Kabar  

15 Contoh Proposal 17 Agustus HUT RI 2023 untuk Sekolah, RT hingga Desa – KARANG TARUNA – KARANG TARUNA

15 Contoh Proposal 17 Agustus HUT RI 2023 untuk Sekolah, RT hingga Desa – KARANG TARUNA – KARANG TARUNA

Makassar

Menjelang Peringatan HUT ke-78 RI, masyarakat sudah mulai disibukkan dengan berbagai kegiatan. Termasuk merancang proposal untuk penggalangan dana.

Proposal 17 Agustus adalah dokumen yang dibuat panitia penyelenggara berisi rencana kegiatan, tujuan dan termasuk rincian jumlah biaya yang dibutuhkan untuk kesuksesan acara tersebut. Karena itu, proposal haruslah dibuat dengan baik dan menarik agar pihak yang dituju bersedia menyalurkan bantuan dana.

Nah, bagi detikers yang bingung bagaimana membuat proposal 17 Agustus yang baik, berikut ini beberapa contoh proposal 17 Agustus HUT RI 2023 yang bisa jadi referensi. Mulai dari proposal untuk sekolah, karang taruna, RT-RW, hingga tingkat desa.

Yuk disimak!

Judul: GEBIAR HUT ke-78 Republik Indonesi di Sekolah

A. Latar Belakang Kegiatan

78 Tahun Indonesia merdeka, tepatnya ketika dihitung sejak 17 Agustus 1945 hingga 17 Agustus 2023. Perjalanan tahun demi tahun tersebut terasa sungguhlah panjang, dan tiada sangka Bumi Pertiwi semakin bertambah tua. Dulu, para pejuang Indonesia yang berasal dari beragam suku, ras, agama, adat istiadat hingga budaya saling bersatu untuk mengusir penjajah.

Perjuangan tersebut tidaklah dilakukan sehari-dua hari, melainkan bertahun-tahun, belasan tahun, bahkan ratusan tahun. Tidak terbayangkan oleh kita bila saja pejuang kemerdekaan tidak melepaskan ego dan gengsi mereka untuk bersatu, karena mungkin saja kita bakal terjajah hinggalah hari ini.

Tapi bersyukurlah kita kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas berkat rahmat-Nya negeri ini bisa terbebas dari penjajah. Generasi muda sudah bisa bersekolah, masyarakat berhak atas perlindungan, dan warga negara berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

Harapan dan impian tersebut sejatinya bukanlah sekadar omong kosong. Semua orang pasti ingin menggapai keutuhan negeri hingganya bisa hidup dengan aman, damai, serta sejahtera baik dari sudut pandang ekonomi, psychological, hingga pendidikan.

Hanya saja, semakin ke sini tantangan perjuangan negeri makin berat. Kita sempat merasakan betapa pedihnya hantaman pandemi Covid-19, hingga proses kehidupan, pendidikan, ekonomi, politik, hingga kesehatan terganggu. Belum sampai di situ saja, krisis moneter dengan tajuk inflasi pun masih terjadi hinggalah saat ini.

Maka darinya, tajuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat perlu kita genggam bersama untuk menggapai Indonesia yang lebih maju. Tidak hanya dimulai dari para pejabat atau pun orang tua, melainkan juga dari generasi muda seperti para pelajar dan mahasiswa.

Alhasil, penting rasanya bagi pihak sekolah dan instansi terkait untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 dengan melaksanakan kegiatan yang bermanfaat, dan mengajak kita semua untuk kembali memetik nilai-nilai dan makna kemerdekaan sebuah negara. Karena bila kita sadari bersama, anak-anak sebagai generasi penerus bangsa merupakan investasi bagi negara.

Menimbang latar belakang di atas, kami selaku panitia kegiatan bermaksud untuk menyelanggarakan kegiatan 17-san dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023.

B. Nama Kegiatan

Nama kegiatannya adalah “Gebyar Kemerdekaan RI Ke-78 dalam rangka menyambut HUT 78 Tahun Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023 di sekolah”.

Part kegiatannya terdiri atas:

  1. Lomba Baca Puisi Kemerdekaan
  2. Lomba makan kerupuk
  3. Lomba sepak bola pakai sarung
  4. Lomba balap kelereng
  5. Lomba Cerdas Cermat Kemerdekaan
  6. Pentas Drama Bertema Kemerdekaan
  7. Lomba memasukkan paku ke dalam botol
  8. Lomba Tusuk Balon
  9. Jalan Sehat
  10. Lomba Pembacaan UUD 1945

C. Tema Kegiatan

“Melalui HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Mari Kita Gaungkan Semangat Kesatuan dan Persatuan Pelajar Pancasila.”

D. Tujuan Kegiatan

Menggelar peringatan peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus tahun 2023 sejatinya merupakan wujud cinta kita terhadap tanah air, dengan tujuan lainnya sebagai berikut:

Meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air sebagai seorang pelajar dan generasi masa depan. Meningkatkan hubungan silaturahmi dan persaudaraan sebangsa dan setanah air antar sesama warga sekolah. Menguatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa

Mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan sekolah.
Untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang demi menggapai Kemerdekaan RI.

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan ini adalah:

Hari, Tanggal: …….., Agustus Tahun 2023
Waktu: (….) – selesai
Tempat: Lapangan dan Aula Sekolah

F. Pelaksana

Kegiatan Gebyar Kemerdekaan RI Tahun 2023 dilaksanakan oleh panitia OSIS SMA (….) yang bekerja sama dengan beberapa perwakilan dari ekstrakulikuler dan masing-masing ketua keas yang didampingi oleh beberapa orang guru pembina.

G. Peserta

Segenap siswa dan dewan guru.

H. Sumber Dana

Dana BOS
Sponsor/Donatur

I. Susunan Panitia

– Terlampir I

J. Rincian Dana

– Terlampir II

Okay. Penutup

Pelaksanaan kegiatan Gebyar Kemerdekaan RI dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Indonesia ke-78 Tahun 17 Agustus 2023 diharapkan mendapat bantuan dan dukungan dari semua pihak, baik secara materi maupun non-materi.

Besar harapan kami untuk dapat menjadikan rangkaian acara Gebyar Kemerdekaan sebagai penguat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air, utamanya untuk kebermanfaatan siswa di sekolah.

Demikianlah proposal Gebyar Kemerdekaan 2023 kami sampaikan. Atas kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

……………..,…….. Agustus 2023

Panitia Pelaksana

Contoh 2: Proposal 17 Agustus HUT ke-78 RI di SMK

Judul: Perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia 17 Agustus 2023, “Terus Maju Untuk Indonesia Maju.”

A. Latar Belakang

Merayakan kedatangan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 pada tanggal 17 Agustus 2023, sebagai bagian tak terpisahkan dari bangsa ini, adalah kewajiban kami untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa pahlawan yang gigih memperjuangkan kemerdekaan kita. Hari kemerdekaan adalah tonggak bersejarah yang patut dijaga dan diwariskan. Sebagai generasi penerus bangsa, tanggung jawab kami bukan hanya mempertahankan kemerdekaan, tetapi juga mengisi momen ini dengan tindakan positif yang menumbuhkan kecintaan dan semangat nasionalisme.

Oleh karena itu, kami mengajak seluruh siswa/i SMK… untuk merayakan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dengan perayaan yang penuh makna, mengingatkan kita akan semangat patriotisme para pembela bangsa. Sebagai panitia, kami berkomitmen untuk menyelenggarakan acara peringatan yang berkesan dan unik bagi semua siswa/i. Berbagai kegiatan menarik telah kami siapkan untuk merayakan kemerdekaan ini secara meriah dan bermakna. Semangat juang para pahlawan akan kami wujudkan melalui acara yang menginspirasi dan menghidupkan semangat persatuan dan kesatuan.

Ayo, mari kita bergandengan tangan dalam peringatan Hari Kemerdekaan kali ini. Bersama-sama, mari kita tunjukkan rasa cinta tanah air dan bangkitkan semangat nasionalisme yang ada dalam diri kita. Bersiaplah, siswa/i SMA…, untuk mengisi momen bersejarah ini dengan antusiasme dan kebanggaan sebagai anak bangsa yang mencintai Tanah Air Indonesia. Dengan semangat kebersamaan, kami panitia, siap membawakan acara peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia yang tak terlupakan bagi kita semua. Jadikan momen ini sebagai ajang untuk mengeksplorasi dan mengukir prestasi demi masa depan Indonesia yang lebih gemilang. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya. Merdeka!

B. Nama dan Tema Kegiatan

Kegiatan ini adalah Perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia 17 Agustus 2023 dengan tema “Terus Maju Untuk Indonesia Maju.”

C. Dasar Pelaksanaan Kegiatan

  • UUD 1945
  • Pancasila
  • AD/ART OSIS SMK ….
  • Program Kerja OSIS SMK …..

D. Maksud dan Tujuan

Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini, yaitu :

  1. Menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan, dan kekeluargaan bagi siswa/i SMK ……
  2. Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela berkorban demi Tanah Air Indonesia Raya.
  3. Meningkatkan kesadaran akan besarnya jasa pejuang kemerdekaan dan nasional dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia.
  4. Meningkatkan jiwa sportifitas dalam meraih prestasi.
  5. Untuk mendorong rasa bangga dan cinta tanah air.

E. Peserta

Peserta perayaan HUT ke-78 Tahun RI adalah siswa-siswi kelas X sampai XII, serta guru-guru dan karyawan SMK ….

F. Waktu dan Tempat

Kegiatan “Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun, 17 Agustus 2023” ini akan diselenggarakan pada :

Hari, Tanggal :
Waktu :
Tempat :

G. Susunan Kepanitiaan

  • Ketua :
  • Sekretaris :
  • Bendahara :
  • Seksi Acara :
  • Seksi Dokumentasi :
  • Seksi Upacara :
  • Seksi Peralatan :
  • Seksi Lomba :
  • P3K :

H. Susunan Acara

17 Agustus 2023

Lomba ….. : Pukul….
Upacara Bendera….. : Pukul….

I. Estimasi Biaya

Konsumsi:
Hadiah:
Bendera:….
…..:……
Complete Kebutuhan dana Rp….

J. Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami buat, semoga dapat menjadi gambaran atas rencana kegiatan Perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia 17 Agustus 2023. Kegiatan ini tidak akan terwujud tanpa bimbingan dan dukungan dari Bapak/Ibu sekalian. Kami selaku panitia, memohon dukungan baik ethical, maupun materi demi kelancaran acara ini. Semoga apa yang kita usahakan ini menjadi amal sholih yang diiringi keikhlasan, sehingga berbuah pahala dari sisi Allah SWT. Terima kasih.

……, …………2023

Ketua Panitia Sekretaris

(Tanda tangan) (Tanda tangan)

(Nama) (Nama)

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK…… Pembina OSIS SMK…..

(Tanda tangan) (Tanda tangan)

(Nama) (Nama)

Judul: Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia SMP 1 Makassar

A. Latar Belakang

Menyambut HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023, sudah menjadi kewajiban kita sebagai bangsa Indonesia untuk terus mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

17 Agustus 1945 adalah tonggak sejarah perjuangan bangsa yang harus kita peringati sebagai rasa syukur dan pengingat bahwa kita bisa menikmati masa ini karena jasa para pendahulu.

Kita sebagai generasi penerus bangsa harus mengisi kemerdekaan dengan melakukan kegiatan positif dan dapat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air serta semangat nasionalisme.

Salah satu caranya adalah dengan mengadakan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia bagi siswa-siswi SMP 1 Makassar

B. Nama Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah “Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia” dengan tema “Menjadi Pemuda Indonesia Visioner”.

C. Dasar Kegiatan

  • Pancasila
  • UUD 1945
  • AD/ART OSIS SMP 1 Makassar

D. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk

  1. Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bagi siswa dan siswi serta guru/karyawan SMP 1 Makassar
  2. Mengingat jasa para pahlawan,
  3. Meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai Pancasila,
  4. Meningkatkan semangat sportivitas dalam meraih prestasi, dan
  5. Menumbuhkan nasionalisme dan rasa cinta tanah air.

E. Bentuk Kegiatan

Bentuk dari kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Lomba untuk siswa-siswi
  • Lomba untuk guru/karyawan
  • Pentas musik

F. Peserta Kegiatan

Peserta perayaan HUT ke-78 RI adalah sebagai berikut:

Lomba diikuti perwakilan kelas VII-IX serta guru-guru dan karyawan SMP 1 Makassar
Pentas musik diikuti 10 band dari SMP 1 Makassar.

G. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan peringatan HUT ke-78 ini diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal:
Waktu:
Tempat: Lapangan rumput dan lapangan basket SMP 1 Makassar

H. Susunan Panitia

  • Ketua:
  • Sekretaris:
  • Bendahara:
  • Seksi Acara:
  • Seksi Dokumentasi:
  • Seksi Upacara:
  • Seksi Peralatan:
  • Seksi Lomba:
  • P3K:

I. Susunan Acara

Pukul 08.00-12.00: Pentas musik
Pukul 08.00-09.30: Lomba untuk guru/karyawan (lomba tarik tambang dan lomba makan kerupuk)
Pukul 09.30-12.00: Lomba untuk siswa/siswi (lomba puisi, balap bakiak, tarik tambang, lomba pidato kemerdekaan, lomba makan kerupuk)

J. Estimasi Biaya

Sewa panggung dan sound system Rp …..
Karung 10 buah Rp …..
Bakiak 6 pasang Rp …..
Kerupuk 1 kaleng Rp …..
Tali Tambang 2 buah Rp …..
Konsumsi Rp …..
Hadiah Rp …..
Complete kebutuhan dana Rp …..

Kami menyediakan beberapa ruang untuk promosi dari bisnis perusahaan Anda.

Perusahaan Anda kami anggap tepat jika bekerja sama dengan kami karena produk-produk yang Anda hasilkan banyak digunakan siswa sekolah.

Adapun ruang promosi yang diberikan sebagai berikut:

Pemasangan mannequin perusahaan pada:
X-banner, baliho, postingan media sosial
Title tag panitia dan peserta
Penyebutan nama perusahaan sebanyak 10 kali melalui panggung musik
Bentuk promosi lainnya dapat dirundingkan selanjutnya

Okay. Prosedur Kerja Sama

Setiap pihak sponsor yang berminat, berkewajiban menandatangani lembar kerja sama

Materi Iklan dan Alat Promosi

Seluruh materi promosi didesain dan diproduksi oleh panitia
Pengaturan dan penempatan materi iklan merupakan wewenang pihak panitia.
Pihak sponsor harus menyerahkan materi iklan selambat-lambatnya 20 hari sebelum kegiatan.
Pembayaran

Pembayaran dapat dilakukan kepada pihak panitia yang telah diberikan mandat.
Pembayaran dapat dilakukan dalam satu tahap, selambat-lambatnya 15 hari sebelum acara.
Ketentuan Khusus

Jika terjadi perubahan atau tambahan dalam kerjasama ini, akan dibicarakan lebih
lanjut sepanjang tidak ada pihak yang dirugikan.

L. Penutup

Demikian proposal ini kami buat sebagai gambaran atas rencana kegiatan “Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia” dengan tema “Menjadi Pemuda Indonesia Visioner”. Kami harapkan kerjasama dapat terjalin dengan baik sehingga acara dapat terselenggara dengan lancar.

…, … … 2023

Ketua Panitia Sekretaris

Mengetahui,

Kepala SMP 1 Makassar Pembina OSIS

Contoh 4: Contoh Proposal 17 Agustus 2023 dengan Surat

Kepada, Kepala Sekolah (Nama Sekolah) Alamat Sekolah Kota, Kode Pos

Perihal: Proposal Kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78

Dengan hormat,

Kami, panitia peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, mengajukan proposal ini untuk mengadakan kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 di lingkungan (Nama Sekolah).

1. Latar Belakang

17 Agustus adalah hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Pada tanggal ini, kita merayakan kemerdekaan Indonesia yang telah diraih dengan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Sebagai warga sekolah yang mencintai tanah air, kami merasa perlu untuk merayakan dan memperingati momen bersejarah ini dengan cara yang bermakna dan mendidik.

2. Tujuan Kegiatan

Tujuan dari kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di (Nama Sekolah) adalah:

  1. Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme pada seluruh siswa dan tenaga pendidik.
  2. Mengenalkan sejarah perjuangan bangsa kepada generasi muda untuk memahami pentingnya kemerdekaan.
  3. Mengadakan acara yang menghibur dan bermakna untuk seluruh anggota komunitas sekolah.

3. Rangkaian Kegiatan

Rencana Kegiatan Kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia akan diadakan pada tanggal 17 Agustus 2023 dengan rangkaian acara sebagai berikut:

1. Upacara Bendera Waktu: Pukul 07.00 – 08.00 Wita

Deskripsi: Upacara bendera diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan sekolah. Upacara akan diadakan dengan khidmat dan dilakukan sesuai dengan protokol upacara bendera.

2. Pawai Kemerdekaan Waktu: Pukul 08.30 – 09.30 Wita

Deskripsi: Pawai kemerdekaan akan melibatkan siswa dari berbagai tingkatan untuk berpartisipasi dengan kostum beragam yang menampilkan semangat patriotisme dan keberagaman budaya Indonesia. Rute pawai akan melintasi lingkungan sekitar sekolah.

3. Pentas Seni Budaya Indonesia Waktu: Pukul 10.00 – 12.00 Wita

Deskripsi: Siswa-siswi akan menampilkan berbagai pertunjukan seni seperti tarian, musik tradisional, dan drama yang mengangkat nilai-nilai budaya Indonesia dan sejarah perjuangan bangsa.

4. Lomba Tradisional dan Video video video games Nasional Waktu: Pukul 13.30 – 15.30 Wita

Deskripsi: Diadakan berbagai perlombaan tradisional seperti balap karung, lomba makan kerupuk, dan lomba tarik tambang. Selain itu, juga akan diadakan video video video games nasional yang menghibur dan mendidik.

5. Pemutaran Movie Dokumenter Sejarah Waktu: Pukul 16.00 – 17.30 Wita

Deskripsi: Pemutaran movie dokumenter tentang peristiwa bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia yang diikuti oleh siswa dan guru untuk meningkatkan pemahaman sejarah bangsa.

6. Pembagian Hadiah dan Penutupan Waktu: Pukul 17.30 – 18.00 Wita

Deskripsi: Penutupan acara akan dilakukan dengan pembagian hadiah kepada pemenang lomba dan pengumuman hasil lomba. Acara ditutup dengan doa bersama dan mengheningkan cipta.

Pendanaan Untuk mendukung kegiatan peringatan ini, kami berencana mengumpulkan dana dari sponsor inside sekolah, pihak sponsor eksternal, dan partisipasi sukarela dari orang tua siswa.

Kesimpulan Dengan mengadakan kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di sekolah, kami berharap dapat menginspirasi seluruh anggota komunitas sekolah untuk tetap menghargai dan mengenang jasa para pahlawan serta membangun cinta tanah air yang lebih kokoh. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi semangat belajar dan semangat patriotisme para siswa.

Demikian proposal ini kami ajukan. Atas perhatian dan dukungan Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ketua Panitia Sekretaris Panitia

(Tanda Tangan) (Tanda Tangan)

Judul: HUT ke-78 RI, Semangat 45 untuk Mencerdaskan Bangsa

A. Latar Belakang

Indonesia sebentar lagi akan menyambut Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2023. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk memperingati momen kemerdekaan bangsa adalah menyelenggarakan beragam lomba.

Dalam rangka memperingati dan meramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia, Osis SMA Bina Bangsa bermaksud mengadakan kegiatan HUT ke-78 RI di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini bermaksud untuk mengingat kembali sejarah bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan, sekaligus mempererat hubungan antar siswa-siswi SMA Bina Bangsa.

B. Tema dan Jenis Kegiatan

Kegiatan HUT ke-78 RI ini mengusung tema “Semangat 45 untuk Mencerdaskan Bangsa.”

Jenis kegiatan yang dilaksanakan antara lain upacara dan lomba-lomba, seperti balap karung, balap bakiak, makan kerupuk, tarik tambang, baca puisi dan vogue present.

C. Dasar Pelaksanaan Kegiatan

  • UUD 1945
  • Pancasila
  • AD/ART OSIS SMA Bina Bangsa
  • Program Kerja OSIS SMA Bina Bangsa

D. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini yaitu:

Mengajak seluruh warga sekolah Bina Bangsa untuk kembali mengenang jasa para pahlawan Tanah Air. Mempererat hubungan antarwarga sekolah.

Meningkatkan semangat juang warga sekolah melalui kerja sama dalam kegiatan lomba. Mendorong sportivitas dalam meraih prestasi dan mendorong rasa bangsa dan cinta Tanah Air.

E. Peserta

Peserta perayaan HUT RI ke-78 adalah siswa-siswi kelas X sampai XII dan seluruh guru serta karyawan SMA Bina Bangsa

F. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan “HUT ke-78 RI, semangat 45 untuk mencerdaskan bangsa” ini akan diselenggarakan pada

Hari/Tanggal: Kamis, 17 Agustus 2023
Waktu: 09.00 WIB sampai selesai
Tempat: Lingkungan SMA Bina Bangsa

G. Susunan Kepanitiaan

Pada bagian susunan kepanitiaan ini, tuliskan peran serta nama-nama orang yang termasuk dalam struktur.

Pembagian kepanitiaan bertujuan untuk memastikan setiap orang melaksanakan peran serta tugasnya dan tidak bentrok dengan yang lain.

  • Penanggung jawab
  • Ketua panitia
  • Sekretaris
  • Bendahara
  • Seksi Acara
  • Seksi Dokumentasi
  • Seksi Upacara
  • Seksi Peralatan
  • Seksi Lomba
  • P3K

H. Susunan Acara

Pukul 07.00-08.00: Upacara peringatan HUT ke-78 RI (Petugas upacara dari pengurus OSIS)

Pukul 09.00-12.00: Perlombaan

  1. Balap karung
  2. Balap bakiak
  3. Lomba makan kerupuk
  4. Tarik tambang
  5. Baca puisi kemerdekaan
  6. Improvement present bertema pahlawan

I. Estimasi Biaya

  • 10 merchandise karung goni ukuran 60cm x 100cm
  • 6 pasang bakiak kapasitas 3 orang
  • 1 kaleng kerupuk putih isi 30
  • 10 pcs kertas kado
  • 2 pcs tali tambang besar
  • 1 buah bendera merah putih
  • Konsumsi dewan juri dan panitia 20 orang
  • Perlengkapan hadiah peserta lomba
  • Dana dekorasi lainnya

Complete kebutuhan dana Rp …..

J. Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami buat, semoga dapat menjadi gambaran atas rencana kegiatan HUT ke-78 RI tanggal 17 Agustus 2023.

Kegiatan ini tidak akan terwujud tanpa bimbingan dan dukungan dari Bapak/Ibu sekalian. Kami selaku panitia, memohon dukungan baik ethical, maupun materi demi kelancaran acara ini.

Semoga apa yang kita usahakan menjadi amal kebaikan dan ladang pahala dari sisi Allah SWT. Terima kasih.

……, …………2023

Ketua Panitia Sekretaris

(Tanda tangan) (Tanda tangan)

Contoh 6: Contoh Proposal 17 Agustus HUT RI Tingkat SD

Judul: Perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia 17 Agustus 2023 SD Negeri 05 Pagi

A. Latar Belakang

Menyambut datangnya Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023, sebagai bagian dari bangsa Indonesia, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk mengenang jasa-jasa yang sudah dilakukan para pahlawan kita saat memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia di masa lampau.

Hari kemerdekaan merupakan salah satu tonggak sejarah perjuangan bangsa yang harus kita pelihara dan pertahankan.

Selain mempertahankan kemerdekaan, kita sebagai generasi penerus dari bangsa ini, harus mengisi momen kemerdekaan tersebut dengan melakukan berbagai hal yang positif dan dapat menumbuhkan kecintaan, semangat nasionalisme dan bangga akan tanah air ini.

Dengan demikian, para siswa/i wajib untuk mengisi momen Hari Kemerdekaan ini dengan melakukan berbagai kegiatan yang mengingatkan kita pada semangat patriot pembela bangsa di masa itu.

Maka dari itu, kami selaku panitia perayaan ulang tahun RI ke-78 tahun ini, berencana untuk mengadakan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia bagi siswa/i SD Negeri 05 Pagi.

B. Nama dan Tema Kegiatan

Kegiatan ini merupakan Perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia 17 Agustus 2023 dan memiliki tema “Menuju Indonesia yang Berdikari dan Unggul”.

C. Dasar Pelaksanaan Kegiatan

  • Undang-Undang Dasar 1945
  • Pancasila

D. Maksud dan Tujuan

Adapun tujuan diselenggarakannya acara HUT RI ini, antara lain adalah:

  1. Menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan, dan kekeluargaan bagi warga di SD 05 Pagi mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan Tanah Air.
  2. Meningkatkan kesadaran akan besarnya jasa para pejuang kemerdekaan dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia kala itu.
  3. Meningkatkan jiwa sportivitas dalam diri siswa/i SD Negeri 05 Pagi meningkatkan rasa bangga dan cinta akan tanah air.

C. Peserta

Peserta dari perayaan HUT ke-78 RI adalah siswa-siswi kelas X sampai XII, serta guru-guru dan karyawan SD Negeri 05 Pagi

D. Waktu dan Tempat

Kegiatan “Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78, 17 Agustus 2023” ini akan diselenggarakan pada:

Hari dan Tanggal: …….., 17 Agustus 2023
Waktu: 08.00 WIB-sampai selesai.
Tempat: Di SD Negeri 05 Pagi

E. Susunan Kepanitiaan

  • Ketua:
  • Sekretaris:
  • Bendahara:
  • Seksi Acara:
  • Seksi Dokumentasi:
  • Seksi Upacara:
  • Seksi Peralatan:
  • Seksi Lomba:
  • Bagian Perlengkapan dan P3K:

F. Susunan Acara

Tanggal 17 Agustus 2023

Pukul 07.00-09.00: Upacara peringatan HUT ke-78 RI
Pukul 09.00-12.00: Perlombaan dimulai

Daftar Lomba:

  1. Balap Karung
  2. Balap Bakiak
  3. Baca Puisi
  4. Tarik Tambang
  5. Pidato Kemerdekaan
  6. Lomba Makan Kerupuk
  7. Memasukkan paku ke botol
  8. Tebak gambar

G. Estimasi Biaya Pelaksanaan Lomba

  • Karung 10 lembar: Rp …….
  • Bakiak 6 pasang: Rp …….
  • Kerupuk 1 kaleng: Rp …….
  • Kertas kado 5 lembar: Rp …….
  • Tali Tambang 2 buah: Rp. …….
  • Bendera merah putih 1 buah: Rp …….
  • Konsumsi dewan juri: Rp …….
  • Benang/Tali 1 buah: Rp …….
  • Bendera merah putih kecil 5 buah: Rp …….
  • Perlengkapan hadiah: Rp …….
  • Botol dan paku: Rp …….
  • Akuntabel: Rp …….

Complete Kebutuhan dana pelaksanaan HUT RI di SD Negeri 05 Pagi sebesar Rp …..

H. Penutup

Demikian proposal kegiatan HUT RI ini kami susun. Semoga dapat menjadi gambaran atas rencana kegiatan untuk Perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia 17 Agustus 0000.

Kegiatan ini tentu tidak akan terwujud tanpa adanya bimbingan serta dukungan dari Bapak/Ibu sekalian.

Kami selaku panitia, memohon dukungan dan semangatnya baik dari segi ethical, maupun provides demi kelancaran acara tersebut.

Semoga apa yang kita usahakan bersama-sama dapat menjadi amal saleh sebab diiringi dengan keikhlasan, keridaan, dan kelapangan hati sehingga berbuah pahala di sisi Allah SWT. Terima kasih.

……., Juli, 2023

Ketua Panitia Sekretaris

(Nama)

Mengetahui,

Kepala Sekolah SD Negeri 05 Pagi

(Nama)

Pembina Siswa

(Nama)

Contoh 7: Proposal 17 Agustus HUT RI Tingkat Desa

1. Pendahuluan

Tanggal 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan oleh setiap warga dan masyarakat dengan penuh suka cita.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan nyawa dalam memerdekakan Negara kita tercinta ini.

Oleh karenanya, Hari Kemerdekaan adalah tonggak sejarah yang harus tetap dikenang oleh setiap warga Negara Indonesia.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, kita selaku generasi muda ingin mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang tujuannya tidak lain adalah menghibur dan menumbuhkan semangat serta gotong-royong masyarakat.

Dengan demikian, kami selaku panitia yang terbentuk dari Organisasi Pemuda Indonesia ingin mengadakan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Lapangan Umum Kota Yogyakarta.

2. Tujuan

Ada beberapa tujuan dari terselenggaranya acara ini, yaitu:

Bentuk syukur kepada Allah SWT atas nikmat kemerdekaan yang telah diberikan.
Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama masyarakat.
Mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang dan mengorbankan nyawa untuk Kemerdekaan Indonesia.
Menumbuhkan semangat juang kepada para pemuda.
Menghibur masyarakat dengan kegiatan yang positif.
Mengingatkan generasi muda akan semangat juang para pahlawan bangsa.
Meningkatkan rasa cinta kepada Tanah Air Indonesia.

3. Tema

Terus Maju Untuk Indonesia Maju.

4. Peserta

Acara ini diperuntukkan ke semua warga Desa ….. RT/RW….

5. Jenis Kegiatan

Adapun jenis kegiatan yang akan diselenggarakan adalah sebagai berikut:

Lomba….
Lomba….

6. Waktu dan Tempat

Peringatan HUT RI akan diselenggarakan di Lapangan Umum Desa pada hari …. tanggal…. 2023.

7. Susunan Kepanitiaan

  • Pembina :
  • Penanggung jawab :
  • Ketua Panitia :
  • Wakil Ketua :
  • Sekretaris :
  • Bendahara :
  • Seksi Acara :
  • Seksi Konsumsi :
  • Seksi Peralatan :
  • Seksi Humas :
  • Seksi Dokumentasi:

8. Rencana Anggaran Biaya

  • Peralatan Lomba :
  • Konsumsi :
  • Panggung :
  • Banner :
  • Seragam :
  • TOTAL :

9. Penutup

Demikian proposal 17 Agustus ini kami buat, semoga dapat menjadi gambaran atas garis besar acara yang akan kami selenggarakan.

Semoga segala bentuk bantuan Bapak/Ibu dicatat sebagai amal dan bermanfaat bagi masyarakat setempat, khususnya kami selaku panitia.

………, Agustus 2023

Ketua Panitia, Sekretaris

(Tanda Tangan) (Tanda Tangan)

(Nama) (Nama)

Mengetahui,

Ketua RT Ketua Pemuda

(Tanda Tangan)
(Nama)

Contoh 8: Contoh Proposal HUT RI 17 Agustus 2023 RT/RW

A. Pendahuluan

Dalam rangka memeriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023, marilah kita sebagai bangsa Indonesia mengenang, menghormati, dan menghargai jasa-jasa pahlawan bangsa yang telah gugur dan mendahului kita, dalam mempertahankan Kedaulatan Negara. Kemerdekaan adalah momen paling bersejarah dalam perjalanan sebuah bangsa. Namun, sebagai warga yang merdeka, tugas kita tak hanya sekadar mempertahankan, tetapi juga merenungkan pengorbanan para pejuang yang telah merebutnya.

Oleh karena itu, mari kita rayakan Hari Kemerdekaan ini dengan cara yang unik dan penuh makna. Kami, masyarakat Desa (…), bersemangat untuk berpartisipasi dalam perayaan ini dan dengan bangga menjadi panitia penyelenggara berbagai kegiatan berarti untuk memperingati HUT ke-78 RI di Desa kami. Kami berharap kegiatan ini akan menjadi sumber inspirasi bagi semua, mempererat persatuan, memperluas wawasan tentang kebangsaan, dan meningkatkan kepedulian terhadap keutuhan negara. Mari kita bersama-sama merayakan kemerdekaan dengan semangat yang berbeda, dan semoga upaya kami ini dapat diterima sebagai bentuk sumbangsih nyata kami bagi bangsa tercinta. Aamiin.

B. Tujuan Kegiatan

Adapun maksud diselenggarakannya kegiatan ini yaitu sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT serta bentuk keceriaan saat menyambut HUT ke-78 RI di Tahun 2023. Adapun yang menjadi tujuan diadakannya kegiatan 17 Agustusan ini, sebagai berikut:

1. Menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.
2. Mempererat tali persaudaraan serta silaturahmi pada sesama warga Desa (…).
3. Meningkatkan motivasi perjuangan demi meraih prestasi dan harapan.
4. Memupuk jiwa sportifitas serta melatih kekompakan pada tim waktu dalam perlombaan.
5. Mengalihkan aktivitas pemuda yang negatif diganti dengan kegiatan yang positif.

C. Tema Kegiatan

Indonesia Maju

D. Peserta

Adapun peserta yang akan berpartisipasi dalam perayaan HUT ke-78 RI di Desa (…) adalah seluruh lapisan masyarakat Desa …. RT/RW….

E. Panitia Pelaksana

  • Ketua:
  • Sekretaris:
  • Bendahara:
  • Seksi Acara:
  • Seksi Umum dan Dokumentasi:
  • Seksi Upacara:
  • Seksi Peralatan:
  • Seksi Lomba:
  • P3K:

F. Waktu dan Tempat

Peringatan HUT ke-78 RI ini akan berlangsung mulai tanggal ….. dan berakhir tanggal ….. 2023 hingga selesai, berlokasi di (…)

G. Uraian Kegiatan

Lomba :
Lomba ….

Upacara Bendera…

Jadwal :
Waktu:
Tempat.

Hadiah :
Anak-anak:
Dewasa:

H. Anggaran Dana

  • Pengeluaran :
  • Tali tambang:
  • Kerupuk:
  • Karung:
  • Bola Futsal:
  • Tali pengikat:
  • Cat:
  • Bendera Merah Putih:
  • Perlengkapan Hadiah:
  • Complete :

Sumber Dana :
Insert khusus dewasa :

I. Penutup

Demikianlah, susunan keseluruhan rencana yang akan kami adakan seiring pengajuan proposal ini, semoga bisa menjadi gambaran atas apa yang akan kami selenggarakan. Kami sangat berharap dukungan dan partisipasi dari Bapak/Ibu. Kami selaku panitia mohon maaf bila sekiranya ada kata-kata yang menyinggung atau tidak mengenakkan dalam proposal kegiatan 17 Agustus ini. Semoga proposal yang Bapak/Ibu terima dari kami ini sekalian mempererat silaturahmi dan kekeluargaan kita bersama. Semoga segala kegiatan yang dilaksanakan menjadi amal baik dan positif untuk kedepannya.

Contoh 9: Contoh Proposal HUT RI 17 Agustus 2023 RT/RW

1. Pendahuluan

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan momentum bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia. Di Desa Nama Desa, peringatan Hari Kemerdekaan adalah saat yang tepat untuk memupuk rasa nasionalisme, persatuan, dan cinta tanah air. Melalui proposal ini, kami bermaksud untuk menyusun rangkaian acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 yang berlangsung dengan meriah dan bermakna bagi seluruh masyarakat di desa ini.

Tujuan dari peringatan Hari Kemerdekaan di Desa Nama Desa adalah sebagai berikut:

Memperkuat rasa persatuan dan kesatuan warga desa dalam semangat kebangsaan.
Meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti penting dan perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.
Mempererat tali silaturahmi dan kerjasama dalam upaya bersama membangun desa yang lebih baik.
Mengenalkan potensi budaya, seni, dan pariwisata di desa kepada masyarakat luas.

2. Rangkaian Acara

Agar tujuan tersebut tercapai, kami mengusulkan rangkaian acara sebagai berikut:

A. Upacara Bendera

Pelaksanaan upacara bendera di lapangan Nama Lapangan pada pukul 07.00 WIB.
Pembacaan teks proklamasi dan pidato peringatan oleh kepala desa.

B. Perlombaan Tradisional

Perlombaan lari karung, balap kelereng, tarik tambang, dan lomba makan kerupuk.
Penyelenggaraan perlombaan di halaman Nama Tempat.

C. Pawai Budaya

Pawai yang melibatkan masyarakat desa berpakaian adat dan mengenalkan budaya lokal. Rute pawai melalui jalan-jalan utama desa.

D. Lomba Seni dan Kreativitas

Lomba menyanyi, menari, dan seni lukis dengan tema kemerdekaan.

E. Pameran Produk Lokal

Pameran produk unggulan desa dan kerajinan tangan di Nama Tempat.
Masyarakat bisa membeli produk-produk tersebut dan mendukung ekonomi lokal.

F. Ceramah Kemerdekaan

Ceramah tentang makna kemerdekaan dan pentingnya menjaga keutuhan NKRI.
Pembicara diundang dari tokoh masyarakat, akademisi, atau tokoh agama.

G. Panggung Hiburan

Pagelaran musik, tari, dan drama oleh komunitas seni lokal.
Hiburan rakyat untuk masyarakat desa.

3. Anggaran

Untuk mendukung pelaksanaan rangkaian acara di atas, kami memperkirakan anggaran sebagai berikut:

  • Sewa lapangan dan tempat acara: Jumlah
  • Pembiayaan upacara bendera: Jumlah
  • Hadiah untuk perlombaan: Jumlah
  • Peralatan dan perlengkapan: Jumlah
  • Honorarium pembicara dan pengisi acara: Jumlah
  • Dekorasi dan penghiasan: Jumlah
  • Logistik dan keamanan: Jumlah
  • Lain-lain (opsional): Jumlah
  • Complete Anggaran: Jumlah Complete

4. Sumber Pendanaan

Untuk mendukung anggaran di atas, kami berencana menggunakan sumber dana dari:

Anggaran dana desa.
Sponsor atau donasi dari perusahaan lokal atau individu yang peduli pada peringatan kemerdekaan.
Partisipasi sukarelawan dan masyarakat.

5. Penutup

Dengan kesepakatan bersama, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Desa Nama Desa diharapkan akan berjalan sukses dan membangun semangat persatuan serta kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Semoga acara ini menjadi momen bersejarah bagi masyarakat desa kami dalam memperkokoh ikatan kebersamaan dan cinta tanah air.

Demikianlah proposal peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Desa Nama Desa. Mohon dukungan dan persetujuan dari seluruh pihak terkait agar acara ini dapat terlaksana dengan baik. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Contoh 10: Proposal Kegiatan 17 Agustus Karang Taruna

1. Latar Belakang

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah momentum bersejarah yang mengingatkan kita tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan. Peringatan HUT RI ke-78 ini menjadi kesempatan berharga untuk mengenang jasa-jasa pahlawan serta menguatkan tekad untuk memajukan Indonesia di berbagai bidang.

Dengan berdasarkan pemikiran tersebut, kami mengajukan proposal permohonan bantuan kepada donatur/sponsor. Besar harapan kepada donatur/sponsor dapat ikut berpartisipasi dalam memberikan sumbangan bantuan demi sukses dan lancarnya kegiatan ini.

2. Maksud dan Tujuan

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjalin kekompakkan antarmasyarakat RW …/RW … serta memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan Nasional menghadapi tantangan worldwide serangkaian HUT RI ke-78.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan memperingati HUT RI ke-78 adalah sebagai berikut:

  1. Mempererat tali persaudaraan sesama warga di lingkungan RT …/RW ….
  2. Memeriahkan HUT ke-78 RI.
  3. Memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba di antara anak-anak dan remaja.
  4. Meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi di antara anak-anak, remaja maupun orang tua.
  5. Memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan Nasional menghadapi tantangan worldwide.

3. Waktu dan Tempat

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: …
Pukul: 07.00 s/d selesai
Tempat: Balai Desa …

4. Ragam Kegiatan

Bentuk kegiatan dari acara ini terdiri dari beberapa rangkaian yaitu:

  • Jalan Santai bersama warga RT …/RW …
  • Pasar Murah
  • Pelayanan Kesehatan
  • Lomba Senam Germas
  • Lomba Makan Kerupuk
  • Lomba Memasukan Paku dalam Botol
  • Lomba Balap Karung
  • Lomba Tarik Tambang

3. Peserta Lomba

Peserta lomba dalam acara ini adalah para perwakilan dari berbagai desa di RT …/RW ….

4. Jadwal Kegiatan/Susunan Acara

Disesuaikan dalam lampiran.

5. Susunan Panitia

  • Penasehat:
  • Penanggung Jawab:
  • Ketua:
  • Sekretaris:
  • Bendahara:
  • Seksi Acara:
  • Seksi Perlombaan:
  • Seksi Kerohanian:
  • Seksi Kesehatan:
  • Seksi Kebersihan:

6. Estimasi Dana

  • Divisi Kesekretariatan: Rp …..
  • Divisi Peralatan: Rp …..
  • Divisi Publikasi: Rp …..
  • Divisi Acara: Rp …..
  • Divisi Konsumsi: Rp …..
  • Akumulasi Complete Biaya: Rp …..

7. Penutup

Demikian Proposal Mohon Bantuan ini diajukan, sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak Bapak/Ibu pimpinan perusahaan/Instansi/Organisasi/Donatur/Sponsor ikut berpartisipasi dan berkenan memberikan bantuan berupa dana atau sumbangan lainnya yang kami butuhkan dalam kegiatan ini demi terwujudnya rencana tersebut.

Dengan segala kendala dan kerendahan hati kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang turut membantu dan berpartisipasi memberikan bantuan dalam terlaksananya kegiatan ini.

Besar harapan kami, Bapak/Ibu pimpinan perusahaan /Instansi/Organisasi/Donatur/Sponsor dapat memberikan bantuan baik berupa dana maupun bantuan lainnya, segala harapan dan keinginan disertai dengan doa semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa mengetuk hati hamba-hamba-Nya, terutama yang telah diberi rezeki yang berlebih, untuk mengulurkan bantuannya bagi terlaksananya acara yang kami rencanakan ini.

…, … … 2023

Ketua Panitia Sekretaris Panitia

(Tanda Tangan Ketua) (Tanda Tangan Sekretaris)

Contoh 11: Proposal 17 Agustus 2023 Tingkat Kecamatan

A. Pendahuluan

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan momentum penting yang harus dirayakan dengan semangat kebangsaan dan kebersamaan. Untuk memeriahkan perayaan kali ini, kami mengusulkan penyelenggaraan berbagai lomba guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menghargai dan memperingati perjuangan para pahlawan.

Lomba-lomba ini akan diadakan pada tanggal 17 Agustus dan bertujuan untuk mendorong rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, kami selaku panitia lomba dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Desa / Kelurahan….. Kecamatan …… berencana menggelar berbagai perlombaan mulai dari tingkat anak-anak, remaja hingga bapak-bapak dan ibu-ibu.

B. Tujuan

Ada beberapa tujuan dari terselenggaranya acara ini, yaitu:

1. Memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.
2. Meningkatkan semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air.
3. Menggali potensi kreativitas masyarakat dalam mengenang perjuangan pahlawan.
4. Membangun rasa persatuan dan kesatuan melalui kegiatan yang melibatkan banyak orang.

C. Tema

Terus Maju untuk Indonesia Maju

D. Peserta

Acara ini diperuntukkan ke semua warga Desa/Kelurahan ….. RT/RW….

E. Jenis Kegiatan

Adapun jenis kegiatan yang akan diselenggarakan adalah sebagai berikut:

Lomba ….

Lomba ….

F. Waktu dan Tempat

Peringatan HUT RI akan diselenggarakan di Lapangan Umum Desa pada hari …. tanggal…. 2023.

G. Susunan Kepanitiaan

  • Pembina :
  • Penanggung jawab :
  • Ketua Panitia :
  • Wakil Ketua :
  • Sekertaris :
  • Bendahara :
  • Seksi Acara :
  • Seksi Konsumsi :
  • Seksi Peralatan :
  • Seksi Humas :
  • Seksi Dokumentasi:

H. Rencana Anggaran Biaya

  • Peralatan Lomba :
  • Konsumsi :
  • Panggung :
  • Banner :
  • Seragam :

TOTAL :

I. Penutup

Demikian proposal 17 Agustus ini kami buat, semoga dapat menjadi gambaran atas garis besar acara yang akan kami selenggarakan. Semoga segala bentuk bantuan Bapak/Ibu dicatat sebagai amal dan bermanfaat bagi masyarakat setempat, khususnya kami selaku panitia.

………, ……………. 2023

Ketua Panitia Sekretaris

(Tanda Tangan) (Tanda Tangan)

Contoh 12: Proposal 17 Agustus 2023 Tingkat Desa

A. Pendahuluan

Dalam rangka memeriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023, marilah kita sebagai bangsa Indonesia mengenang, menghormati, dan menghargai jasa-jasa pahlawan bangsa yang telah gugur dan mendahului kita, dalam mempertahankan Kedaulatan Negara. Kemerdekaan adalah momen paling bersejarah dalam perjalanan sebuah bangsa. Namun, sebagai warga yang merdeka, tugas kita tak hanya sekadar mempertahankan, tetapi juga merenungkan pengorbanan para pejuang yang telah merebutnya.

Oleh karena itu, mari kita rayakan Hari Kemerdekaan ini dengan cara yang unik dan penuh makna. Kami, masyarakat Desa (…), bersemangat untuk berpartisipasi dalam perayaan ini dan dengan bangga menjadi panitia penyelenggara berbagai kegiatan berarti untuk memperingati HUT ke-78 RI di Desa kami. Kami berharap kegiatan ini akan menjadi sumber inspirasi bagi semua, mempererat persatuan, memperluas wawasan tentang kebangsaan, dan meningkatkan kepedulian terhadap keutuhan negara. Mari kita bersama-sama merayakan kemerdekaan dengan semangat yang berbeda, dan semoga upaya kami ini dapat diterima sebagai bentuk sumbangsih nyata kami bagi bangsa tercinta. Aamiin.

B. Tujuan Kegiatan

Adapun maksud diselenggarakannya kegiatan ini yaitu sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT serta bentuk keceriaan saat menyambut HUT ke-78 RI di Tahun 2023. Adapun yang menjadi tujuan diadakannya kegiatan 17 Agustusan ini, sebagai berikut:

1. Menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.
2. Mempererat tali persaudaraan serta silaturahmi pada sesama warga Desa (…).
3. Meningkatkan motivasi perjuangan demi meraih prestasi dan harapan.
4. Memupuk jiwa sportifitas serta melatih kekompakan pada tim waktu dalam perlombaan.
5. Mengalihkan aktivitas pemuda yang negatif diganti dengan kegiatan yang positif.

C. Tema Kegiatan

Indonesia Maju

D. Peserta

Adapun peserta yang akan berpartisipasi dalam perayaan HUT ke-78 RI di Desa (…) adalah seluruh lapisan masyarakat Desa …. RT/RW….

E. Panitia Pelaksana

  • Ketua:
  • Sekretaris:
  • Bendahara:
  • Seksi Acara:
  • Seksi Umum dan Dokumentasi:
  • Seksi Upacara:
  • Seksi Peralatan:
  • Seksi Lomba:
  • P3K:

F. Waktu dan Tempat

Peringatan HUT ke-78 RI ini akan berlangsung mulai tanggal ….. dan berakhir tanggal ….. 2023 hingga selesai, berlokasi di (…)

G. Uraian Kegiatan

Lomba :
Lomba ….

Upacara Bendera…

Jadwal :

Hari: …..
Waktu: …..

Hadiah :
Anak-anak:
Dewasa:

H. Anggaran Dana

Pengeluaran

Tali tambang:
Kerupuk:
Karung:
Bola Futsal:
Tali pengikat:
Cat:
Bendera Merah Putih:
Perlengkapan Hadiah:
Complete :

Sumber Dana

Insert khusus dewasa

I. Penutup

Demikianlah, susunan keseluruhan rencana yang akan kami adakan seiring pengajuan proposal ini, semoga bisa menjadi gambaran atas apa yang akan kami selenggarakan. Kami sangat berharap dukungan dan partisipasi dari Bapak/Ibu. Kami selaku panitia mohon maaf bila sekiranya ada kata-kata yang menyinggung atau tidak mengenakkan dalam proposal kegiatan 17 Agustus ini. Semoga proposal yang Bapak/Ibu terima dari kami ini sekalian mempererat silaturahmi dan kekeluargaan kita bersama. Semoga segala kegiatan yang dilaksanakan menjadi amal baik dan positif untuk ke depannya.

Contoh 13: Proposal HUT ke-78 RI 17 Agustus Umum

I. Pendahuluan

Sehubungan dengan mendekati peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, kami bermaksud untuk mengajukan proposal perayaan yang meriah dan bermakna sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas perjuangan para pahlawan dan pendahulu bangsa yang telah berjuang untuk meraih kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia.

II. Latar Belakang

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah momen bersejarah yang mengingatkan kita tentang perjuangan berdarah-darah untuk mencapai kemerdekaan dari penjajahan. Peringatan HUT ke-78 ini menjadi kesempatan yang berharga untuk mengenang jasa-jasa pahlawan serta meneruskan semangat kebersamaan dalam membangun negeri ini.

III. Tujuan

Tujuan dari perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 ini adalah:

Mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan.
Meningkatkan rasa kebanggaan dan cinta tanah air di kalangan masyarakat.
Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan kemajuan Indonesia. Menciptakan momentum kebersamaan dan persatuan antarwarga bangsa.

IV. Rencana Kegiatan

Berikut adalah rencana kegiatan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78:

a. Upacara Bendera

Pada tanggal 17 Agustus 2023, akan diadakan upacara bendera di seluruh tingkatan, mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga tingkat sekolah dan instansi pemerintahan. Upacara ini akan diikuti dengan khidmat dan penuh semangat, diiringi oleh pelepasan balon warna-warni sebagai simbol kebebasan.

b. Lomba dan Pertunjukan

Lomba Permainan Tradisional: Mengadakan berbagai lomba permainan tradisional Indonesia seperti balap karung, tarik tambang, dan lomba makan kerupuk, untuk memperkenalkan kembali kebudayaan lokal kepada generasi muda.
Pertunjukan Seni dan Budaya: Menggelar pertunjukan seni dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia seperti tarian, musik, drama, dan teater yang mencerminkan kekayaan budaya dan keberagaman bangsa.

c. Kegiatan Sosial dan Kemanusiaan

Mengadakan kegiatan sosial dan kemanusiaan seperti donor darah massal, bakti sosial, dan penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, sebagai wujud solidaritas dan empati sesama anak bangsa.

d. Pameran dan Expo

Pameran Produk Lokal: Menyelenggarakan pameran produk unggulan dari berbagai daerah di Indonesia untuk mempromosikan kearifan lokal dan mendukung perekonomian daerah.
Expo Pendidikan dan Teknologi: Mengadakan expo pendidikan dan teknologi guna mendorong minat belajar, inovasi, dan pengembangan teknologi di kalangan masyarakat.

V. Anggaran

Untuk menyelenggarakan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 ini, kami mengajukan anggaran yang mencakup biaya untuk acara, peralatan, dekorasi, dokumentasi, dan pemasaran sebesar sebutkan jumlah anggaran.

VI. Sumber Pendanaan

Anggaran Pemerintah: Bagian dari anggaran pemerintah akan dialokasikan untuk mendukung perayaan ini sebagai bagian dari upaya memperingati Hari Kemerdekaan.
Sponsor dan Mitra Kerjasama: Mencari dukungan dari sponsor dan mitra kerjasama untuk membantu pembiayaan acara dan memperluas jangkauan perayaan.

VII. Penutup

Dengan mengajukan proposal perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 ini, kami berharap dapat mewujudkan peringatan yang bermakna, memperkuat rasa cinta tanah air, dan menginspirasi generasi muda untuk terus berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan bangsa. Semoga proposal ini dapat mendapat dukungan dan persetujuan dari pihak terkait.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasinya.

Hidup Indonesia! Merdeka!

Nama Penanggung Jawab Jabatan Penanggung Jawab Kontak

Contoh 14: Proposal 17 Agustus HUT ke-78 RI Kegiatan Opponents Budaya

I. Pendahuluan

Kami dengan penuh semangat mengajukan proposal perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas perjuangan para pahlawan dan pendahulu bangsa yang telah berjuang untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Melalui perayaan ini, kami berharap dapat memupuk semangat nasionalisme dan kebersamaan dalam membangun bangsa yang lebih maju.

II. Latar Belakang

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah momentum bersejarah yang mengingatkan kita tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan. Peringatan HUT RI ke-78 ini menjadi kesempatan berharga untuk mengenang jasa-jasa pahlawan serta menguatkan tekad untuk memajukan Indonesia di berbagai bidang.

III. Tujuan

Tujuan dari perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 ini adalah:

* Meningkatkan rasa kebanggaan dan cinta tanah air di kalangan seluruh lapisan masyarakat.

* Menyatukan seluruh komponen bangsa dalam semangat kebersamaan dan persatuan.

* Memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia dan menghargai keragaman serta keragaman budaya di seluruh nusantara.

* Menginspirasi generasi muda untuk mengambil peran aktif dalam pembangunan dan kemajuan bangsa.

IV. Rencana Kegiatan

Berikut adalah rencana kegiatan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78:

a. Opponents Budaya

Mengadakan pageant budaya dari berbagai daerah di Indonesia, di mana setiap daerah akan menampilkan kekayaan seni, tradisi, tarian, dan kuliner khasnya. Opponents ini akan menjadi wadah untuk menghargai dan merayakan keragaman budaya Indonesia.

b. Lomba Kreativitas

Menggelar berbagai lomba kreativitas seperti lomba seni lukis, puisi, fotografi, dan karya inovatif lainnya yang mencerminkan semangat patriotisme dan cinta tanah air.

c. Konser Musik Kemerdekaan

Mengadakan konser musik dari berbagai kind dengan menghadirkan musisi dan band ternama untuk menyampaikan pesan persatuan dan semangat kebangsaan.

d. Pameran Kemerdekaan

Menyelenggarakan pameran yang memamerkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, benda-benda bersejarah, dan artefak penting lainnya sebagai upaya melestarikan sejarah bagi generasi muda.

e. Kompetisi Olahraga

Menggelar kompetisi olahraga untuk masyarakat umum dengan tujuan untuk mendorong gaya hidup sehat dan semangat kompetitif.

f. Acara Pembagian Sembako

Melakukan kegiatan sosial berupa pembagian sembako dan bantuan lainnya kepada masyarakat kurang mampu sebagai bentuk kepedulian sosial.

V. Anggaran

Untuk melaksanakan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, kami mengajukan anggaran sebesar sebutkan jumlah anggaran. Dana tersebut akan digunakan untuk pendanaan acara, pengadaan hadiah untuk lomba, dekorasi, dan dokumentasi.

VI. Sumber Pendanaan

Anggaran Pemerintah: Sebagian dana perayaan akan didanai dari anggaran pemerintah dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan.

Donasi dan Sponsor: Akan mencari dukungan dari donasi dan sponsor baik dari instansi swasta maupun perorangan yang memiliki kesadaran akan pentingnya peringatan Hari Kemerdekaan.

VII. Penutup

Dengan mengajukan proposal perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 ini, kami berharap dapat menyelenggarakan peringatan yang bermakna dan berkesan bagi seluruh lapisan masyarakat. Melalui perayaan ini, kami yakin semangat nasionalisme dan cinta tanah air akan semakin menggelora di hati setiap warga negara Indonesia.

Terima kasih atas perhatian dan dukungannya.

Hidup Indonesia! Merdeka!

Nama Penanggung Jawab
Jabatan Penanggung Jawab

Kontak

Catatan: Dalam contoh proposal di atas, angka sebutkan jumlah anggaran dan informasi kontak (Nama, Jabatan, dan Kontak) sebaiknya diisi dengan knowledge yang relevan sesuai dengan penyusun proposal sebenarnya.

Contoh 15: Proposal 17 Agustus Karang Taruna

A. Latar Belakang

HUT RI ke-78 merupakan sebuah momentum penting untuk meningkatkan rasa nasionalisme sekaligus mempererat tali persaudaraan. Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan dengan penuh sukacita dan semangat tinggi melalui berbagai kegiatan yang positif.

Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke-78, kami akan menyelenggarakan Pesta Rakyat Merdeka. Acara ini akan diisi dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan semangat dan kreativitas generasi muda sekaligus memperkuat solidaritas warga desa (nama desa).

Berdasarkan pemikiran tersebut, kami, Karang Taruna …, mengajukan proposal permohonan bantuan kepada bapak/ibu. Besar harapan kami kepada bapak/ibu untuk ikut berpartisipasi memberikan bantuan demi kelancaran kegiatan ini

B. Landasan Kegiatan

UUD 1945
Pancasila
Anggaran Dasar Karang Taruna
Anggaran Rumah Karang Taruna
Program Kerja Karang Taruna

C. Nama dan Tema Kegiatan

Kegiatan ini adalah “Pesta Rakyat Merdeka” dengan tema “Semangat Menyala, Indonesia Berjaya”.

D. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan diadakannya acara ini adalah

  1. Memeriahkan peringatan HUT RI ke-78
  2. Mempererat tali silaturahmi antar warga desa (nama desa)
  3. Meningkatkan semangat dalam meraih prestasi di antara anak-anak dan remaja desa (nama desa)
  4. Memupuk jiwa sportifitas dalam mengikuti lomba
  5. Mengasah kreativitas generasi muda.

E. Bentuk Kegiatan

Contoh bentuk kegiatan dalam acara ini antara lain

  • Pameran UMKM
  • Jalan santai warga desa (nama desa)
  • Pentas seni
  • Lomba tradisional

D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Hari/Tanggal: Sabtu-Minggu, 12-13 Agustus 2023
Waktu: 07.00 WIB-selesai
Tempat: Lapangan Desa (nama desa)

E. Jadwal Acara

1. Pameran UMKM

Tanggal: 12-13 Agustus 2023
Waktu: 07.00-21.00 WIB

2. Jalan Santai

Tanggal: 13 Agustus 2023
Waktu: 07.00-08.00 WIB

3. Pentas Seni

Tanggal: 13 Agustus 2023
Waktu: 09.00-15.00 WIB

4. Lomba Tradisional (Lomba makan kerupuk, memasukkan paku dalam botol, lomba bakiak, balap karung)

Tanggal: 12-13 Agustus 2023
Waktu: 15.30-17.00 WIB

5. Penutupan dan Penyerahan Hadiah

Tanggal: 13 Agustus 2023
Waktu: 19.00-21.00 WIB

F. Estimasi Biaya

a. Hari pertama (Sabtu, 12 Agustus 2023)

Konsumsi panitia: 30 x Rp ….. = Rp …..
Konsumsi tamu undangan: 10 x Rp ….. = Rp …..
Snack peserta lomba: 50 x ….. = Rp …..
Sewa tenda dan dekorasi: Rp …..
Peralatan (sound system, lighting, genset, dll): Rp …..

b Hari kedua (Minggu, 13 Agustus 2023)

Konsumsi panitia: 30 x Rp ….. = Rp …..
Konsumsi tamu undangan: 20 x Rp ….. = Rp …..
Snack peserta lomba: 50 x ….. = Rp …..
Sewa panggung dan perlengkapan: Rp …..
Hadiah dan piala: Rp …..
Pengeluaran tak terduga: Rp …..
Complete biaya: Rp …..

G. Kriteria Sponsorship

Kami menawarkan kerja sama dengan memberikan fasilitas promosi perusahaan Anda guna meningkatkan citra perusahaan kepada masyarakat luas melalui kegiatan Pesta Rakyat Merdeka. Adapun kriterianya adalah sebagai berikut:

a. Platinum

Pembiayaan: 80 persen
Fasilitas:

Undangan untuk 3 tamu orang perwakilan.
Emblem perusahaan dicetak paling besar di bagian atas spanduk, poster, dan flyer.
Stand promosi free of price
Ucapan terima kasih saat pembukaan, di tengah acara, break, dan penutupan.
Publicity di media sosial: 30 kali selama 1 bulan.

b. Gold

Pembiayaan: 60 persen
Fasilitas:

Undangan untuk 2 tamu orang perwakilan.
Emblem perusahaan dicetak besar di bagian atas spanduk, poster, dan flyer bersama dengan sponsor lainnya.
Stand promosi free of price.
Ucapan terima kasih saat pembukaan, di tengah acara, break, dan penutupan.
Publicity di media sosial: 20 kali selama 1 bulan

c. Silver

Pembiayaan: 40 persen
Fasilitas:

Undangan untuk 1 tamu orang perwakilan.

Emblem perusahaan dicetak di bagian bawah spanduk, poster, dan flyer dengan ukuran paling besar di antara sponsor lainnya.
Ucapan terima kasih saat pembukaan, di tengah acara, break, dan penutupan.
Publicity di media sosial: 10 kali selama 1 bulan

d. Bronze

Pembiayaan: 20 persen
Fasilitas:

Emblem perusahaan dicetak di bagian bawah spanduk, poster, dan flyer bersama sponsor lainnya.
Ucapan terima kasih saat pembukaan, di tengah acara, break, dan penutupan.
Publicity di media sosial: 5 kali selama 1 bulan

H. Penutup

Demikian proposal ini kami susun agar menjadi bahan pertimbangan dan memberikan gambaran jelas terkait pelaksanaan Pesta Rakyat Merdeka. Dukungan dari semua pihak sangat kami harapkan demi keberhasilan acara ini. Atas perhatian dan partisipasinya, kami ucapkan terima kasih.

(Kota), (tanggal) (Bulan) 2023

Ketua Panitia Sekretaris

(Tanda Tangan) (Tanda Tangan)
(Nama) (Nama)

Nah itulah 15 contoh proposal kegiatan 17 Agustus untuk sekolah, RT hingga desa. Semoga membantu ya, detikers!

Simak Video “Kenalan di Medsos, Pria di Morowali Bawa Lari-Setubuhi Gadis ABG
[Gambas:Video 20detik]

(edr/edr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *