Kabar  

Bazar UMKM Karang Taruna Basel Dongkrak Perekonomian Masyarakat

Bazar UMKM Karang Taruna Basel Dongkrak Perekonomian Masyarakat

Sekilas Indonesia | BANGKA SELATAN 

Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Hefi Nuranda mengatakan kegiatan Bazar UMKM Karang Taruna 2023 ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat terutama para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

Hal ini dikatakan Hefi, usai membuka Bazar UMKM yang di selenggarakan oleh Karang Taruna Bangka Selatan, dalam rangka menyambut Maulid Nabi SAW dan HUT Karang Taruna ke 63, di Kawasan Himpang Lime Toboali, Selasa (26/9/2023) malam.

Menurut Hefi, kegiatan yang dilaksanakan oleh karang taruna selain memberikan pesan dan nilai dakwah kepada masyarakat, namun juga memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat terutama kepada pelaku UMKM.

“Keren kawan-kawan Karang Taruna mengemas kegiatan pada malam hari ini, luar biasa, yang paling jadi perhatian kami yaitu Bazar UMKM, secara hitung – hitungan kami ada 50 UMKM yang di undang untuk ngisi Bazar UMKM. Itu yang sudah menetap, diluar dari itu lebih dari 50 mungkin ada sekitar 70 UMKM, kalau kita hitung secara ekonomi satu UMKM omset mencapai 1 juta berarti kalau di kalikan 70 UMKM berarti omset bisa menyampai 70juta complete keseluruhannya, dan ini sangat luar biasa,” ujarnya.

Hefi menilai, Karang Taruna sudah bisa menterjemahkan keinginan Bupati Bangka Selatan bagaimana para pelaku UMKM itu bisa tumbuh dan bisa terbantu dengan kegiatan – kegiatan yang dilakukan.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini kedepannya bisa rutin dilaksanakan, karena ini dapat membantu pelaku UMKM kita. Untuk itu selama 12 hari ini ajak saudara-saudara baik itu yang dari luar daerah untuk datang ke Toboali sehingga perputaran ekonomi bisa berjalan,” ujarnya.

Sementara, Koordinator Bazar UMKM Karang Taruna Basel, Abil Mulya Jihad mengatakan, kegiatan Bazar UMKM yang di selenggarakan oleh Karang Taruna ini dalam rangka gebyar menyambut Maulid Nabi Muhaamad SAW dan HUT Karang Taruna ke 63.

“Alhamdulillah para pelaku UMKM di Toboali, sangat antusias mengikuti Bazar UMKM ini. Hal ini dibuktikan dengan menyediakan 50 tenda slot, namun masih banyak kawan-kawan UMKM yang belum tertampung,” katanya.

Dijelaskannya, tujuan Karang Taruna Basel menggelar Bazar UMKM ini bagaimana bisa membantu untuk mendongkrak perekonomian yang ada di Bangka Selatan, terutama bagi para pelaku UMKM yang ada di wilayah ini.

“Tujuan kami bikin acara ini, ingin menunjukkan bahwa Toboali bisa, dengan demikian semangat para pelaku UMKM semakin tumbuh serta bisa membangkitkan perekonomian yang ada di Bangka Selatan,” jelasnya.

Ia berharap, Karang Taruna dan Dinas terkait dapat saling bersinergi dengan para pelaku UMKM, sehingga perekonomian di Bangka Selatan kedepannya lebih baik lagi.

“Harapan kami, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dapat meningkatkan perekonomian di Bangka Selatan, sehingga para pelaku UMKM lebih sejahtera,” ujarnya.

Salah satu Pelaku UMKM, Daya mengucapkan terimakasih kepada Karang Taruna yang sudah memfasilitasi para pelaku UMKM. Ia berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan agar para pelaku UMKM dapat lebih sejahtera lagi.

“Alhamdulillah sih dengan adanya kegiatan seperti ini, omset kami lebih meningkatkan di banding hari-hari sebelumnya, dan saya mengucapkan terimakasih kepada Pemuda Karang Taruna yang sudah menggelar even seperti ini. Semoga kedepan kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan ini sangat membantu kami,” ujarnya. (Riki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *