Kabar  

Cara Karang Taruna di Banjarmasin Isi Hari Kemerdekaan, Penuh Pesan Budaya

Cara Karang Taruna  di Banjarmasin Isi Hari Kemerdekaan, Penuh Pesan Budaya

BANJARMASIN – Berbagai penampilan budaya dan kesenian disajikan dalam acara Merdeka Heppiii yang digelar sejumlah desa yang tergabung dalam Heppiii Group di Banjarmasin. Perayaan HUT RI Ke-78 ini juga diramaikan dengan berbagai kegiatan positif bertema nasionalisme, seperti menebak gambar pahlawan, menyanyikan lagu nasional, hingga menampilkan kesenian lokal seperti pencak silat.

Koordinator Heppiii Group di Banjarmasin, Budiman mengatakan sejumlah karang taruna (karta) desa menggelar kegiatan bertema Merdeka Heppiii, seperti di Desa Damit, Desa Tambang Ulang, dan Desa Bentok Darat Banjarmasin. Belasan karta lainnya juga menggelar kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ini.

“Kami di karta Banjarmasin baru tergabung tahun ini dengan Heppiii Group. Kami bersyukur sambutannya sangat positif, sehingga kegiatan-kegiatan sosial juga berjalan sangat baik. Sebelumnya kami juga sudah menggelar Ramadhan Heppiii, kebersamaan warga yang selama ini sudah terjalin dengan baik bisa semakin rekat dengan adanya kegiatan-kegiatan yang sifatnya kebersamaan,” jelas Budiman beberapa waktu lalu.

Anggota Karta Tunas Muda Mandiri, Desa Damit, Tanah Laut, M Andi Azhar mengatakan, untuk kegiatan Merdeka Heppiii para warga setempat menampilkan berbagai perlombaan dan panggung hiburan. Di antara kegiatan tersebut, warga juga menampilkan kesenian pencak silat.

“Di tempat kami selalu berbeda kegiatan setiap tahunnya, seperti tahun ini kami angkat tema nasionalisme, dengan menampilkan atraksi kesenian dan budaya, kemudian lomba-lomba menyanyikan lagu kebangsaan, termasuk tebak gambar nama pahlawan. Kita libatkan semua elemen warga di sini,” jelasnya.

Sementara itu, bukan hanya di Banjarmasin, Kegiatan Merdeka Heppiii ini dilakukan di 181 desa di 17 kabupaten kota di Indonesia, khususnya di Jawa timur dan Kalimantan. Rinciannya Banyuwangi ada 17 desa, kemudian Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 18 desa, kemudian Madiun 17.

Lalu, Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4, Pasuruan 10, Ponorogo 14, Situbondo 16, Tuban 3 desa. Lalu wilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, lalu wilayah Banjarmasin 19 desa.

Di tempat terpisah, Koordinator Heppiii Group Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Group untuk terus membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa. Heppiii Group kata dia selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.

“Selain ada penambahan dan perbaikan fasum (fasilitas umum) dan fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan gapura, kemudian pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran (pesta rakyat) seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM, pengajian, juga diisi dengan lomba-lomba,”jelasnya.

Halaman Selanjutnya

Di tempat terpisah, Koordinator Heppiii Community Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Community untuk terus membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa. Heppiii Community kata dia selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *