Kabar  

Budayakan Hidup Bersih, Pemuda dan Karang Taruna Ngampel Wetan Kendal Gelar Resik-Resik Desa

Budayakan Hidup Bersih, Pemuda dan Karang Taruna Ngampel Wetan Kendal Gelar Resik-Resik Desa

HALO KENDAL – Pemerintah Desa Ngampel Wetan, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal, menggandeng Ordaka, Karang Taruna, mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Islam Kendal (STIK) dalam kegiatan Resik-resik Desa, Minggu (19/2/2023).

Menurut tokoh pemuda Desa Ngampel Wetan, Rudi Santoso, kegiatan pagi ini adalah kerja bakti membersikan jalan penghubung antara Dukuh Krajan dan Dukuh Sari, yang merupakan jalan penghubung desa.

“Kegiatan Minggu pagi ini, murni ide dari pemuda karang taruna desa. Karena melihat jalan penghubung begitu banyak rumput yang tinggi dan tidak enak di pandang,” ujarnya.

Kebetulan, lanjut Rudi, di Desa Ngampelwetan ada mahasiswa KKN STIK, jadi sekalian diajak untuk kegiatan kerja bakti bersama anggota karang taruna.

“Alhamdulillah Karang Taruna Wara Baksya Desa Ngampel Wetan sangat antusias mengikuti kegiatan kerja bakti. Sudah sewajarnya kalau pemuda harus menjadi pelopor pergerakan untuk kemajuan desa. Baik secara sosial maupun gotong royong,” tandasnya.

Kepala Desa Ngampel Wetan, Abdul Malik mengatakan, pihaknya sangat mendukung apa yang dilalukan para pemuda, karang taruna dan mahasiswa KKN, dengan resik-resik desa.

“Kegiatan diagendakan, karena melihat kondisi tepi jalan yang sudah tumbuh rerumputan yang tinggi. Dengan antusiasme para pemuda, karang taruna dan kekompakannya dengan tim KKN, membuat kegiatan terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Bahurekso tersebut juga mengungkapkan, kegiatan bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih sekaligus melakukan edukasi kepada masyarakat terutama para pemuda desa, tentang budaya hidup bersih dan sehat.

“Sedangkan untuk mahasiswa bisa merasakan kehidupan gotong-royong warga desa. Sehingga harapannya, kelak bisa diaplikasikan secara langsung di masyarakat oleh mahasiswa. Jadi saat kembali ke daerahnya masing-masing, hal itu bisa menjadi kebiasaan yang bermanfaat. Baik untuk diri sendiri maupun desanya,” imbuh Malik.

Sementara menurut mahasiswa STIK Kendal, Khoirul Jalaludin, kelompok KKN STIK posko 7 bekerja sama dengan Karang Taruna Wara Baksya Ngampel Wetan ikut mengedukasi kepada masyarakat, akan pentingnya kebersihan lingkungan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan solidaritas antara KKN posko 7 dengan pemuda dan Karang Taruna Wara Baksya dan menumbuhkan kesadaran anak muda terhadap kepedulian lingkungan,” ujarnya.(HS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *