Kabar  

Gandeng Sejumlah Mitra, Karang Taruna Karangturi Bantu Masyarakat Kurang Mampu Peroleh Sembako Murah Selama Ramadan

Gandeng Sejumlah Mitra, Karang Taruna Karangturi Bantu Masyarakat Kurang Mampu Peroleh Sembako Murah Selama Ramadan

HALO SEMARANG – Karang Taruna Kelurahan Karangturi, Kecamatan Semarang Timur sudah menjual 800 paket sembako murah yang digelar bersamaan dengan kegiatan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, yakni Pak Rahman (Pasar Pangan Rakyat Aman dan Murah) di depan kantor Kelurahan Rejosari, Kecamatan Semarang Timur.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Karangturi, Suraga Rambing mengatakan, pihaknya selama bukan Ramadan sudah menjual sebanyak 800 paket sembako dengan harga sangat murah.

“Kali ini di Rejosari kami menjual 200 paket sembako dengan harga murah di bawah harga pasaran. Kalau complete selama Ramadan sudah menjual 800 paket sama yang ini,” terang Suraga.

Harga sembako yang dijual misalnya beras premium 5 kg yang dijual hanya seharga Rp 45 ribu, mi instan Rp 10 ribu mendapatkan lima buah, minyak goreng 1 liter hanya seharga Rp 10 ribu, gula pasir 1 kg seharga Rp 10 ribu, dan sirup hanya dengan harga Rp 5 ribu.

“200 paket ini kita bagi dua, yang 100 kita berikan kupon kepada warga kurang mampu dan 100 paket lagi dijual untuk masyarakat umum,” jelasnya.

Suraga mengaku menggandeng mitra yaitu perusahaan-perusahaan yang bisa mengeluarkan dana company social accountability (CSR) untuk menunjang kegiatan bazar sembako murah. Program sembako murah ini memang diprioritaskan bagi masyarakat kurang mampu yang ada di lingkungan Kecamatan Semarang Timur. Sebelumnya, Karang Taruna Karangturi telah menjual 350 paket sembako saat acara bazar di Kelurahan Karangturi.

“Setelah Lebaran nanti setiap bulan kita akan membuat bazar murah dengan menggandeng CSR,” paparnya.

Camat Semarang Timur, Kusnandir mengapresiasi kegiatan bazar sembako murah yang dilakukan oleh Karang Taruna Kelurahan Karangturi. Bahkan, dalam bazar Pak Rahman kali ini sudah lebih dari 1.000 paket sembako yang terjual.

“Selain dari Karang Taruna ada 200 paket, ini yang dari mitra Dinas Ketahanan Pangan juga menjual paket sembako murah di sini. Tapi yang dari Karang Taruna dijual sangat murah bahkan harganya sampai 50 persen di bawah harga pasaran,” kata Kusnandir.

Kusnandir juga melihat antusias warga Kecamatan Semarang Timur yang luar biasa. Bahkan, bazar Pak Rahman ini dihadiri warga dari 10 kelurahan yang berada di bawah Kecamatan Semarang Timur.

Andi, salah seorang warga Kelurahan Sarirejo yang juga menerima kupon paket sembako murah dari Karang Taruna mengaku, dirinya sangat terbantu dengan adanya bazar sembako murah ini. Meski diakuinya harga bahan pokok di pasaran masih stabil, namun dengan adanya bazar ini cukup membantunya mendapatkan sembako dengan harga di bawah standar.

“Ini sangat membantu sekali. Apalagi saat ini untuk persiapan Lebaran nanti. Terutama sembako berupa beras, minyak goreng dan telur serta lainnya,” katanya.(HS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *