pedas di Lumajang, Rasanya Nampol, Ada yang Jual di Tepi Aliran Lahar Semeru

Dikatakan Robi, karang taruna merupakan organisasi sosial dan telah lama eksis di Indonesia, termasuk di Kabupaten Lumajang

Sebagai organisasi yang fokus dalam isu-isu sosial kemasyarakatan, memberikan banyak manfaat dan kontribusi dalam tatanan kehidupan masyarakat.

Karang taruna digerakkan oleh generasi muda memiliki kepedulian antar makhluk sosial. Karang taruna bisa kukuh dan bertahan karena didukung baik pemerintah pusat maupun daerah,” jelas dia.

Keberadaan karang taruna di Kabupaten Lumajang mendapat dukungan dari berbagai pihak. Dan setiap tahun diselenggarakan penilaian karang taruna berprestasi tingkat kabupaten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *