Kabar  

GKR Hayu Minta Karang Taruna DIJ Jadi Agen Perubahan – Radar Jogja

GKR Hayu Minta Karang Taruna DIJ Jadi Agen Perubahan – Radar Jogja

RADAR JOGJAGusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu berharap Karang Taruna DIJ bisa berkontribusi dan memberikan dampak positif bagi pembangunan. Hal ini disampaikan pada pembukaan Boot Camp Social Innovation Karang Taruna DIJ di Fisipol UGM. “Harapan kami, dari Karang Taruna DIJ hanya satu, semoga apa yang dilakukan itu bisa memberi declare affect kontribusi pada masyarakat langsung,” ujarnya Selasa (3/10).

GKR Hayu berharap, apa yang sudah digagas Pemprov DIJ bermanfaat dan membawa perubahan dan kemajuan. Sehingga Karang Taruna DIJ diharapkan bisa siap menjadi agent of alternate. “Ini pertama kalinya Karang Taruna DIJ melakukan ini. Ini bukan terakhir kalinya, tapi ini jadi flagship program Karang Taruna DIJ. Dan bisa ditiru provinsi lain,” harapnya.

Wakil Dekan bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama dan Alumni Fisipol UGM Fina Itriyati mengapresiasi dan menyambut baik kolaborasi yang dilakukan Karang Taruna DIJ dengan Creative Hub Fisipol UGM. Menurutnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama. Termasuk dalam aksi sosial, pengabdian masyarakat, dan juga untuk program-program kewirausahaan yang lebih komprehensif.

Baca Juga: Viral! Mahasiswa UGM Tumble Out Karena Jerawat, Seperti Apa Kisahnya…

Menurutnya, tidak hanya sekadar mengumpulkan masyarakat saja. Atau hanya sebatas memberikan program saja. Namun juga bisa menjadi jembatan bagi stakeholders terkait.
“Tapi juga menghubungkan dengan pihak-pihak lain sehingga talenta yang ada di grassroot yang kemudian punya affect ke masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, fokus utama inovasi sosial ini pada ide dan gagasan kreatif. Setidaknya lebih dari 100 aplikasi yang mendaftar pada seleksi tahap pertama. Kemudian dipilih 50 inovasi terbaik yang berhak mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari katalog inovasi. Kemudian pada seleksi selanjutnya dipilih 20 besar yang memeroleh kesempatan untuk mengikuti workshop dan bootcamp. (lan/eno)

Terkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *