Kabar  

8 Contoh Latar Belakang Proposal 17 Agustus – KARANG TARUNA

8 Contoh Latar Belakang Proposal 17 Agustus – KARANG TARUNA

Solo

Latar belakang proposal merupakan salah satu aspek terpenting dalam bagian pembuka proposal. Berikut ini contoh latar belakang proposal 17 Agustus yang dapat dijadikan sebagai inspirasi.

Dalam merayakan HUT RI pada 17 Agustus, masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan biasanya akan mengadakan berbagai kegiatan untuk menyemarakkan hari peringatan tersebut. Dalam pelaksanaannya, acara tersebut biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, penyusunan proposal permohonan dana bantuan/sponsor sangat penting untuk dilakukan. Bagi yang sedang menyusun proposal 17 Agustus dan membutuhkan referensi latar belakang, berikut ini beberapa contoh latar belakang proposal 17 Agustus yang dikutip dari detikEdu, situs Pemkab Denpasar, dan laman Kelurahan Padangsari.

Contoh 1

Knowledge Densel merupakan salah satu wadah atau media sosial (sosmed) bagi masyarakat Kota Denpasar khususnya Kecamatan Denpasar Selatan dalam memberikan informasi. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, penyampaian informasi yang berguna, baik dan benar sangat diperlukan oleh masyarakat dalam mengembangkan wawasannya yang terarah.

Dengan ditetapkannya Semarak Knowledge Densel dan serangkaian HUT RI Ke-74 Tahun yang jatuh pada 17 Agustus 2019 ini, kami berkeinginan berpartisipasi ikut memeriahkan hari kemerdekaan dengan meningkatkan semangat generasi muda dalam beraktivitas dan berkreativitas membangun Negara dan karakter bangsa yang terarah dan positif sehingga menjadi penerus cita-cita dan perjuangan bangsa serta generasi pembangun yang berjiwa berasaskan Pancasila.

Untuk memberikan wadah kegiatan dalam rangka HUT RI Ke-74 Tahun dan Semarak Knowledge Densel, maka kami menyelenggarakan kegiatan untuk memeriahkan acara tersebut sehingga mampu membangkitkan dan meningkatkan semangat generasi muda dalam kemerdekaan dan menyambut HUT RI Ke-74 Tahun, mampu meningkatkan jalinan kerjasama, semangat generasi muda dalam beraktivitas dan berkreativitas, dan meningkatkan kekompakan antar warga di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar.

Dengan berdasarkan pemikiran tersebut, kami mengajukan proposal permohonan bantuan kepada donatur/sponsor. Besar harapan kepada donatur/sponsor dapat ikut berpartisipasi dalam memberikan sumbangan bantuan demi sukses dan lancarnya kegiatan ini.

Contoh 2

Perkembangan zaman yang mendunia memiliki dampak menyempitkan pandangan dan perilaku manusia terhadap nilai-nilai pancasila. Pancasila kini hanya menjadi simbol-simbol tanpa dipahami maknanya.

Kegiatan 17 Agustus adalah salah satu cara untuk mengingatkan masyarakat terhadap perjuangan kemerdekaan para pahlawan. Kegiatan ini mencerminkan semangat dan kerja sama antar masyarakat demi terwujudnya visi dan misi bersama serta menuju masyarakat ber-Pancasila.

Perjalanan putra putri karang taruna Dusun Kuro sejak awal kelahirannya secara potensial dan fungsional telah mengembangkan orientasinya sebagai wadah berhimpun, wadah aktualisasi dan regenerasi anak bangsa agar tidak kehilangan jati diri bangsa.

Berdasarkan pemikiran tersebut, keluarga besar Karang Taruna Dusun Kuro bermaksud mengadakan rangkaian kegiatan 17 Agustus untuk memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia.

Contoh 3

Menyambut HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023, sudah menjadi kewajiban kita sebagai bangsa Indonesia untuk terus mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

17 Agustus 1945 adalah tonggak sejarah perjuangan bangsa yang harus kita peringati sebagai rasa syukur dan pengingat bahwa kita bisa menikmati masa ini karena jasa para pendahulu.

Kita sebagai generasi penerus bangsa harus mengisi kemerdekaan dengan melakukan kegiatan positif dan dapat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air serta semangat nasionalisme. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia bagi siswa-siswi SMA 2 Bumi Bangsa.

Contoh 4

Perjalanan Bangsa Indonesia untuk lepas dari penjajahan sungguhlah sangat sulit, diperlukan pengorbanan jiwa dan raga, sehingga lahirlah para pahlawan yang berjiwa patriotis dan nasionalis, mereka bersatu dari seluruh wilayah Indonesia untuk berjuang merebut memerdekakan bangsa Indonesia.

Jiwa para pahlawan ini haruslah selalu tertanam dalam diri setiap warga rakyat Indonesia, untuk mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan bangsa Indonesia serta bentuk rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan YME yang telah memberikan kelancaran pada proses kemerdekaan bangsa Indonesia dalam sulitnya merebut kemerdekaan bangsa Indonesia, sehingga mendorong kami selaku panitia HUT ke-68 RI, RT.01/RW 03, untuk mengadakan kegiatan yang dipaparkan dalam proposal ini.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk merayakan HUT ke-68 RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2013 sekaligus merupakan bentuk rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan YME yang telah memberikan kelancaran pada proses kemerdekaan bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 sehingga bangsa Indonesia dapat seperti sekarang ini.

Contoh 5

Sebagaimana disebutkan dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1999, antara lain bahwa arah kebijakan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia mengacu pada pengembangan sumber daya manusia sedini mungkin secara terarah, terpadu dan menyeluruh, melalui berbagai upaya proaktif dan reaktif oleh seluruh komponen bangsa, agar generasi muda berkembang secara optimum disertai dengan hak dukungan dan lindungan sesuai potensinya.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pemuda/i merupakan aset terbesar yang begitu berharga bagi bangsa, lantaran dipundaknya lah tertanam sejuta harapan demi menyongsong sebuah negeri yang lebih aman dan sejahtera. Oleh karena itu, dirasakan perlu adanya upaya-upaya untuk membangkitkan peran pemuda demi mempertegas perannya. Dirasakan penting pula untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan easy skill mereka dalam segala lini.

Sehingga mereka lebih memahami dan mampu mempertegas fungsi mereka untuk menyongsong dan mempersiapkan peran-peran mereka di masyarakat kelak. Hal ini tentunya perlu adanya persiapan dan kesadaran dari berbagai pihak, baik dari lingkup keluarga, lembaga-lembaga pendidikan, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan rasa cinta tanah air dan mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan perjuangan kemerdekaan RI kami panitia peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70 bermaksud menyelenggarakan rangkaian acara peringatan HUT Kemerdekaan RI dengan kegiatan-kegiatan diantaranya lomba ketangkasan untuk anak-anak, bapak bapak, dan ibu-ibu; tasyakuran Kemerdekaan RI; dan gebyar-gebyar Kemerdekaan RI.

Contoh 6

Tema HUT RI ke-67: Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Lanjutkan Semangat Silaturahmi serta Kita Perkuat Kerjasama Antar Generasi Bangsa. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperingati dan memaknai hari Kemerdekaan ini, diantaranya dengan mengadakan kegiatan positif dan berbagai perlombaan yang dapat mempererat tali silaturahmi serta dapat menumbuh kembangkan rasa persatuan dan kesatuan.

Harapan kami, mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan dalam rangka MEMPERINGATI HUT RI ke-67 ini merupakan salah satu langkah yang tepat guna menyampaikan informasi kepada warga akan pentingnya Nasionalisme dan rasa cinta tanah air, sehingga terjalin keharmonisan persaudaraan dan persatuan antar warga masyarakat, khususnya Warga Desa Silikuan Hulu Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan.

Contoh 7

Semangat dan pengorbanan para pahlawan Indonesia dalam merebut memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari cengkeraman para penjajah telah berhasil diwujudkan dengan terlaksananya Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Setelah kini Indonesia mencapai kemerdekaannya yang ke-69, maka sudah sepantasnya kita sebagai penerus bangsa harus selalu mengenang dan melanjutkan perjuangan para pahlawan kita agar Indonesia benar-benar merdeka di segala bidang dari penjajah luar negeri maupun dalam negeri sendiri.

Mengingat maraknya budaya luar negeri yang merebak di Indonesia dan tingkat kepedulian antar sesama dan kebersamaan yang mulai berkurang serta untuk mengenang semangat perjuangan dan melanjutkan cita-cita para pahlawan, maka dari itu kami berencana untuk mengadakan berbagai kegiatan dan lomba untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69.

Contoh 8

Perjuangan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka, bebas dari penjajahan sangatlah besar. Kurang lebih 350 tahun bangsa Indonesia dalam keadaan terjajah oleh bangsa-bangsa Eropa dan Asia (Jepang). Berbagai macam cara dilakukan oleh bangsa Indonesia, khususnya para pahlawan untuk memerdekanbangsa ini, baik dengan cara perjuangan fisik maupun perjuangan diplomasi.Dengan semangat cinta tanah air, para pahlawan dari seluruh wilayah Indonesia bersatu, untuk kemudian berjuang bersama merebut kemerdekaan.

Dengan rahmat Allah SWT, tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, terlepas dari penjajahan dari bangsa manapun.Semangat cinta tanah air dan rela berkorban para pahlawan merebut kemerdekaan haruslah diteladani oleh setiap warga Negara Indonesia, tanpa terkecuali.

Mengisi kemerdekaan dengan jalan pembangunan di berbagai bidang agar tercapai tujuan bangsa Indonesia merdeka merupakan cara untuk menghargai jasa para pahlawan. Muda-Mudi RT 02/06 Desa Nguter Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo, merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang pada Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 Tahun 2016 ini ikut berupaya untuk memeriahkan dengan berbagai macam kegiatan dan acara.

Itulah deretan contoh latar belakang proposal 17 Agustus yang dapat digunakan sebagai referensi. Semoga bermanfaat, Lur!

Simak Video “Siap-siap “Wrestle” Tiket Indonesia Vs Argentina Segera Dimulai
[Gambas:Video 20detik]

(aku/ahr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *