Kabar  

Karang Taruna Harus Eksis Membantu Menyelesaikan Masalah Sosial di Sumedang

Karang Taruna Harus Eksis Membantu Menyelesaikan Masalah Sosial di Sumedang

Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

CIMALAKA – Karang Taruna diharapkan menjadi agen perubahan yang signifikan dalam menurunkan angka kemiskinan di Sumedang.
“Karang taruna harus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara ikut menjadi bagian dalam menurunkan angka kemiskinan, zero restful stunting dan pengangguran,” ujar Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat membuka Temu Karya Discussion board Karang Taruna Kabupaten Sumedang di Resort Hanjuang Hegar, Kamis (16/11/2023).

Herman berharap, Karang Taruna harus semakin eksis dan berkontribusi dalam membantu Pemkab Sumedang dalam menyelesaikan permasalahan sosial. Sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan yang terstruktur, karang taruna harus meningkatkan potensi dan peran aktif generasi muda. “Kami menilai Temu Karya ini merupakan media regulasi dan reorientasi kepengurusan, sebagai langkah efektif agar organisasi Karang Taruna dapat tumbuh, berkembang dan eksis di masa yang akan datang,” ujarnya.

Dijelaskan Herman, Karang Taruna memiliki tanggung jawab besar untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan permasalahan sosial. “Berbagai potensi yang ada di Sumedang sangat membutuhkan tangan-tangan pemuda yang memiliki kualitas, kecerdasan, inovasi dan kreatif untuk mengelola, mengembangkan serta memberdayakan sehingga akhirnya menjadi berdaya guna, mengingat karang taruna memiliki peran dalam pembangunan masyarakat terutama pada peningkatan potensi dan peran aktifnya generasi muda dalam pembangunan,” tuturnya.

Herman berpesan, karang taruna harus bisa menggali, mengembangkan serta mencarikan solusi terhadap setiap permasalahan kesejahteraan sosial sehingga keberadaan karang taruna benar-benar memiliki dampak posistif dalam kehidupan masyarakat. “Temu Karya Karang Taruna ini bisa menghasilkan pemimpin yang baik, lebih produktif, bergerak positif dalam mendorong pemberdayaan masyarakat Sumedang,” katanya. (*)

(penerbit: sumedangkab.bolt.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *