Kabar  

Contoh Proposal Kegiatan, Tujuan, dan Penjelasannya

Contoh Proposal Kegiatan, Tujuan, dan Penjelasannya

VIVA Edukasi – Contoh proposal kegiatan mungkin sedang kamu cari karena ingin mengadakan sebuah kegiatan. Nah, dalam artikel ini akan membahas tentang pengertian, tujuan, hingga contoh proposal kegiatan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian proposal kegiatan

Proposal kegiatan merupakan sebuah rencana yang ditulis dalam bentuk rancangan kerja tertulis. Proposal ini dibuat sebelum suatu kegiatan dilaksanakan untuk mendapatkan izin atau juga mencari sponsor acara.

Umumnya, proposal kegiatan dibuat untuk ditujukan kepada pihak-pihak yang bersangkutan dengan acara, maupun pihak eksternal yang diharapkan mampu membantu keberlangsungan sebuah kegiatan. Beberapa pihak yang biasanya akan diberikan proposal tersebut, diantaranya pihak pemberi izin, dan penyumbang dana kegiatan.

Fungsi Proposal Kegiatan

Ilustrasi menulis

Ilustrasi menulis

Membuat suatu proposal kegiatan tentu ada maksud dan tujuannya. Berikut fungsi membuat proposal kegiatan:

1. Digunakan untuk pengajuan rencana kegiatan dalam memenuhi program kerja.
2. Digunakan sebagai pengajuan permohonan dana kepada pihak sponsor.
3. Digunakan sebagai information manajemen dalam mengadakan acara/kegiatan lainnya.
4. Digunakan untuk panduan resmi dalam melaksanakan teknis acara. 
5. Serta sebagai panduan dalam penganggaran dana yang dibutuhkan.

Struktur Penulisan Proposal Kegiatan

Ilustrasi Menulis

Ilustrasi Menulis

1. Latar belakang kegiatan: dalam bagian ini berisi tentang hal-hal dan kondisi umum yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan tersebut.
2. Dasar pemikiran: bagian ini berisi tentang dasar yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan.
3. Nama kegiatan: nama kegiatan yang akan dilaksanakan dituliskan di bagian ini.
4. Tujuan kegiatan: tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut tentu harus ditulis dengan jelas.
5. Goal kegiatan: ini berisi uraian yang lebih rinci dari tujuan, terutama mengenai ukuran-ukuran yang digunakan sebagai penilaian tercapai atau tidaknya tujuan.
6. Manfaat kegiatan: berisi tentang manfaat diselenggarakannya kegiatan tersebut.
7. Jenis kegiatan: bagian ini menjelaskan bentuk dari kegiatan tersebut.
8. Waktu dan tempat kegiatan: bagian ini harus ditulis lengkap waktu kapan dilaksanakannya kegiatan, seperti tanggal, bulan, tahun, dan pukul berapa dilaksanakannya kegiatan. Serta, tempat dimana kegiatan dilaksanakan.
9. Jadwal kegiatan: ini dibuat sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya, atau bisa ditulis terlampir, jika jadwal kegiatannya banyak.
10. Kepanitiaan/ pelaksana dan organisasi kerja: pada bagian ini tuliskan siapa pelaksana kegiatan, atau bisa ditulis terlampir.
11. Sasaran/ peserta: bagian ini menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut (atau lebih kenal dengan peserta).
12. Anggaran dana kegiatan: dalam anggaran disini, hanya disebutkan jumlah complete pengeluaran yang diperkirakan oleh panitia, sementara rinciannya dibuat dalam lampiran tersendiri.
13. Penutup: bagian ini berisi tentang ucapan syukur atas tersusunya proposal, harapan yang ingin dicapai dan mohon dukungan bagi semua pihak. Ditutup dengan lembar pengesahan proposal.

Contoh Proposal Kegiatan Occasion Pameran

Proposal Pameran

A. Judul Kegiatan

Kegiatan ini merupakan bentuk tanggapan/respon dari seniman jalanan tentang seni lukis yang diwujudkan dalam bentuk pameran dengan judul “MahakaryaLukisanTangan”  

B. Latar Belakang

Seni lukis saat ini memang sedikit terpinggirkan karena adanya period digital yang lebih memikat. Meski demikian, seni Lukis tangan sangat menarik untuk dipandang. Tak hanya para pelukis handal yang mentereng di dunia maya, seni Lukis jalanan juga memiliki keahlian melukis yang hasilnya sangat memukau.

Seni Lukis tangan merupakan salah satu seni rupa untuk mengekspresikan diri. Berawal dari suatu pembahasan mengenai bagaimana perkembangan seni Lukis tangan sekarang ini, akhirnya mengakibatkan muncullah suatu ide untuk menyelenggarakan pameran yang berjudul “MahakaryaLukisanTangan”.

MahakaryaLukisanTangan ini adalah suatu second yang akan melibatkan berbagai komunitas, seni jalanan, hingga institusi yang memiliki program jurusan seni, terlebih seni Lukis. Tak menutup kemungkinan masyarakat non-senilukis pun bisa ikut andil dalam pameran tersebut.

C. Maksud dan Tujuan Kegiatan

1. Mengajak publik untuk membaca dan merepresentasikan konsepsi tentang karya seni lukis.
2. Mampu sebagai media apresiasi yang memuat berbagai informasi yang bermanfaat bagi masyarakat secara umum.
3. Untuk meningkatkan motivasi dan semangat berkarya para Seniman maupun masyarakat nonseni pada umumnya.
4. Untuk menjalin silaturahmi dan membuka jaringan antar institusi, antar komunitas seni lukis maupun masyarakat secara umum.
5. Untuk mencari pengalaman-pengalaman baru dalam dunia seni lukis maupun dunia luar serta sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat luas pada umumnya.

D. Manfaat Kegiatan

1. Sebagai media evaluasi dan introspeksi diri bagi para peserta mengenai sejauh mana perkembangan proses pembelajarannya dalam berkesenian untuk melandasi langkah selanjutnya.
2. Membuka kesadaran kritis masyarakat pada umumnya yang responsive terhadap dunia seni lukis yang terus berkembang.
3. Meningkatkan kerjasama antar institusi seni, seni lukis jalanan, dan masyarakat umum.

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan  

Hari: Jumat s/d Minggu
Tanggal : 12 s/d 14 Agustus 2022
Tempat : Taman Ismail Marzuki 

F . Jenis Kegiatan  
Terlampir  
G. Peserta  
Terlampir  
H. Sasaran  
Terlampir  
I. Susunan Panitia
Terlampir  
J. Estimasi Dana
Terlampir
Okay. Jadwal Kegiatan
Terlampir
L . Penutup  

Untuk mencapai suatu kesuksesan dalam suatu kegiatan diperlukan dukungan, kerja sama dari segala komponen yang terlibat dan ikut terkait didalamnya.

Dengan terselenggaranya Pameran “MahakaryaLukisanTangan” ini diharapkan mampu menjadi langkah berikutnya untuk meningkatkan dan memacu kreatifitas kami pada khususnya serta masyarakat pada umumnya.

Semoga kegiatan pameran ini mendapat ridho ALLAH SWT. Atas kerjasama, perhatian dan bantuannya kami ucapkan terimakasih.

Contoh Proposal Kegiatan Occasion 17 Agustus

Proposal Kegiatan 17 Agustus 

I. Pendahuluan
Tanggal 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan oleh setiap warga dan masyarakat dengan penuh suka cita. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan nyawa dalam memerdekakan Negara kita tercinta ini. Oleh karena itu, Hari Kemerdekaan merupakan tonggak sejarah yang harus tetap dikenang oleh setiap warga Negara Indonesia.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, kita selaku generasi muda ingin mengadakan kegiatan positif yang tujuannya tidak lain adalah menghibur dan menumbuhkan semangat serta gotong-royong masyarakat.
Dengan demikian, kami selaku panitia yang terbentuk dari Organisasi Pemuda Indonesia ingin mengadakan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Alun-alun Kota Sragen.
II. Tujuan
Ada beberapa tujuan dari terselenggaranya acara ini, yaitu:
1. Bentuk syukur kepada Allah SWT atas nikmat kemerdekaan yang telah diberikan.
2. Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama masyarakat.
3. Mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang dan mengorbankan nyawa untuk Kemerdekaan Indonesia.
4. Menumbuhkan semangat juang kepada para pemuda.
5. Menghibur masyarakat dengan kegiatan yang positif.
6. Mengingatkan generasi muda akan semangat juang para pahlawan bangsa.
7. Meningkatkan rasa cinta kepada Tanah Air Indonesia.
III. Tema
Menumbuhkan persatuan para pemuda untuk menggapai satu tujuan.
IV. Peserta
Acara ini diperuntukkan ke semua warga Desa yang ingin dan turut meramaikan serta memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.
V. Jenis Kegiatan
Adapun jenis kegiatan yang akan diselenggarakan adalah sebagai berikut:
1. Lomba tebak gambar
2. Lomba susun kata
3. Lomba kekompakan
4. Lomba rebut kursi
5. Panjat Pinang
VI. Waktu Dan Tempat
Peringatan HUT RI akan diselenggarakan di Lapangan Umum Desa pada hari Rabu, 17 Agustus 2022.
VII. Susunan Kepanitiaan
Terlampir
VIII. Rencana Anggaran Biaya
Terlampir
IX. Penutup

Demikian proposal 17 Agustus ini kami buat, semoga dapat menjadi gambaran atas garis besar acara yang akan kami selenggarakan.

Semoga sebagala bentuk bantuan Bapak/Ibu dicatat sebagai amal dan bermanfaat bagi masyarakat setempat, khususnya kami selaku panitia.

Demikian ulasan tentang contoh proposal kegiatan, tujuan, dan penjelasannya. Semoga artikel ini menambah wawasan dan bermanfaat.

Wakil Ketua BKSAP DPR Putu Supadma cek pemilu di Kamboja.

DPR Monitor Pemilu di Kamboja, Putu Supadma: Perlu Jadi Contoh Pesta Demokrasi

Menurut pimpinan BKSAP, Putu Supadma, pemilu Kamboja diikuti 18 parpol yang bersaing berebut 125 kursi di parlemen. Pemilu Kamboja berjalan damai, menarik, dan sukacita.

img_title

VIVA.co.id

23 Juli 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *