Kabar  

HARI PUNCAK BULAN BHAKTI KARANG TARUNA PROVINSI LAMPUNG SEKALIGUS MEMPERINGATI HUT KARANG TARUNA KE-63 RESMI DIBUKA GUBERNUR LAMPUNG

HARI PUNCAK BULAN BHAKTI KARANG TARUNA PROVINSI LAMPUNG SEKALIGUS MEMPERINGATI HUT KARANG TARUNA KE-63 RESMI DIBUKA GUBERNUR LAMPUNG
Ingredient
Ditayangkan: 04 Oktober 2023
Dilihat: 434

HARI PUNCAK BULAN BHAKTI KARANG TARUNA PROVINSI LAMPUNG SEKALIGUS MEMPERINGATI HUT KARANG TARUNA KE-63 RESMI DIBUKA GUBERNUR LAMPUNG

PESISIR BARAT-Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Gubernur Lampung, Ir. Arinal Djunaidi, secara resmi membuka gelaran Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) Provinsi Lampung Tahun 2023 sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Karang Taruna ke-63, yang digelar di Halaman Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar), Selasa (3/10/2023).

Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan tabuhan rebana dan arak-arakan adat menggunakan Alam Geminser antara Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Bupati Pesibar, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung, Dr. H. Dendi Ramadhona Okay, S.T., M.Tr., I.P., yang disusul berbagai tamu penting lainnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Pesibar, A. Zulqoini Syarif, S.H., Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesibar, Agus Cik, S.Pd., Pj. Bupati Lampung Barat (Lambar), Drs. Nukman, M.M., Kapolres Pesibar, AKBP. Alsyahendra, S.IK., M.H., dan Dandim 0422/LB, Letkol. CZI. Anthon Wibowo.

Selain itu tampak hadir juga anggota DPR-RI Fraksi-PAN, Hairul Mukhtar, S.E., Ketua Komisi V DPRD Provinsi Lampung, Yanuar Irawan, S.E., M.M., Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Pesibar, Septi Istiqlal, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Pesibar, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pesibar, seluruh Ketua Karang Taruna Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, serta seluruh jajaran pengurus Karang Taruna kecamatan hingga pekon se-Pesibar.

Dalam laporannya Ketua Karang Taruna Pesibar, Suryadi, S.IP., M.M., menyampaikan ucapan terima kasih terhadap Gubernur Lampung yang berkesempatan menghadiri pelaksanaan BBKT Provinsi Lampung kali ini yang persis digelar di kabupaten paling ujungnya Lampung itu. “Karang Taruna Pesibar menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas komitmen Gubernur Lampung untuk membuka secara langsung pelaksanaan BBKT Tahun 2023 yang digelar di Pesibar,” tutur Suryadi.

Bupati Pesibar mengawali sambutannya dengan ucapan selamat datang terhadap Gubernur Lampung, Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung, dan seluruh Ketua Karang Taruna Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. “Selamat datang di Bumi Para Sai Batin dan Ulama,” ucap Bupati.

Menurut Bupati, Karang Taruna merupakan mitra potensial dan strategis bagi pemerintah daerah dalam pembangunan kesejahteraan sosial, sehingga diharapkan terus berperan aktif dan produktif dalam kegiatan sosial sebagai upaya mendukung kerja pemerintah dalam menanggulangi permasalahan sosial. “Melalui momen BBKT Provinsi sekaligus peringatan HUT ke-63 Karang Taruna, semoga dapat menguatkan komitmen Karang Taruna untuk menjadi organisasi pelopor digaris terdepan dalam upaya memajukan dan memberdayakan pemuda di Provinsi Lampung dan Pesibar,” kata Bupati.

Bupati melanjutkan, melalui berbagai rangkaian kegiatan yang positif seperti jalan sehat, donor darah, pemeriksaan kesehatan free of charge, pembagian sembako, bantuan bagi disabilitas, lomba-lomba , pentas seni, hingga gelaran stand UMKM, pihaknya meyakini akan mengasah sikap kreatif dan inovatif para pemuda sebagai bekal untuk menjadi pemimpin yang peduli terhadap lingkungan hingga masa mendatang.

Bupati mengajak semua pihak menjadikan perhelatan BBKT sebagai wadah silaturahmi yang mempererat persaudaraan dan kekompakan. “Kerukunan dan kekompakan adalah salah satu syarat utama supaya pembangunan di suatu wilayah dapat berjalan dengan baik dan maksimal,” pungkasnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung, Dendi Ramadhona mengapresiasi Gubernur Lampung yang nyaris tidak pernah absen dalam berbagai kegiatan besar Karang Taruna Provinsi Lampung. “Tak terkecuali pada pelaksanaan BBKT Provinsi Lampung Tahun 2023 yang digelar di Pesibar, dimana Gubernur Lampung izin pada kegiatan penting lainnya demi bisa hadir di Pesibar,” ujar Dendi.

Dendi juga menyampaikan ucapan terima kasihnya atas dukungan penuh Bupati Pesibar bersama seluruh jajarannya demi terwujudnya pelaksanaan BBKT dengan antusiasme yang tinggi dan meriah. “Karena itu, Karang Taruna khususnya di Pesibar jangan hanya menjadi organisasi lokal saja. Karang Taruna harus mampu berperan mengangkat martabat dan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Dendi juga mengajak seluruh jajaran Karang Taruna se-Provinsi Lampung untuk bergerak bersama, mendukung program pembangunan Pemprov Lampung. “Karang Taruna harus punya prinsip dan tujuan, yaitu berperan aktiv membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

“Selamat atas digelarnya BBKT Provinsi Lampung Tahun 2023 di Pesibar dan selamat memperingati HUT Karang Taruna ke-63. Kegiatan ini harus bisa menjadi motivasi bagi seluruh anggota Karang Taruna untuk bisa memiliki jiwa pemimpin, jiwa sosial, peka dan peduli terhadap lingkungan,” ungkap Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengawali sambutannya.

Gubernur mengatakan sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna menjadi wadah pembinaan dan pengembangan serta pendayagunaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif. “Sebagai motor penggerak, Karang Taruna memiliki peranan besar dalam pembangunan kesejahteraan sosial ditingkat desa (pekon) / kelurahan diseluruh wilayah Indonesia,” lanjut Gubernur.

Gubernur menilai Karang Taruna juga memiliki peranan yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat. Oleh karena itu untuk dapat meningkatkan potensi dan peran aktif Karang Taruna diperlukan upaya pengembangan jaringan komunikasi, kerjasama, sinergi dan kolaborasi antar Karang Taruna khususnya dalam lingkup wilayah provinsi.

“Insyaallah saya juga mempunyai suatu program bagaimana karang taruna menjadi penggerak, tidak hanya dalam semangat kerja tetapi juga bagaimana meningkatkan ekonomi kerakyatan di desa. Yakni melalui BUMDes yang sudah saya galakkan, bahwa BUMDes akan menjadi suatu program strategis dalam membangun ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Gubernur mengakui dirinya kembali diberikan kesempatan untuk dapat menikmati suguhan alam dari Pesisir Barat. Dengan semangat “Helauni Kikbakhong,” Pesisir Barat terus membuktikan dengan berbagai prestasi mulai dari perolehan tiga kali berturut-turut Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Lampung, hingga Penghargaan dari Kemendikbudristek sebagai “Pemda Inspiratif dalam Transformasi Anggaran dan Regulasi” pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023.

“Tentunya capaian ini dapat diraih karena dukungan dari sumber daya manusia yang dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan baik. Dan Saya yakin, karang taruna menjadi salah satu penyokong dari berbagai capaian dari Pesisir Barat. Hal ini dikarenakan karang taruna menjadi tempat generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan juga rasa tanggung jawab,” jelasnya.

Gubernur berharap bentuk nyata dari keikutsertaan Karang Taruna dalam mewujudkan Lampung Berjaya.

Ia juga berharap BBKT ke-63 ini bukan sekadar kegiatan seremonial, akan tetapi menjadi pengingat bahwa Karang Taruna harus lebih sturdy, karena bagaimanapun Pemerintah Provinsi Lampung membutuhkan mitra di dalam pembangunan dengan kondisi Bumi Lampung yang semakin berkembang dan maju.

Dalam BBKT Provinsi Lampung sekaligus HUT Karang Taruna ke-63 tersebut terdapat penyerahan Penghargaan Satya Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Utama dan Penghargaan Satya Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Madya.

Penghargaan Satya Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Utama diberikan kepada Tokoh Masyarakat, Kepala Dinas, Camat Se-Provinsi Lampung.

Dan Penghargaan Satya Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Madya diberikan kepada Lurah, Kepala Desa, Kepala Pekon, Tokoh Pemuda, Mitra Kerja Karang Taruna se-Provinsi Lampung.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Karang Taruna Provinsi Lampung Nomor: Istimewa/KT-LPG/AI/IX/2023 Tentang Penerima Penghargaan Pembina Karang Taruna Berprestasi Bagi Kepala Dinas, Tokoh Masyarakat, Camat, Kepala Desa/Lurah Se-Provinsi Lampung.

Serta terdapat penyerahan Penghargaan Satya Lencana Adhitya Karya Mahatva Yodha Pesisir Barat.

Dalam kesempatan itu juga, terdapat Pemberian Secara Simbolis Santunan, Sembako dan Bantuan Kursi Roda, Alat Olahraga dan Bibit Pohon Oleh Gubernur Lampung didampingi Bupati Pesisir Barat, dan Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *