Kabar  

5 Contoh Proposal 17 Agustus untuk HUT ke-78 RI, Cek Yuk! – KARANG TARUNA – KARANG TARUNA – KARANG TARUNA –

5 Contoh Proposal 17 Agustus untuk HUT ke-78 RI, Cek Yuk! – KARANG TARUNA – KARANG TARUNA – KARANG TARUNA –

Jakarta

Proposal kegiatan adalah usulan yang dirancang untuk mengajukan pelaksanaan kegiatan tertentu. Contohnya seperti proposal 17 Agustus untuk memperingati Hari Ulang Tahun atau HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia.

Proposal 17 Agustus dapat disampaikan ke pihak yang berwenang memberi izin maupun berpotensi memberi dukungan, baik dalam bentuk sponsor dana, barang, jasa, hingga dukungan penyebaran informasi by way of media sosial.

Jenis Proposal

Berdasarkan bentuknya, proposal terbagi atas proposal formal, semi formal, dan nonformal. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Bahasa Indonesia Akademik oleh Asna Ntelu dkk:

1. Proposal Formal

Proposal formal terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Pendahuluan terdiri dari sampul, halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi, dan lembar pengesahan.

Bagian isi terdiri dari latar belakang, batas masalah, tujuan, ruang lingkup, susunan panitia, waktu, dan anggaran biaya. Sedangkan bagian penutup meliputi kesimpulan dan saran, lampiran, tabel, dan daftar pustaka.

2. Proposal Nonformal

Proposal nonformal tidak selengkap dan sedetail proposal formal. Yang terpenting, isinya tetap mengandung hal-hal terkait masalah, saran, pemecahan, dan permohonan.

3. Proposal Semi Formal

Proposal semi formal mirip dengan proposal nonformal. Isinya antara lain masalah, pemecahan masalah, dan lain-lain, yang disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat.

Struktur Proposal Kegiatan

Umumnya, setiap proposal kegiatan memiliki struktur yang senada. Berikut komponennya.

1. Sampul Proposal

Gunakan sampul berisi nama kegiatan dan mannequin panitia atau organisasi penyelenggara kegiatan. Masukkan juga nama pihak penyelenggara, alamat, dan kontak pihak pelaksana dengan lengkap. Pastikan judul atau nama proposal singkat dan jelas.

2. Latar Belakang Kegiatan

Latar belakang pemikiran yang menjadi acuan pengusulan kegiatan diletakkan di bagian latar belakang kegiatan. Latar belakang kegiatan minimal menyiratkan visi dan misi atau alasan, gambaran inti kegiatan, serta manfaat pelaksanaan kegiatan tersebut.

3. Nama Kegiatan

Nama kegiatan mencerminkan seperti apa kegiatan yang akan dilaksanakan. Usahakan untuk mencantumkan nama kegiatan yang singkat, jelas, dan bisa menggambarkan isi kegiatannya.

4. Tema Kegiatan

Tema kegiatan berkaitan dengan nama kegiatan. Pertimbangkan maksud dan tujuan kegiatan untuk menyusun tema.

5. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan menjelaskan intention yang ingin dicapai bagi pihak-pihak yag terdampak melalui pelaksanaan kegiatan.

6. Jenis dan Rencana Kegiatan

Jenis kegiatan dapat berupa perayaan, kompetisi atau lomba, penganugerahan, penggalangan dana, hingga pameran. jenis kegiatan menerangkan perbedaan kegiatan yang hendak dilaksanakan dengan proposal kegiatan lainnya. Terangkan juga isi kegiatan di bagian ini.

7. Media Promosi

Media promosi umumnya berupa poster, baliho, pamflet, spanduk, umbul-umbul, pakaian atau kaos, video, hingga pos multi media di akun media sosial. Mannequin maupun penyebutan nama sponsor dan mitra (companion) dapat dicantumkan di media promosi kegiatan sesuai besar dukungan yang diberikan.

8. Estimasi Anggaran

Jabarkan anggaran biaya pelaksanaan kegiatan di bagian estimasi anggaran pada proposal kegiatan. Terangkan secara aspect dengan harga satuan yang diusulkan. Pastikan nominal biaya sudah sesuai daftar harga terbaru degan mengecek di toko atau market.

9. Penutup

Penutup berisi penyampaian terima kasih dan penekanan makna penting kegiatan bagi pihak yang terdampak. Bagian ini juga dapat mencakup tanda tangan dan cap pihak pengaju proposal sebagai bentuk legalitas permohonan.

Contoh Proposal 17 Agustus Sekolah atau Antarsekolah

Peringatan HUT ke-78 RI dapat digelar di sekolah maupun antarsekolah. Bagi detikers yang ingin mengirim proposal untuk sponsor atau proposal sponsorship kegiatan 17 Agustus di sekolah, simak contohnya berikut.

Sampul

Peringatan 17 Agustus
[nama sekolah]

Proposal Sponsorship

Panitia Peringatan 17 Agustus
[nama sekolah]
[alamat sekolah]
[kontak PIC kerja sama, nama PIC]

17-an di Sekolah!

Bersekolah adalah privilege kami, para siswa, atas kemerdekaan Indonesia. Tugas kami selanjutnya mempelajari langkah perjuangan para pahlawan dan rakyat Indonesia, serta melanjutkan kontribusibagi bangsa lewat ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Peringatan 17 Agustus di [nama sekolah] bertujuan untuk mendukung kontribusi siswa dan warga sekolah di momentum HUT RI pascakemerdekaan dan pascapandemi. Kompetisi bertema pengetahuan, teknologi, sejarah, dan seni diharapkan menjadi wadah para calon penerus bangsa untuk merayakan kemerdekaan bangsa Indonesia sesuai talenta masing-masing.

Rangkaian Acara

1. Pengibaran Bendera Merah Putih

2. Kompetisi Cerdas Cermat Seluruh Angkatan

Sistem gugur per pertanyaan wawasan dunia, sains, teknologi, sosial, dan seni, diselenggarakan untuk seluruh siswa. Pertanyaan terkait sponsor dapat disisipkan dengan berbasis pengetahuan sains, teknologi, sosial, dan seni

3. Kompetisi Cerdas Cermat Seluruh Guru & Tenaga Kependidikan

Sistem gugur per pertanyaan, diselenggarakan untuk seluruh guru dan tenaga kependidikan. Pertanyaan terkait wawasan dunia, sains, teknologi, sosial, dan seni.

4. Kompetisi Masak Warga Kantin

Sistem vote guru dan tenaga kependidikan, serta siswa. Kompetisi ini sekaligus menyediakan konsumsi siang bagi warga sekolah di hari kompetisi masak.

5. Kompetisi Praktikum Ragi

Sistem beregu antarkelas, menciptakan inovasi donat dari pemanfaatan ragi. Penilaian berdasarkan keunikan, rekor terpaling, rasa, dan seen. Produk sponsor dapat disediakan dan menjadi syarat kompetisi.

6. Kompetisi Seni

Band siswa, paduan suara siswa, kompetisi menyanyi warga sekolah, menggambar, poster, mading, dan dekorasi kelas bertema kemerdekaan, nasionalisme, dan persatuan.

7. Kompetisi Olahraga

Pertandingan antarkelas + guru di cabang futsal, pingpong, badminton warga sekolah.

8. Pemutaran Movie

Pemutaran movie pendek sineas Indonesia, movie perjuangan, dan bazar karya siswa.

Linimasa

Sosialisasi luring dan daring: sampai 16 Agustus 2023

Pendaftaran: sampai 15 Agustus 2023

Pengibaran bendera: 17 Agustus 2023

Kompetisi dan reportase di media sosial: 17-20 Agustus 2023

Puncak perayaan dan pemberian hadiah: 20 Agustus 2023 mulai pukul 15.00 WIB

Sponsorship

Sponsor

Manfaat: penyebutan model dalam tiap kegiatan, pemasangan materi branding di lingkungan sekolah dan media sosial kegiatan, sekolah, dan influencer siswa dengan jangka waktu tertentu, twibbon berlogo model

Accomplice

Manfaat: penyebutan model/nama companion dalam tiap kegiatan, pemasangan materi branding di media sosial kegiatan

Donation

Manfaat: penyebutan donatur dalam tiap kegiatan

Dukung Kami!

Dukung kami untuk merayakan HUT ke-78 RI bersama segenap warga sekolah. Pertanyaan dan kerja sama dapat disampaikan melalui (piece of email) dan (kontak WhatsApp, nama, jabatan)

Contoh Proposal 17 Agustus di Kampus

Berencana memperingati 17 Agustus di kampus? Berikut contoh proposal yang dapat dikirimkan ke calon mitra.

Sampul

Perayaan Kemerdekaan
[nama kampus]

Sponsorship Proposal

Perayaan Kemerdekaan Occasion Commitee
[nama organisasi/kampus]
[alamat]
[kontak PIC kerja sama, nama PIC]

Perayaan 17 Agustus

Menjadi mahasiswa merupakan momentum bagi kami memaknai kemerdekaan Indonesia lebih dalam. Masa depan di depan mata sebagai penerus bangsa Indonesia bagi kami pengingat untuk berkontribusi sesuai minat dan talenta, berkarya untuk kemajuan Indonesia.

Untuk itu, perayaan 17 Agustus di [nama kampus] sedianya akan mengusung semangat talenta mahasiswa. Mendukung tema melajukan Indonesia, kami berharap dapat membanggakan Indonesia sejak dari lingkup kampus hingga ke mancanegara nanti.

Perayaan Kemerdekaan

1. Pengibaran Bendera Merah Putih

2. Kompetisi Movie Pendek Tema Anak Bangsa dan Pendidikan

3. Kompetisi karya tulis tema anak bangsa dan pendidikan

4. Kompetisi paduan suara antarfakultas

5. Kompetisi band lagu nasional dan daerah

6. Bazar UMKM mahasiswa tema anak bangsa, inovasi, seni, dan teknologi

Linimasa

Sosialisasi luring dan daring: sampai 16 Agustus 2023

Pendaftaran: sampai 15 Agustus 2023

Pengibaran bendera: 17 Agustus 2023

Kompetisi dan reportase di media sosial: 17-20 Agustus 2023

Puncak perayaan dan pemberian hadiah: 20 Agustus 2023 mulai pukul 15.00 WIB

Sponsorship

Sponsor

Income penyebutanbrand dalam tiap kegiatan, pemasangan materi branding luring dan daring, kerja sama konten audiovisual di radio dan podcast kampus

Accomplice

Manfaat: penyebutan model/nama companion dalam tiap kegiatan, pemasangan materi branding di media sosial kegiatan

Donasi

Manfaat: penyebutan donatur dalam tiap kompetisi

Melangkah Bersama

Dukungan Anda mendorong mahasiswa mengenal makna kemerdekaan Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. Pertanyaan dan kerja sama dapat disampaikan melalui (piece of email) dan (kontak WhatsApp, nama, jabatan PIC)

Contoh Proposal 17 Agustus di Sekolah 2

Proposal 17 Agustus di sekolah dapat dibuat pengurus dan anggota OSIS atau panitia yang ditunjuk dengan bimbingan guru atau pembimbing OSIS. Sebagai referensi, berikut contoh proposal 17 Agustus untuk perayaan kemerdekaan dan HUT RI seperti dirangkum detikEdu dari berbagai sumber dengan penyesuaian.

Sampul Proposal

Proposal Kegiatan HUT ke-78 RI
di [nama sekolah]

OSIS [nama sekolah]
[alamat sekolah]
[kontak panitia bidang kerja sama, nama]
Latar Belakang Kegiatan

Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia penting bagi siswa, guru, dan tenaga kependidikan untuk menanamkan arti penting kemerdekaan, terutama di bidang pendidikan. Kegiatan yang sarat gotong royong atau kerja sama, musyawarah, apresiasi akan karya anak bangsa, kompetisi yang adil, dan merayakan keberagaman dan kebersamaan di momentum ini dapat mendorong penanaman makna kemerdekaan serta dasar negara Pancasila bagi warga sekolah, terutama siswa.

Nama, Tema, dan Tujuan Kegiatan

Peringatan 17 Agustus: “Merayakan Kesatuan” menjadi tema kegiatan peringatan HUT ke-78 RI di [nama sekolah]. Perayaan menekankan pada keikutsertaan sema warga sekolah dengan kegembiraan. Kesatuan mewakili tujuan kegiatan, yang lewat proses bekerja sama dalam kompetisi yang sehat dan semangat berkarya, bersama-sama memperingati HUT RI dengan bakat dan minat tiap warga sekolah.

Rencana Kegiatan

Jenis dan Susunan Kegiatan

– Upacara pengibaran bendera Merah Putih

– Lomba menyanyikan lagu perjuangan solo

– Lomba pertunjukan musik kelas

– Lomba cerdas cermat akbar seluruh siswa

– Lomba paduan suara lagu nasional dan lagu perjuangan

– Lomba poster kemerdekaan

– Lomba menggambar tema kemerdekaan

– Lomba dekorasi kelas tema kemerdekaan dan pendidikan

– Lomba mading tema kemerdekaan RI

Waktu dan Tempat Kegiatan

Hari, tanggal: Kamis, 17 Agustus 2023

Waktu: pukul 08.00-20.00 WIB

Tempat: Ruang kelas dan lapangan [nama sekolah ]

Susunan Panitia

Pelindung: [nama]

Penanggung jawab: [nama]

Ketua Pelaksana: [nama]

Sekretaris: [nama]

Bendahara: [nama]

Ketua Bidang [nama bidang]: [nama]

Ketua Bidang [nama bidang]: [nama]

Estimasi Biaya

Perlengkapan lomba:

– Karton gambar dan poster: [jumlah barang][harga satuan][harga total]
– Papan mini cerdas cermat: [jumlah barang][harga satuan][harga total]

Hadiah lomba:
– [jenis lomba]: [jumlah barang][harga satuan][harga total]
– [jenis lomba]: [jumlah barang][harga satuan][harga total]

Biaya dekorasi:
– bendera kertas: [jumlah barang][harga satuan][harga total]
– pita: [jumlah barang][harga satuan][harga total]

Biaya konsumsi:
– Nasi kotak: [jumlah barang][harga satuan][harga total]
– Air mineral: [jumlah barang][harga satuan][harga total]
————————————————————————————-+
Full estimasi biaya: [nominal total biaya]

Penutup

Demikian proposal ini kami ajukan. Kami berharap, kerja sama dan dukungan dari [nama pihak yang diajukan proposal] dapat mendukung siswa, guru, dan tenaga kependidikan di sekolah memperingati HUT ke-78 RI dengan suka cita dan penuh makna. Atas pertimbangan dan dukungan yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

Contoh Proposal 17 Agustus di RW, Desa, atau Kelurahan

Proposal 17 Agustus di RT, RW, desa, atau kelurahan dapat diajukan pemuda Karang Taruna, pengurus RT/RW, petugas desa atau kelurahan, maupun panitia yang ditunjuk pihak terkait. Simak contohnya di bawah ini.

Sampul

Proposal Kegiatan HUT RI ke-78

Tingkat RW

[Nama kelurahan]
[Nama kecamatan]
[Nama Kabupaten/Kota]
2023

Pendahuluan

Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan rahmatnya pada kita semua. Dengan rezeki kesehatan dan kemudahannya, warga [nama desa] dapat menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia dan memperingati arti penting kemerdekaan.

Tema HUT ke-78 RI “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” menjadi pengingat bagi kemajuan tiap individu dan lingkungan dapat berkontribusi bagi Indonesia. Usai pandemi, kemajuan sekecil apapun dari lingkungan RW pun diharapkan dapat memajukan sekitar sebagai wujud terima kasih atas kemerdekaan yang diraih dengan penuh perjuangan.

Perayaan kemerdekaan RI di [nama RW] diharapkan memperlihatkan kemajuan warga dan lingkungannya sesuai minat dan talenta. Dukungan dan bimbingan Bapak dan Ibu untuk menyukseskan acara peringatan HUT ke-78 RI ini amat dibutuhkan.

Rencana Kegiatan

Nama kegiatan: Peringatan HUT ke-78 RI [nama RW]

Waktu: Kamis, 14-20 Agustus 2023

Puncak penghargaan: 20 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB-selesai

Kegiatan

1. Lomba RT Terhijau

Hari, tanggal:
Waktu:
Tempat:
Peserta:

2. Lomba RT Terbersih

Hari, tanggal:
Waktu:
Tempat:
Peserta:

3. Lomba RT Terinovatif

Hari, tanggal:
Waktu:
Tempat:
Peserta:
4. Lomba kreasi nasi tumpeng

5. Lomba kreasi kue dan jajan pasar

6. Lomba catur bapak, ibu, dan anak-anak

7. Lomba fotografi lingkungan se-RW

8. Turnamen kelereng anak-anak dan dewasa

9. Turnamen gobak sodor anak-anak dan dewasa

10. Turnamen Bingo

Susunan Panitia

Penasihat:
Penanggung Jawab:
Ketua Panitia:
Wakil Ketua Bidang X:
Wakil Ketua Bidang X:
Sekretaris 1:
Sekretaris 2:
Bendahara 1:
Bendahara 2:
Seksi acara:
Seksi konsumsi:
Seksi humas:
Seksi usaha:
Seksi penghargaan:
Seksi lapangan:
Seksi dekorasi:
Seksi keamanan:

Anggaran Biaya

[barang perlengkapan acara][jumlah][nama kegiatan][harga satuan][harga total]
[beban transportasi][jumlah][nama kegiatan][harga satuan][harga total]
[perlengkapan penghargaan][jumlah][nama kegiatan][harga satuan][harga total]
[hadiah][beban transportasi][jumlah][nama kegiatan][harga satuan][harga total]

Penutup

Demikian proposal ini kami buat. Dukungan dan partisipasi Bapak dan Ibu sangat diharapkan untuk menyukseskan peringatan kemerdekaan RI bagi anak-anak dan warga [nama RW].

[tanggal]
[Ketua Panitia] [Sekretaris]
Peringatan HUT ke-78 RI
[nama RW]

[Tanda tangan][Tanda tangan]

[nama lengkap][nama lengkap]

Mengetahui,
Kepala [nama RW]

[Tanda tangan]
[nama lengkap]

Proposal kegiatan 17 Agustus di lingkup RT dan pemuda dapat menggunakan bentuk proposal formal. Berikut contohnya.

Sampul

Proposal Kegiatan

Peringatan 17 Agustus ke-78

Disusun oleh:
Pengurus RT [nama RT]
1. [nama]
2. [nama]

[RT../RW..]
[Kelurahan]
[Kecamatan]

Lembar Pengesahan

Ketua Pelaksana, Sekretaris

[tanda tangan][tanda tangan]
[Nama Ketua][Nama Sekretaris]

Menyetujui
Ketua RT…

[Tanda tangan]
[Nama Ketua RT]

Daftar Isi

Latar Belakang

Isi

Tema kegiatan

Macam Kegiatan

Peserta

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Susunan Kepanitiaan

Estimasi Biaya

Pengeluaran

Sumber Dana

Penutup

Latar Belakang

17 Agustus 1945 merupakan titik bangsa Indonesia memperoleh kemerdekaan dengan negara berdaulat. Kemerdekaan yang kita nikmati hari ini tidak lepas dari proklamasi kemerdekaan RI dan perjuangan rakyat hingga dapat menuju detik-detik proklamasi tersebut

Peringatan kemerdekaan RI di lingkungan RT mendukung anak-anak hingga dewasa mengingat kembali perjuangan para pahlawan dan menerapkan rasa syukur atas kemerdekaan dengan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Perayaan kemerdekaan RI di lingkungan RT juga diharapkan mempererat kebersamaan dan kerukunan warga, kerja sama, sportivitas dalam kompetisi di kalangan muda dan dewasa, serta memperkenalkan sejarah kemerdekaan pada anak-anak dan pemuda dengan cara yang menyenangkan.

Isi

Tema Kegiatan

Perayaan HUT ke-78 RI: Maju dan Merdeka

Macam Kegiatan

1. Pemutaran movie kemerdekaan

Hari, tanggal:

Waktu pelaksanaan:

Tempat pelaksanaan:

Peserta:

2. Lomba baca puisi kemerdekaan

3. Lomba menggambar tema kemerdekaan

4. Lomba mewarnai tema kemerdekaan

5. Lomba mural gang RT

6. Lomba catur putra-putri tingkat anak, pemuda, dan orang tua

7. Lomba karaoke lagu perjuangan, nasional, dan daerah

8. Lomba masak

9. Lomba reels & tiktok lingkungan

10. Lomba foto tanaman, meals, dan suasana kemerdekaan di lingkungan

Susunan Kepanitiaan

Pelindung:

Penasihat:

Penanggung jawab:

Ketua Pelaksana:

Sekretaris:

Bendahara:

Seksi acara:
– Penjurian:
– Hadiah:
– Pelaksanaan lomba:

Seksi umum:

Seksi dokumentasi:

Seksi dokumentasi:

Petugas lapangan:

Estimasi Biaya

Pengeluaran

Pembuatan proposal:[jumlah][harga satuan][harga total]
Fotokopi:
Cat mural:
Krayon:
Catur:
Sewa mic dan sound system:
Hadiah:
Snack:
Cuci cetak foto:
Transportasi:
—————-+
Full[nominal]

Sumber Dana

Kegiatan ini memperoleh dana dari:

Bantuan kas RT: [nominal]
Arisan ibu-ibu:
Donasi tim futsal bapak-bapak:
Donatur RT:
Partisipasi warga minimal Rp 25.000:
———————-+
Full [nominal]

Penutup

Demikian proposal ini kami susun. Kami berharap dukungan dan partisipasi Bapak dan Ibu agar peringatan kemerdekaan RI ini bisa berjalan dengan lancar. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Nah, itulah contoh proposal 17 Agustus untuk peringatan HUT RI dan kemerdekaan Indonesia. Semoga bermanfaat!

Simak Video “Protes Cuma Dapat Rp 500 Ribu Per Tahun, Ketua RT-RW di Pati Demo
[Gambas:Video 20detik]

(twu/nwk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *