Kabar  

Jelang HUT YPK ke-62, Karang Taruna Nikiwar Gelar Berbagai Lomba – Reportase Papua

Jelang HUT YPK ke-62, Karang Taruna Nikiwar Gelar Berbagai Lomba – Reportase Papua

Wondama, Reportasepapua.co.identification – Karang Taruna distrik Nikiwar, Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat, gelar serangkaian lomba olahraga dan berhitung di kalangan pemuda remaja tingkat sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah pertama (SMP), dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) ke- 62.

Cabang olahraga, yang di lombakan kali ini adalah olahraga futsal, dan Lomba Lari 100 meter, untuk tingkat SMP, dan Lomba, Lompat Karung, Gigit Sendok Kelereng untuk tingkat SD serta Lomba berhitung.

‘’Dalam rangka menyongsong HUT YPK ke-62, kami Pemuda bekerja sama dengan pihak SD YPK Nikiwar, kami laksanakan Lomba. Lomba diantaranya, Lari Karung, gigit senduk kelereng, lari 100 meter dan futlas untuk usia SMP dan Pemuda,’’ tutur Charles, kepada awak media reportasepapua.co.identification melalui telepon selulernya semalam (1 Maret 2024).

Charles mengatakan, upaya menyelenggarakan lomba tersebut, selain memeriahkan HUT YPK ke-62 tetapi juga, merangsang pemuda di distrik Nikwar agar terus berupaya dan terus meningkatkan semangat belajar dan juga semangat mengembangkan diri dalam dunia olahraga.

Kata Charles, sudah 5 hari, perlombaan tersebut di buka sejak 26 Februari, hingga saat ini, antusias masyarakat dan juga para pelajar tingkat SD dan SMP sangat luar biasa. Meskipun, kata Charles, perlombaan yang di gelar oleh Pemuda Karang Taruna Nikiwar, dan SD YPK Nikiwar, masih sangat sederhana.

Namun kata dia, perayaan HUT YKP melalui perlombaan ini, menunjukan kecintaan generasi di distrik Nikiwar sangat baik terhadap YPK di tanah Papua selama ini. Oleh sebeb itu, selaku Ketua Karang Taruna distrik Nikiwar, dia juga mengatakan, perlombaan kali ini tak hanya di buka di tingkat kaum pelajar saja, tetapi juga tingkat pemuda.

Menurut dia, kegiatan seperti ini lah yang membawa pemuda kepada hal-hal positif, kreatif dan terus mengembangkan diri.

‘’Antusias pemuda dan juga pelajar di distrik Nikiwar sangat baik, itu terlihat saat pendaftaran perlombaan oleh berbagai kelompok pemuda di distrik nikiwar. Hingga berjalannya kegiatan ini sudah kurang lebih 5 hari sangat aman dan lancar. HUT YPK kali ini, kami buat Lomba sederhana saja, namun ini adalah wujud cinta kami terhadap YPK di tanah Papua,’’ungkap Charles.

Charles mengatakan, dari seluruh rangkaian lomba yang di gelar itu, panitia menyediakan hadiah Lomba, serta dana pembinaan bagi pemenang Lomba, terutama Futsal dan lari 100 meter. Sebab menurut dia, dua cabor yang di pertandingkan yakni, Futsal dan lomba lari 100 meter merupakan indicator bakat-bakat pemuda di distrik Nikiwar yang harus di kembangkan.

‘’Untuk futsal dan lari 100 meter ini perlu kita perhatikan, dan saya berharap di momen-momen kegiatan yang akan datang, perlu di tingkatkan, sebab banyak pemuda disini, dengan bakat bermain bola yang sangat luar biasa, lari 100 meter yang sangat baik, bakat-bakat ini perlu kita asa dan kita terus kembangkan. Karena, sangat memberikan dampak positif bagi distrik ini tetapi juga secara pribadi,’’ ujar Charles.

Charles juga berharap, di usia YPK yang ke-62 tahun. Pemuda distrik Nikiwar menjadi pemuda yang selalu memberikan sumbangsi positif kepada pemerintah distrik dan kabupaten juga kepada masyarakat.

Charles Akui saat ini masih banyak kebutuhan di sekolah YPK yang ada di Nikiwar, mulai dari fasilitas belajar, gedung, hingga fasilitas net. Dia berharap di usia YPK yang sudah semakin dewasa, YPK terus berbenah sehingga, semua kekuarangan di setiap sekolah, yang di dirikan oleh YPK mendapat perhatian intens.

‘’ kami berharap di usia yang sudah sangat dewasa, apabila kita ukur dengan usia manusia, YPK tahun ini sudah sangat dewasa, dan kami berharap YPK juga dapat melihat kondisi sekolah-sekolah yang berada di kampung-kampung seperti kami didstrik Nikiwar. SD kami masih butuh ruang kelas belajar, perpustakaan, Kopel Guru, ruang pc serta fasilitas menyangkut jaringan net. Kami berharap, kedepan YPK terus berbenah, hingga sampai ke pelosok, sehingga kami juga merasakan fasilitas yang lengkap seperti sekolah-sekolah YPK yang berada di kota,’’ tutur Charles.

Untuk diketahui, seluruh kegiatan Lomba akan closing pada tanggal 8 Maret 2024 tepat Hut YPK ke-62. Pada puncak acaranya nanti, akan diumumkan dan di bagikan hadiah serta uang pembinaan bagi para pemenang lomba. (SR)