Kabar  

Gelar Lomba Tema Nasionalisme, Cara Heppiii Comunity Rayakan Kemerdekaan

Gelar Lomba Tema Nasionalisme, Cara Heppiii Comunity Rayakan Kemerdekaan

Liputan6.com, Jakarta – Meski Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI sudah dirayakan pada 17 Agustus lalu, namun rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati bebasnya negara Indonesia dari belenggu penjajahan itu masih dilakukan di berbagai daerah.

Salah satunya kumpulan pemuda dan pemudi di Banjarmasin yang menggelar lomba dengan menyelipkan tradisi budaya Indonesia.

Perwakilan Heppiii Community Banjarmasin Budiman mengatakan banyak kegiatan lomba di wilayahnya dengan mengambil tema tentang budaya bernama ‘merdeka heppiii’ Di antaranya ada di Desa Damit, Tambang Ulang, dan Bentok Darat.

“Komunitas kami ini baru terbentuk tahun ini bekerja sama dengan Heppiii Comunity. Tujuannya untuk menjalin hubungan baik antar masyarakat terlebih ketika ada kegiatan yang dilakukan bersama-sama,” kata dia dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu (6/9/2023).

Dikonformasi terpisah, anggota karang taruna Tunas Muda Mandiri Desa Damit, Tanah Laut, M Andi Azhar menjelaskan peringatan HUT RI itu menghadirkan berbagai perlombaan hingga pentas seni budaya.

Simak Video Pilihan Ini:

KOCAK!! Barisan Pramuka Anak SD Bubar Cerai Berai Gara-gara Serbuan Domba

Merdeka Heppiii

“Tiap tahun tema kami selalu mengambil tema nasionalisme yang ditampilkan melalui tradisi budaya dan atraksi kesenian. Mulai dari menyanyikan lagu kebangsaan tebak gambar pahlawan, dan melibatkan semua warga masyarakat desa sini,” ujar dia. 

Selain itu, di tempat lain kegiatan merdeka heppiii juga dilakukan di 181 desa di 17 kabupaten kota di Indonesia khususnya wilayah Jawa Timur dan Kalimantan. Wilayah Jawa Timur ada di 17 desa di Banyuwangi, 7 desa di Bojonegoro, 18 desa di Jember, 17 desa di Madiun, 7 desa di Pamekasan, 17 desa di Probolinggo, 5 desa di Sidoarjo, 3 desa di Kediri, 9 desa di Lumajang, 4 Mojokerto, 10 desa Pasuruan, 14 desa di Ponorogo, 16 desa di Situbondo, dan 3 desa di Tuban. Sementara di Kalimantan 4 desa di Pangkalan Bun, dan 19 Desa di Banjarmasin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *