Kabar  

HUT Ke-63 Karang Taruna di Tegal Diramaikan Wayang Golek, Akan Ada Pageant Tahu dan Sate – Panturapost.com

HUT Ke-63 Karang Taruna di Tegal Diramaikan Wayang Golek, Akan Ada Pageant Tahu dan Sate – Panturapost.com

SLAWI – Pengurus Karang Taruna Kabupaten Tegal menggelar even Semarak Hari Lahir (Harlah) Karang Taruna ke-63 di alun-alun Rumah Dinas Bupati Tegal Desa  Slawi Kulon Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal.

Even yang bertema Terus Berkarya untuk Kemajuan Bangsa digelar selama 5 hari ini. Dan, juga diramaikan dengan Bazar UMKM yang disediakan untuk masyarakat umum pelaku  UMKM se-Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Pemuda dan OLahraga Akhmad Uwes Qoroni mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono membuka pembukaan acara HUT Ke-63 dan Bulan Bakti Karang Taruna.

Dalam sambutannya, Uwes mengatakan, sumbangsih Karang Taruna dalam mendukung keberlanjutan, baik dalam pemberdayaan dan pembangunan di masyarakat maupun peningkatan kapasitas masyarakat. Juga turut serta membangun masyarakat dan mendukung penyelenggaraan pemerintah.

“Karang Taruna hendaknya menjadi pemicu dan sebagai penggagas untuk terjadinya akselerasi berjenjang dari desa, kecamatan hingga kabupaten,” kata Uwes.

Menurut Uwes, ada 281 desa dan 6 kelurahan di Kabupaten Tegal yang perlu didukung dalam penyelenggaraannya dan salah satunya adalah Karang Taruna. “Banyak yang bisa dilakukan oleh Karang Taruna yakni kemasyarakatan, sosial menjadi pionir-pionir Karang Taruna. Hari ini kita merasa bangga dalam bulan bakti Karang Taruna yang ke-63 ini. Semoga ke depan akan lebih optimum lagi, untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosial untuk memajukan Kabupaten Tegal dan memajukan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Uwes berharap, di hari lahirnya yang ke-63 ini, bisa lebih mendorong permasalahan-permasalahan yang terjadi. Menurutnya, usia 63 tahun perlu mengevaluasi, apa yang sudah dilakukan dan apa yang perlu ditingkatkan serta apa yang perlu dikembangkannya lagi.

“Hari ini merupakan hari yang berbahagia, semoga  keselamatan dan keberkahan dan kemajuan akan selalu menyertai kita semua,” tandasnya.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Tegal Edi Sulistiyanto saat ditemui usai pembukaan acara seremoni menjelaskan, berbagai even diselenggarakan sejak tanggal 23-27 September 2023.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu jalannya acara ini, terlebih kepada segenap panitia yang sudah bekerja keras demi suksesnya acara ini,” ujarnya kepada PanturaPost, Sabtu (23/09/2023).

Edi menjelaskan, untuk acara hari pertama diawali sejak pukul 7.00 pagi berbagai lomba   untuk anak diselenggarakan dan malam ini diramaikan dengan pagelaran wayang kebangsaan oleh Dalang Ki Den Gus Satrio dan Ki Sri Waluyo.

“Pada hari kedua mempersembahkan senam bersama, pagelaran seni budaya jaran ebeg, kemudian pada hari ketiga kami mengajak para siswa mengikuti cerdas cermat dari tingkat SMP hingga SMA dan ada juga dwell musik,” tutur Edi.

Pada hari keempat, lanjutnya, nanti akan diadakan lomba vogue present daur ulang sampah dan competition tahu terpanjang. “Pada hari terakhir akan ada speak present UMKM, competition sate, even ini untuk memperingati HUT Karang Taruna ke 63 sebagai bentuk pengabdian kami untuk masyarakat umum, semua bisa datang dan menyaksikan,” pungkasnya. (*)

Editor: Muhammad Abduh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *