Kabar  

Karang Taruna Kabupaten Banyuwangi Resmi Dikukuhkan – Seblang.com

Karang Taruna Kabupaten Banyuwangi Resmi Dikukuhkan – Seblang.com

Girl in a jacket

Banyuwangi, seblang.com – Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Banyuwangi, Arief Setiawan mengukuhkan Pengurus Karang Taruna Kabupaten (PKTK) Banyuwangi masa bakti 2022-2027, Jumat (24/11/2023) sore.

Proses pengukuhan yang berlangsung di Pendopo Sabha Swagata Blambangan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Banyuwangi nomor 188/188/KEP/429.011/2023. Turut hadir Pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Timur, Dialogue board Pimpinan Daerah (Forpimda) Banyuwangi, dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Dalam susunan pengurus, Bupati Banyuwangi sebagai Pembina Umum, dengan Kepala Dinas Sosial sebagai Pembina Fungsional, serta kepala SKPD sebagai Pembina Teknis Karang Taruna.

Dalam sambutannya, Arief Setiawan memberikan selamat kepada Karang Taruna Kabupaten Banyuwangi, dan berharap dapat aktif membantu pemerintah menciptakan kerukunan di masyarakat.

“Ayo bersinergi dengan program pemerintah, ciptakan inovasi baru yang bermanfaat. Karang Taruna adalah wadah pemuda desa dengan potensi luar biasa,” ujar Arief.

Pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Timur, Iim Wawan Ardiyansyah, menekankan peran strategis Karang Taruna sebagai mitra pemerintah dalam membangun potensi sumber daya manusia, khususnya di bidang sosial kepemudaan.

“Pengurus Karang Taruna wajib untuk bersama-sama pemerintah menggali, membangun, dan mengembangkan potensi sesuai tingkatan masing-masing,” ujarnya.

Sebagai bagian dari Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), Karang Taruna mendapatkan pembinaan berkesinambungan, sejalan dengan Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 35 Tahun 2023 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan Desa Dan Lembaga Adat Desa.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Banyuwangi, Rizki Alfian Restiawan, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi atas dukungan terhadap eksistensi Karang Taruna.

Rizki menjelaskan bahwa pembentukan Pengurus Karang Taruna Kabupaten ini muncul dari keresahan warga Karang Taruna di desa-desa yang akhirnya berkumpul untuk bermusyawarah dan diskusi pada 28 Oktober 2022 dalam Temu Karya Daerah Karang Taruna ke-2, yang juga bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

“Kami berkomitmen bersama membangun Kabupaten Banyuwangi yang lebih luar biasa dari desa,” tandas Rizki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *