Kabar  

7 Negara Tak Punya Hari Kemerdekaan

7 Negara Tak Punya Hari Kemerdekaan

CNN Indonesia

Kamis, 17 Agu 2023 08:10 WIB

Ulang tahun Raja Thailand menjadi Hari Nasional yang diperingati setiap tahun. (AP/Wason Wanichakorn)

Jakarta, CNN Indonesia

Indonesia tengah merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-78 pada Kamis (17/8) sebagai upaya memperingati proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Peringatan HUT RI menjadi hari libur nasional yang kerap masyarakat Indonesia rayakan dengan menggelar upacara hingga berbagai perlombaan.

Hampir setiap negara memiliki hari kemerdekaan (Nationwide Day atau Independence Day) untuk memperingati hari di mana negara terbentuk atau merdeka. Perayaan hari semacam ini pun berbeda-beda tergantung tradisi di negara masing-masing.

Namun, banyak juga negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan. Berikut daftar sejumlah negara yang tidak memiliki dan merayakan hari kemerdekaan:

1. Inggris

Negara di Eropa Barat ini tak merayakan hari kemerdekaan lantaran tidak pernah dijajah. Inggris justru terkait atas kemerdekaan banyak negara di dunia, terutama Afrika, lantaran sempat menjajah negara-negara tersebut di masa kolonialisme.

[Gambas:Video CNN]

2. Denmark

Meski Denmark memperingati Hari Pembebasan (Liberation Day) setiap 5 Mei, Hari Pembentukan Konstitusi (Structure Day) setiap 5 Juni, dan Hari Valdemars setiap 15 Juni, tidak satu pun dari hari-hari itu ditetapkan sebagai hari nasional.

Sama seperti Inggris, alasan utama Denmark tak memiliki hari kemerdekaan lantaran negara Skandinavia itu tidak pernah dijajah oleh negara lain sejak terbentuk lebih dari 1.000 tahun lalu.

Selain itu, dikutip The Copenhagen Post, Denmark juga tidak pernah melalui proses pemecahan atau unifikasi wilayah seperti Jerman atau Vietnam.

3. Turkey

Turki juga menjadi salah satu negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan lantaran tidak pernah dijajah negara lain.

Meski begitu, Turki memperingati Hari Nasional yang disebut Republic Day. Dikutip Britannica, Republic Day merupakan peringatan proklamasi pembentukan Republik Turki pada 29 Oktober 1923 dan pembubaran dinasti Ottoman.

4. Thailand

Thailand menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah negara asing. Karena itu, Thailand juga tidak memiliki hari kemerdekaan.

Namun, dikutip The Washington Post, Thailand menjadikan ulang tahun mendiang Raja Bhumibol Adulyadej sebagai Hari Nasional yang kerap diperingati setiap tahunnya setiap 5 Desember.

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *