Kabar  

Apresiasi Program TMMD, Bupati Klaten Harap TNI-Polri Strong Bangun Daerah

Apresiasi Program TMMD, Bupati Klaten Harap TNI-Polri Strong Bangun Daerah

Jakarta

Bupati Klaten Sri Mulyani mengapresiasi anggota TNI, khususnya Kodim 0723 Klaten dan jajarannya yang bersinergi dan bekerja sama dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II. Program ini berlangsung di Desa Beji, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten.

Sri berharap melalui TMMD ini, soliditas dan sinergitas antara TNI, POLRI, Pemda, dan masyarakat dapat senantiasa terjalin erat untuk membangun daerah. Baik selama maupun setelah program berlangsung.

“Mari kobarkan semangat kebersamaan, manfaatkan momentum TMMD ini sebagai sarana mempererat kembali rasa kesatuan, kebersamaan, dan semangat gotong-royong membangun daerah yang telah memberi kita kehidupan, juga anak cucu kita di masa depan,” jelas Sri dalam keterangan tertulis, Kamis (13/7/2023).

Sri yang menjadi inspektur upacara di pembukaan TMMD tersebut pun turut berterima kasih kepada seluruh jajaran yang terlibat. Sebelum memulai upacara, Sri memeriksa pasukan dan menyerahkan alat kerja kepada tenaga kerja.

“Saya atas nama pemerintah dan segenap lapisan masyarakat Kabupaten Klaten khususnya di Desa Beji menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih, matur nuwun kepada rekan-rekan TNI, Polri, serta Pemerintah Desa Beji dan semua pihak yang terjun langsung membantu masyarakat dalam pembangunan fisik dan non fisik, melalui Program TMMD Sengkuyung Tahap II ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Perwira Pelaksana Budiyono mengungkapkan Desa Beji terpilih menjadi sasaran TMMD karena terbatasnya akses jalan antar desa yang menghambat akses pertanian dan perekonomian. Ia menyebut sasaran pokok betonisasi jalan sepanjang 700 meter, lebar tiga meter, dan tebal 15 sentimeter, pembangunan talud panjang 700 meter, lebar 30 centimeter, dan tinggi satu meter.

Selain pembangunan secara fisik, ada juga sasaran non fisik berupa Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan Pertanian, dan Penyuluhan Mitigasi Bencana Alam.

“Pelaksanaan kegiatan ini (TMMD Tahap II) dilaksanakan dari tanggal 12 Juli 2023 hingga 10 Agustus 2023,” terang Budiyono.

Ia merinci ada 78 orang tenaga kerja terlibat setiap harinya yang terdiri dari 30 orang TNI, 5 orang Polri, 2 Teknisi, 5 Aparat Desa, dan masyarakat 40 orang.

Sebagai informasi, pembukaan TMMD ini dihadiri oleh Wakil Bupati Klaten, Danrem yang diwakili KasiOps Korem 074/Warastratama,Forkopimda, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Forkopincam Tulung, Kades Beji, Persit, TP PKK, Kades se Kecamatan Tulung, TNI/Polri, Dishub, Satpol PP, Relawan, Ormas, Siswa SMK N 1 Tulung, dan tokoh masyarakat.

Acara pembukaan ditandai dengan penandatanganan prasasti berita acara oleh Bupati Klaten dan Komandan Kodim 0723 Klaten. Kemudian Bupati Klaten memukul gong didampingi Forkopimda sebagai tanda pembukaan resmi TMMD Sengkuyung tahap II di Desa Beji, Tulung. Terakhir, seluruh tamu undangan melakukan ramah tamah dan menyaksikan kesenian Gejog Lesung

Simak Video “Penahanan Saudara Tentara Jadi Pemicu Puluhan TNI Serbu Polres Medan
[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *