Kabar  

Bencana Kekeringan di Kabupten Bekasi Kian Parah, Karang Taruna Sukadami Distribusikan Air Bersih

Bencana Kekeringan di Kabupten Bekasi Kian Parah, Karang Taruna Sukadami Distribusikan Air Bersih

Reporter:
Almu Jamil|

Editor:
Almu Jamil|

Selasa 05-09-2023,17:44 WIB

pengurus Karang Taruna Desa Sukadami mendistribusikan air bersih di kampung Tegal Sapi, Desa Nagacipta, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi.–

KARAWANGBEKASI. DISWAY. ID – Karang Taruna Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi mendistribusikan air bersih ke warga yang terdampak kekeringan di Kampung Tegal Sapi RT 02/1,Desa Nagacipta, Serang Baru. selasa (5/9).

Ketua Karang Taruna Desa Sukadami, Asep Saepuloh mengatakan, sebanyak 8000 liter air didistribusikan ini sebagai bentuk kepedulian karang taruna dalam membantu warga yang kesulitan air bersih akibat musim kemarau panjang.

” Iya kehadiran kami disini sebagai bentuk keprihatinan, kepedulian terhadap warga kampung tegal sapi yang sudah beberapa bulan terakhir kesulitan mencari air bersih baik untuk mandi maupun untuk diminum,” kata Asep, Selasa (5/9).

Ia mengatakan musibah kekeringan yang melanda beberapa kecamatan dan desa di kabupaten bekasi merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah daerah, swasta, maupun organisasi kepemudaan untuk bahu membahu mencarikan solusi kekeringan ini. Apakah solusi jangka pendek atau solusi jangka panjang. 

” Iya artinya selain memberikan bantuan air bersih sebagai solusi jangka pendek atau sementara tapi juga harus ada solusi jangka panjangnya. Apakah itu harus ada pemasangan pam atau membuatkan sumur satelit di titik yang berpotensi bisa mengeluarkan air,” terangnya.

Sementara itu, Odong (50) perwakilan warga Kampung Tegal Sapi mengaku sangat berterimakasih kepada karang taruna desa sukadamai yang telah mendistribusikan air bersih ke wilayahnya.

” Alhamdulilah apa yang sudah diperbuat karang taruna ini manfaatnya sangat luar biasa, meringankan beban warga yang kesulitan dalam mencari air bersih,” ucapnya.

Ia menjelaskan 55 kk di Kampung Tegal Sapi RT 02/1, Desa Nagacipta kesulitan air bersih sejak 3 bulan terakhir. Bahkan untuk mendapatkan air bersih warga rela membeli air untuk mandi,nyuci dan juga untuk dikonsumsi, bahkan ada juga warga yang sengaja membuat sumur buatan.

” Rata-rata per kk ini membutuhkan air sebanyak 10 dirigen tergantung banyaknya jumlah keluarga. artinya dibutuhkan bantuan air bersih bisa mencapai 2 sampai 3 tank mobil per minggunya,” bilangnya. (mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *