Kabar  

InfoPublik – Tingkatkan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Pemprov Gelar Bimtek Karang Taruna Se-Kalsel

InfoPublik – Tingkatkan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Pemprov Gelar Bimtek Karang Taruna Se-Kalsel

Sabtu, 29 April 2023 | 22:56 WIB

 | Penulis : 

, Redaktur : Eka Yonavilbia

Banjarmasin, InfoPublik – Peran generasi muda dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dapat terwujud dari wadah seperti Karang Taruna, baik pada tingkat desa, kelurahan, maupun provinsi.Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Karang Taruna Se-Kalsel 2023.

Plt Kepala Dinsos Kalsel, Muhammadun melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kalsel, Surya Fujianorrochim mengatakan, berdasarkan UU No 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, penyelenggaraan kesejahteraan sosial adalah upaya yang terarah, terpadu, dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial guna memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara, yang meliputi rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan perlindungan sosial.

“Peran masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dapat berupa pemikiran, prakarsa, keahlian, dukungan, kegiatan, tenaga, dana, barang, jasa, dan/atau fasilitas untuk penyelenggaraan kesejahteraan sosial,” kata Surya, Banjarmasin, Jumat (28/4/2023).

Dijelaskan Surya, jumlah Karang Taruna yang ada di Provinsi Kalsel berjumlah 1.417, yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Kalsel.

“Knowledge tersebut secara kuantitatif merupakan sumber kesejahteraan sosial yang cukup baik, disisi lain secara kualitatif masih perlu ditingkatkan,”lanjutnya.

Menurutnya, Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

“Tujuan dibentuknya Karang Taruna ini adalah mewujudkan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasi muda dalam mengantisipasi, mencegah, dan menangkal berbagai permasalahan sosial khususnya dikalangan generasi muda,” tambahnya.

Dipaparkannya, Bimtek tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Karang Taruna agar mampu melaksanakan peran, tugas dan fungsinya dengan lebih optimum.

“Peserta Kegiatan ini sebanyak 100 orang yang berasal dari unsur Karang Taruna Provinsi dan Karang Taruna dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan yang digelar selama tiga hari,”jelasnya. (MC Kalsel/Rns/YIN/Eyv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *