Kabar  

Hiburan Rakyat dan Aneka Lomba di Gampong Lapang Warnai Kemeriahan HUT Ke 78 RI di Aceh Barat

Hiburan Rakyat dan Aneka Lomba di Gampong Lapang Warnai Kemeriahan HUT Ke 78 RI di Aceh Barat

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH – Beragam aneka lomba dalam pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 ikut menyemangati dan gembira terhadap masyarakat dari semua kalangan, baik anak-anak dan orang dewasa.

Aneka lomba yang menghibur seperti yang dilaksanakan di Gampong Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan Memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Ajang setiap tahun dilakukan dengan berbagai perlombaan untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Kamis (17/8/2023).

Beragam permainan tradisional yang dilombakan tersebut, seperti panjat pinang, tangkap bebek, lari goni, bawa kelereng, bakiak, makan kerupuk, tarik tambang, dan pancing botol.

Dalam perlombaan tangkap bebek, para orang dewasa dengan mata tertutup terlihat penuh gembira dan tawa dari penonton saat pontang panting dan beradu sesama peserta lomba.

Baca juga: VIDEO Tampil Dengan Seragam Adat Aceh, Komisioner KIP Pijay Laksanakan Upacara HUT RI ke 78

Beberapa orang berusaha mendapatkan bebek yang berlangsung dalam sebuah enviornment yang disiapkan secara khusus yang sedikit menguras energi.

Sementara para anak-anak terlihat riang dan cemas saat memakan kerupuk yang dilombakan, ada yang menangis karena tidak dapat menghabiskan kerupuk yang diikatkan dengan tali.

Suara tawa dan teriakan terus menyemangati kegiatan-kegiatan tersebut.

Masyarakat setempat anak-anak serta orang desa menikmati suasana hiburan melalui perlombaan yang dilaksanakan oleh kepanitian Gampong Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan yang begitu menghibur, sebagian masyarakat ikut serta dalam lomba dan yang lainnya menonton aktivitas tersebut.

Keuchik Gampong Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat, Mentioned Zul’asfi kepada Serambinews.com, Kamis (17/8/2023) mengatakan, bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari berturut-turut dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78, yakni dari 16-17 Agustus 2023.

Baca juga: Tokoh Muda Aceh Harap Pemimpin Aceh Orang yang Punya Rasa, Bukan Mati Rasa

“Kegiatan ini akan kita tutup dengan kegiatan rateb meuseukat, rapai geleng dan rapai debus, pada Sabtu (19/8/2023) malam di Lapangan Bola Kaki Andalas Gampong Lapang,” kata Mentioned Zul’asfi.

Dikatakannya, bahwa kegiatan tersebut sekaligus bertujuan untuk menjaga kebersamaan, meningkatkan persatuan masyarakat Gampong Lapang agar tetap bersatu dan membangun kekompakan di setiap waktu antar sesama masyarakat.

Menurutnya, kegiatan sedemikian pada tahun berlalu belum pernah diselenggarakan pihak pemerintahan desa, dan baru kali ini diadakan perdana oleh keuchik bersama masyarakat.

Semua kebutuhan anggaran dalam kegiatan tersebut merupakan sumbangan dari donatur, dan dana pribadi, sehingga tidak sedikitpun menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG).

Adapun jumlah whole anggaran yang disiapkan untuk hadiah para pemenang yaitu Rp 35 juta didalamnya sudah disediakan hadiah berupa parsel dibagikan kepada ratusan peserta baik kalangan bapak, emak-emak dan anak-anak yang tidak menang pada kegiatan puncak.(sb)

Baca juga: Dosen FSH UIN Ar-Raniry Hadiri Konferensi International di Universitas Hong Kong 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *