Kabar  

Cara Membuat Proposal Kegiatan yang Benar Sesuai Strukturnya

Cara Membuat Proposal Kegiatan yang Benar Sesuai Strukturnya

Jakarta

Jika kamu ingin menggelar suatu acara, umumnya harus menyertakan proposal kegiatan. Tak hanya menjelaskan urutan acara, di dalam proposal tersebut juga mencantumkan nama-nama anggota hingga rincian biaya yang diperlukan.

Dengan adanya proposal kegiatan, maka acara yang ingin diselenggarakan jadi lebih mudah dan terstruktur. Selain itu, kamu juga bisa menarik lebih banyak sponsor karena memiliki proposal kegiatan yang jelas.

Lantas, bagaimana cara membuat proposal kegiatan yang baik dan benar? Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel ini yuk detikers.

Pengertian Proposal

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Dengan adanya proposal, maka maksud dan tujuan dari acara tersebut bisa disampaikan secara jelas.

Mengutip buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMA/MA Kelas XIII, proposal kegiatan merupakan proposal untuk melakukan suatu kegiatan, baik yang sifatnya individu maupun kelompok, seperti pentas seni dan budaya atau kompetisi sepakbola antar sekolah.

Selain proposal kegiatan, sebenarnya masih ada lagi jenis-jenis proposal. Dalam dunia ilmiah terdapat proposal penelitian, yakni suatu usulan penelitian yang akan dilakukan oleh seseorang untuk meneliti.

Lalu, ada juga proposal umum yang isinya tentang rancangan kegiatan dari awal hingga akhir. Meski disusun lebih “bebas”, namun proposal umum tetap harus mengikuti sistematika penulisan proposal agar mudah dimengerti pembaca.

Tujuan Proposal Kegiatan

Tujuan utama dari membuat proposal kegiatan adalah agar mendapatkan persetujuan dari suatu pihak tentang rencana yang akan dilakukan. Oleh sebab itu, proposal harus disusun secara rinci dan rapi, mulai dari lokasi kegiatan, rencana anggaran biaya, jumlah panitia, hingga jadwal acara.

Sebab, proposal akan diajukan sebagai permohonan dana atau kerja sama (sponsorship) dengan beberapa pihak. Jika proposal ditulis dengan rapi, terstruktur, jelas, dan mudah dipahami, maka akan memudahkan para pihak yang diajak bekerja sama.

Selain itu, adanya proposal kegiatan juga membantumu dalam mendapatkan perizinan acara dari pihak berwajib. Apabila detikers tidak dapat surat izin, tentu acara tidak bisa digelar dan berujung batal.

Manfaat Proposal Kegiatan

Menurut buku Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian oleh Yuniati Sitorus, dkk, ada sejumlah manfaat yang didapat jika membuat proposal kegiatan dengan baik dan terstruktur, yaitu:

  1. Sebagai rencana yang dapat mengarahkan panitia kegiatan dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
  2. Secara tidak langsung, sebagai bahan yang dapat menjelaskan pada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan tersebut.
  3. Sebagai acuan informasi pihak-pihak yang berkepentingan dalam kegiatan tersebut.
  4. Meyakinkan para sponsor yang dapat memberikan dukungan secara materiil maupun finansial untuk mewujudkan kegiatan sesuai dengan rencana.
  5. Memberikan kemudahan bagi penyelenggara kegiatan untuk mendapatkan dukungan.

Membuat proposal kegiatan tidak bisa dilakukan sembarangan. Oleh sebab itu, kamu harus paham sistematika pembuatan proposal kegiatan yang baik dan benar.

Mengutip e-Modul Bahasa Indonesia dari Kemdikbud, simak cara membuat proposal kegiatan yang benar sesuai dengan strukturnya.

1. Sampul

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat proposal kegiatan adalah membuat sampul yang baik dan rapi. Fungsi sampul tak hanya sebagai pembuka saja, namun perlu disertakan brand kegiatan atau organisasi, nama kegiatan, dan jika perlu ada slogan acara.

2. Latar Belakang

Masuk ke halaman berikutnya yakni membuat latar belakang. Di sini, detikers wajib mencantumkan latar belakang kegiatan yang ingin diadakan, agar para pembaca punya gambaran umum yang jelas mengenai alasan acara tersebut digelar.

3. Nama dan Tema Kegiatan

Setelah itu, tuliskan nama kegiatan atau acara yang ingin diselenggarakan. Sertakan juga tema kegiatan di bawahnya dan jelaskan kenapa mengambil tema itu.

4. Tujuan

Jangan lupa untuk menjelaskan tujuan acara yang akan diselenggarakan. Tujuan kegiatan adalah goal dilaksanakannya acara tersebut dan mencakup kenapa acara tersebut perlu dilaksanakan.

5. Susunan Acara

Agar acara berjalan dengan baik tentunya harus disusun secara jelas dan rinci, mulai dari awal hingga akhir. Untuk itu, tuliskan susunan acara secara jelas di dalam proposal kegiatan.

6. Tempat dan Waktu Kegiatan

Dalam menggelar suatu kegiatan, tentunya harus menyertakan tempat dan waktu acara. Jadi, para pihak yang diajak untuk kerja sama dapat mengetahui bahwa acara tersebut memang telah direncanakan sebaik mungkin.

7. Kepanitiaan

Tuliskan seluruh panitia acara di dalam proposal kegiatan, mulai dari jabatannya yang paling tinggi hingga bawah. Agar lebih rapi, susun peserta acara sesuai divisi masing-masing.

8. Sarana Promosi

Dalam bagian ini, sarana promosi adalah keuntungan yang didapat dari sponsor. Jadi, sarana promosi bisa berwujud umbul-umbul, pakaian panitia, pamflet, brosur, spanduk, audio, dan hitungan persentase sponsor. Nominal persen yang disumbangkan sponsor dapat menentukan ukuran besar atau kecilnya brand dari sponsor.

9. Estimasi Anggaran

Bagian ini sangat penting dan krusial, karena kamu harus menyusun rencana anggaran kegiatan yang akan diselenggarakan, mulai dari perlengkapan, administrasi, konsumsi, panggung, sound system, dan lain sebagainya.

Pastikan menyusun anggaran biaya yang logis dan realistis. Selain itu, perhitungkan juga keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

10. Penutup

Bagian akhir dari proposal kegiatan adalah kata penutup. Dalam hal ini, kamu bisa menulis ucapan terima kasih serta harapan dari pihak penyelenggara agar acara tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Oh ya, jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan dan stempel organisasi acara. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan keabsahan proposal kegiatan tersebut di mata hukum.

Contoh Proposal Kegiatan

Setelah mengetahui pengertian, tujuan, dan struktur penulisannya yang benar, mari simak contoh proposal kegiatan di bawah ini. Sebagai pengingat, contoh tersebut bisa diubah lagi sesuai kebutuhan masing-masing.

Mission Proposal

‘LKMM FTI 2009’

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Unissula

I. Latar Belakang

Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung Semarang merupakan lembaga perguruan tinggi yang tak lepas dari peran mahasiswa sebagai objek pembelajaran, sehingga mahasiswa dituntut untuk dapat menguasai disiplin ilmu. Namun, ada kecenderungan bahwa mahasiswa kurang begitu menyadari akan perannya sebagai mahasiswa, hal ini disebabkan kebanyakan dari mereka berorientasi terhadap kewajiban yang utama yaitu kuliah tanpa memperdulikan peran lainnya yang tak kalah pentingnya, dan sebenarnya predikat sebagai mahasiswa itu mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terhadap masyarakat.

Oleh karena itu, pengkaderan pada organisasi kemahasiswaan khususnya di Fakultas Teknologi Industri sangat diperlukan guna memperbaiki kedinamisan sebuah organisasi. Dalam lingkungan Fakultas Teknologi Industri Unissula Semarang pengkaderan organisasi diwadahi dalam kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM), LKMM mempunyai tingkatan dasar dan menengah, dimana LKMM dasar adalah sebagai prasyarat untuk mengikuti LKMM tingkat menengah dan menduduki jabatan sebagai pengurus organisasi kemahasiswaan.

II. Nama Kegiatan

‘Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar 2009 FTI 2009’

III. Tema Kegiatan

‘Menyiapkan Sumber Daya Manusia Berdedikasi Guna Terbentuknya Organisasi Kemahasiswaan Yang Mantap Dan Dinamis’

IV. Maksud dan Tujuan

1. Untuk membentuk dan menyiapkan sumber daya manusia dalam menyongsong perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat.
2. Menyiapkan pengurus-pengurus organisasi kemahasiswaan baru yang berdedikasi.
3. Terbentuknya organisasi kemahasiswaan yang mantap dan dinamis.

V. Landasan Kegiatan

1. Tri Dharma Perguruan Tinggi

2. Program Kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTI 2009

VI Waktu dan Tempat

Kegiatan ‘Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Dasar 2009 FTI 2009’ akan diselenggarakan pada:

Hari : Jumat-Sabtu
Tanggal : 5-7 Juni 2009
Tempat : Kampus Unissula Fakultas Teknologi Industri

VII. Sasaran Kegiatan

Sebagai langkah awal untuk memantapkan sistem pengkaderan pada organisasi kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

VIII. Susunan Panitia

Pelindung : Dekan Fakultas Teknologi Industri Unissula
Penasihat : Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Industri Unissula
Penanggung Jawab: Presiden BEM FTI Unissula
Ketua : M Arief Hidayat
Sekretaris : Heru Setiawan
Bendahara : Diah Fitasari
Seksi-seksi:
Humas : 1. Respati (TI 2007)
2. Arief (TI 2007)

Acara : 1. Agung (TE 2007)
2. Dedit (TE 2007)
3. Ali Haidar (TI 2005)
4. Hartono (TE 2005)

Perlengkapan: 1. Sobirin (TIF 2007)
2. Cinde (TE 2005)
3. Panji (TI 2007)
4. Bahtera (TE 2007)

Registrasi : Panitia

P3K : 1. Ika (TE 2007)
2. Asep (TE 2006)

Dokumentasi : 1. Sobirin (TIF 2007)
2. Diah (TIF 2006)

Konsumsi : 1. Anggy (TE 2006)
2. Ika (TE 2007)

Keamanan : 1. Hendi (TI 2006)
2. M Muamar E (TI 2007)

Wali Jamaah : 1. Hartono (TE 2005)
2. Ali Haidar (TI 2005)
3. Cinde (TE 2005)
4. Respati (TIF 2005)
5. Andik (TIF 2006)
6. Arief W (TIF 2005)
7. Diah (TIF 2006)
8. Maya (TIF 2005)

IX. Susunan Acara

(Terlampir)

X. Rancangan Anggaran Biaya

1. Kesekretariatan

(Terlampir)

2. Peralatan

(Terlampir)

3. Dokumentasi

(Terlampir)

4. Konsumsi

(Terlampir)

5. Humas

(Terlampir)

6. Keamanan

(Terlampir)

7. Tim Kreatif

(Terlampir)

8. Dana Tak Terduga

(Terlampir)

Complete: Rp…..

Complete Pengeluaran: Rp….

Pemasukan

(Terlampir)

Complete Anggaran: Rp….

XII. Penutup

Demikian proposal ini kami buat sebagai kerangka umum pelaksanaan agenda di atas. Kurang lebihnya kami minta maaf, terima kasih.

Semarang, 26 Mei 2009

Panitia LKMM FTI 2009

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Unissula Semarang

Ketua Pelaksana Sekretaris

M Arief Hidayat Diah Fitasari

Disetujui
Ketua Umum BEM FTI

Muhammad M Nahdi

Mengetahui,
Wakil Dekan III

Bustanul Arifin ST, MT

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai cara membuat proposal kegiatan yang benar sesuai dengan strukturnya. Semoga berhasil dalam membuat proposal kegiatan!

Simak Video “Suasana Acara Puncak Peringatan Bulan Bung Karno di GBK
[Gambas:Video 20detik]

(ilf/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *