Kabar  

10 Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus untuk Acara HUT RI 2023 – KARANG TARUNA – KARANG TARUNA – KARANG –

10 Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus untuk Acara HUT RI 2023 – KARANG TARUNA – KARANG TARUNA – KARANG –

Bandung

Bulan Agustus telah tiba. Biasanya, di tanggal 17 Agustus ada perayaan hari Kemerdekaan RI yang diselenggarakan di perumahan dan perkampungan. Panitia 17-an pun harus membuat proposal untuk kegiatan perlombaan atau lainnya.

Proposal ini digunakan untuk pengajuan dana kegiatan perlombaan HUT RI, kegiatan sosial, dan lain-lain. Hal itu dilakukan untuk membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat melalui lomba-lomba yang diadakan.

Pada 17 Agustus 2023 menjadi waktu usia kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun. 17 Agustus 2023 jatuh di hari Kamis, minggu ketiga di bulan Agustus. Kegiatan untuk merayakan hari kemerdekaan tidak lepas dari pembuatan proposal. Berikut contoh proposal 17 Agustus 2023 yang bisa dijadikan referensi:

1. Proposal Kegiatan Kemerdekaan se-Kecamatan

Proposal Kegiatan dalam Rangka Memeriahkan HUT RI Ke-78 Tahun 2023
Kecamatan Astanaanyar
Kota Bandung

Kata Pengantar

Puji Syukur kami panjatkan ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan anugerah-Nya sehingga kami dapat menyusun Proposal Kegiatan Permohonan Bantuan baik berupa dana maupun bantuan lainnya dalam rangka memperingati HUT RI Ke-78 di Kecamatan Astanaanyar.

Tujuan yang ingin kami capai dari kegiatan ini adalah untuk memperingati dan memeriahkan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023, mempererat tali persaudaraan sesama warga di wilayah Kecamatan Astanaanyar, meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi di antara anak-anak, remaja maupun orang tua, dan memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan Nasional menghadapi tantangan worldwide.

Semoga proposal ini dapat memberikan gambaran sekaligus sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak dalam memberikan bantuannya baik berupa dana maupun sumbangan lainnya demi terwujudnya rencana tersebut dan suksesnya acara sesuai dengan kegiatan yang direncanakan.

Bandung, 1 Agustus 2023

Ketua Panitia

Latar Belakang

Kami berkeinginan agar warga bisa berpartisipasi ikut memeriahkan hari kemerdekaan dengan meningkatkan semangat generasi muda dalam beraktivitas membangun Negara dan karakter bangsa yang terarah dan positif, sehingga menjadi penerus perjuangan bangsa serta generasi pembangun yang berjiwa berasaskan Pancasila.

Dengan menjaga tali silaturahmi dan mengisi kemerdekaan dengan perlombaan, gotong royong, hingga pengajian, maka diharapkan semangat nasionalisme dan kepedulian antar tetangga dapat terjaga dengan baik. Bukan hanya untuk menjaga kerukunan, tapi juga saling membantu antar makhluk sosial.

Namun dalam penyelenggaraan kegiatan tentulah harus ada dana yang dikeluarkan. Maka dengan ini kami mengajukan proposal permohonan bantuan kepada donatur/sponsor. Besar harapan kepada donatur/sponsor dapat ikut berpartisipasi dalam memberikan sumbangan bantuan demi sukses dan lancarnya kegiatan ini.

Nama Kegiatan

Kegiatan ini kami beri nama ‘Astanaanyar Merdeka Sesarengan’ yang akan dilaksanakan pada 17-19 Agustus 2023.

Tujuan Kegiatan

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjalin kekompakkan dan kerjasama antar lembaga di wilayah Kecamatan Astanaanyar serta memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan Nasional menghadapi tantangan worldwide.

Selain itu rangkaian kegiatan kami harap dapat mempererat tali persaudaraan sesama warga di wilayah Kecamatan Astanaanyar, memeriahkan HUT RI Ke-78, memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba di antara anak-anak dan remaja, meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi di antara anak-anak, remaja, maupun orang tua, serta memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan worldwide.

Waktu dan Tempat

Kegiatan ini dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal: Kamis, Jumat, Sabtu 17-19 Agustus 2023
Tempat: Taman Kampung Astanaanyar depan TK Mutiara

Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan dalam acara ini:

1. Jalan Santai bersama dengan warga Kecamatan Astanaanyar
2. Pasar Murah
3. Pelayanan Kesehatan dan Senam
4. Kuis Bahasa Sunda
5. Lomba Makan Kerupuk
6. Lomba Memasukan Paku ke dalam Botol
7. Lomba Balap Karung
8. Lomba Tarik Tambang
9. Lomba Ngonten di Instagram
10. Hiburan Musik
11. Stand Kuliner

Susunan Acara

(lampiran II)

Estimasi Biaya

(lampiran III)

(lampiran IV)

Penutup

Demikian Proposal Mohon Bantuan ini diajukan, sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak Bapak/Ibu pimpinan perusahaan/Instansi/Organisasi/Donatur/Sponsor ikut berpartisipasi dan berkenan memberikan bantuan berupa dana atau sumbangan lainnya yang kami butuhkan dalam kegiatan ini demi terwujudnya rencana tersebut.

Dengan segala kendala dan kerendahan hati kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang turut membantu dan berpartisipasi memberikan bantuan dalam terlaksananya kegiatan ini.

Besar harapan kami, Bapak/ Ibu pimpinan perusahaan /Instansi /Organisasi /Donatur/ Sponsor dapat memberikan bantuan baik berupa dana maupun bantuan lainnya, segala harapan dan keinginan disertai dengan doa semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa mengetuk hati hamba-hambaNya, terutama yang telah diberi rezeki yang berlebih, untuk mengulurkan bantuannya bagi terlaksananya acara yang kami rencanakan ini.

Bandung, 1 Agustus 2023

Ketua Panitia Sekretaris

2. Proposal Kegiatan se-RT/RW

Proposal Lomba Desa dalam Rangka Peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-78 Tahun

Pendahuluan

Tanggal 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan oleh setiap warga dan masyarakat dengan penuh suka cita.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan nyawa dalam memerdekakan Negara kita tercinta ini.

Oleh karenanya, Hari Kemerdekaan adalah tonggak sejarah yang harus tetap dikenang oleh setiap warga Negara Indonesia.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, kita selaku generasi muda ingin mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang tujuannya tidak lain adalah menghibur dan menumbuhkan semangat serta gotong-royong masyarakat.

Dengan demikian, kami selaku panitia yang terbentuk dari Organisasi Pemuda Indonesia ingin mengadakan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di GOR Saparua Bandung .

Tujuan

Ada beberapa tujuan dari terselenggaranya acara ini, yaitu:

– Bentuk syukur kepada Allah SWT atas nikmat kemerdekaan yang telah diberikan.
– Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama masyarakat.
– Mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang dan mengorbankan nyawa untuk Kemerdekaan Indonesia.
– Menumbuhkan semangat juang kepada para pemuda.
– Menghibur masyarakat dengan kegiatan yang positif.
– Mengingatkan generasi muda akan semangat juang para pahlawan bangsa.
– Meningkatkan rasa cinta kepada Tanah Air Indonesia.

Tema

Terus Maju Untuk Indonesia Maju.

Peserta

Acara ini diperuntukkan ke semua warga Desa ….. RT/RW….

Jenis Kegiatan

Adapun jenis kegiatan yang akan diselenggarakan adalah sebagai berikut:

Lomba….
Lomba….

Waktu dan Tempat

Peringatan HUT RI akan diselenggarakan di Lapangan Umum Desa pada hari …. tanggal…. 2023.

Susunan Kepanitiaan

Pembina :

Penanggung jawab :

Ketua Panitia :

Wakil Ketua :

Sekertaris :

Bendahara :

Seksi Acara :

Seksi Konsumsi :

Seksi Peralatan :

Seksi Humas :

Seksi Dokumentasi:

Rencana Anggaran Biaya

Peralatan Lomba :

Konsumsi :

Panggung :

Banner :

Seragam :

Full :

Penutup

Demikian proposal 17 Agustus ini kami buat, semoga dapat menjadi gambaran atas garis besar acara yang akan kami selenggarakan.

Semoga segala bentuk bantuan Bapak/Ibu dicatat sebagai amal dan bermanfaat bagi masyarakat setempat, khususnya kami selaku panitia.

………, …………….2023

Ketua Panitia,

(Tanda Tangan)

(Nama)

Mengetahui,

Ketua RT

(Tanda Tangan)

(Nama)

3. Proposal untuk Kegiatan Kemerdekaan di Sekolah

Proposal Kegiatan dalam Rangka Memeriahkan HUT RI Ke-78 Tahun 2023

Sekolah di Kota Bandung

Kata Pengantar

Puji Syukur kami panjatkan ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan anugerah-Nya sehingga kami dapat menyusun Proposal Kegiatan Permohonan Bantuan baik berupa dana maupun bantuan lainnya dalam rangka memperingati HUT RI Ke-78 di sekolah di Kota Bandung.

Tujuan yang ingin kami capai dari kegiatan ini adalah untuk memperingati dan memeriahkan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023, mempererat tali persaudaraan sesama warga di wilayah sekolah di Kota Bandung, meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi di antara anak-anak, remaja maupun orang tua, dan memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan Nasional menghadapi tantangan worldwide.

Semoga proposal ini dapat memberikan gambaran sekaligus sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak dalam memberikan bantuannya baik berupa dana maupun sumbangan lainnya demi terwujudnya rencana tersebut dan suksesnya acara sesuai dengan kegiatan yang direncanakan.

Bandung, 1 Agustus 2023

Ketua Panitia

Latar Belakang

Menyambut datangnya hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023, sebagai bagian dari bangsa Indonesia, maka menjadi kewajiban bagi kita, untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kita, yang sudah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Hari kemerdekaan adalah tonggak sejarah perjuangan bangsa yang harus kita pertahankan. Selain mempertahankan kemerdekaan, kita sebagai generasi penerus bangsa, tentunya harus mengisi kemerdekaan itu dengan melakukan hal-hal yang positif dan dapat menumbuhkan kecintaan serta semangat nasionalisme. Dengan demikian, para siswa/i diharuskan untuk mengisi Hari Kemerdekaan ini dengan kegiatan yang mengingatkan kita pada semangat para patriot pembela bangsa. Maka dari itu, kami selaku panitia akan mengadakan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia bagi siswa/i SMA…..

Nama dan Tema Kegiatan

Kegiatan ini adalah Perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia 17 Agustus 2023 dengan tema “Terus Maju Untuk Indonesia Maju.”

Dasar Pelaksanaan Kegiatan

UUD 1945
Pancasila
AD/ART OSIS SMA ….
Program Kerja OSIS SMA …..

Tujuan Acara

Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini, yaitu:

– Menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan, dan kekeluargaan bagi siswa/i SMA ……
– Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela berkorban demi Tanah Air Indonesia Raya.
– Meningkatkan kesadaran akan besarnya jasa pejuang kemerdekaan dan nasional dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia.
– Meningkatkan jiwa sportifitas dalam meraih prestasi.
– Untuk mendorong rasa bangga dan cinta tanah air.

Peserta

Peserta perayaan HUT ke-78 Tahun RI adalah siswa-siswi kelas X sampai XII, serta guru-guru dan karyawan SMA ….

Waktu dan Tempat

Kegiatan “Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun, 17 Agustus 2023” ini akan diselenggarakan pada:

Hari, Tanggal:
Waktu:
Tempat:

Susunan Kepanitiaan

Ketua:

Sekretaris:

Bendahara:

Seksi Acara:

Seksi Dokumentasi:

Seksi Upacara:

Seksi Peralatan:

Seksi Lomba:

P3K:

Susunan Acara

17 Agustus 2023

Lomba ….. : Pukul….
Upacara Bendera….. : Pukul….

Estimasi Biaya

Konsumsi:
Hadiah:
Bendera:….
….

Full Kebutuhan dana Rp….

Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami buat, semoga dapat menjadi gambaran atas rencana kegiatan Perayaan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia 17 Agustus 2023.

Kegiatan ini tidak akan terwujud tanpa bimbingan dan dukungan dari Bapak/Ibu sekalian. Kami selaku panitia, memohon dukungan baik moral, maupun materi demi kelancaran acara ini.

Semoga apa yang kita usahakan ini menjadi amal sholih yang diiringi keikhlasan, sehingga berbuah pahala dari sisi Allah SWT. Terima kasih.

……, …………2023

Ketua Panitia

(Tanda tangan)

(Nama)

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMA……

(Tanda tangan)

(Nama)

3. Proposal Kegiatan untuk Umum

Proposal Kegiatan dalam Rangka Memeriahkan HUT RI Ke-78 Tahun 2023
(……..)
Kota Bandung

I. Pendahuluan

Kami dengan penuh semangat mengajukan proposal perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas perjuangan para pahlawan dan pendahulu bangsa yang telah berjuang untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Melalui perayaan ini, kami berharap dapat memupuk semangat nasionalisme dan kebersamaan dalam membangun bangsa yang lebih maju.

II. Latar Belakang

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah momentum bersejarah yang mengingatkan kita tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan. Peringatan HUT RI ke-78 ini menjadi kesempatan berharga untuk mengenang jasa-jasa pahlawan serta menguatkan tekad untuk memajukan Indonesia di berbagai bidang.

III. Tujuan

Tujuan dari perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 ini adalah:

– Meningkatkan rasa kebanggaan dan cinta tanah air di kalangan seluruh lapisan masyarakat.

– Menyatukan seluruh komponen bangsa dalam semangat kebersamaan dan persatuan.

– Memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia dan menghargai keragaman serta keragaman budaya di seluruh nusantara.

– Menginspirasi generasi muda untuk mengambil peran aktif dalam pembangunan dan kemajuan bangsa.

IV. Rencana Kegiatan

Berikut adalah rencana kegiatan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78:

a. Pageant Budaya

Mengadakan rivals budaya dari berbagai daerah di Indonesia, di mana setiap daerah akan menampilkan kekayaan seni, tradisi, tarian, dan kuliner khasnya. Pageant ini akan menjadi wadah untuk menghargai dan merayakan keragaman budaya Indonesia.

b. Lomba Kreativitas

Menggelar berbagai lomba kreativitas seperti lomba seni lukis, puisi, fotografi, dan karya inovatif lainnya yang mencerminkan semangat patriotisme dan cinta tanah air.

c. Konser Musik Kemerdekaan

Mengadakan konser musik dari berbagai model dengan menghadirkan musisi dan band ternama untuk menyampaikan pesan persatuan dan semangat kebangsaan.

d. Pameran Kemerdekaan

Menyelenggarakan pameran yang memamerkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, benda-benda bersejarah, dan artefak penting lainnya sebagai upaya melestarikan sejarah bagi generasi muda.

e. Kompetisi Olahraga

Menggelar kompetisi olahraga untuk masyarakat umum dengan tujuan untuk mendorong gaya hidup sehat dan semangat kompetitif.

f. Acara Pembagian Sembako

Melakukan kegiatan sosial berupa pembagian sembako dan bantuan lainnya kepada masyarakat kurang mampu sebagai bentuk kepedulian sosial.

V. Anggaran

Untuk melaksanakan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, kami mengajukan anggaran sebesar [sebutkan jumlah anggaran]. Dana tersebut akan digunakan untuk pendanaan acara, pengadaan hadiah untuk lomba, dekorasi, dan dokumentasi.

VI. Sumber Pendanaan

Anggaran Pemerintah: Sebagian dana perayaan akan didanai dari anggaran pemerintah dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan.

Donasi dan Sponsor: Akan mencari dukungan dari donasi dan sponsor baik dari instansi swasta maupun perorangan yang memiliki kesadaran akan pentingnya peringatan Hari Kemerdekaan.

VII. Penutup

Dengan mengajukan proposal perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 ini, kami berharap dapat menyelenggarakan peringatan yang bermakna dan berkesan bagi seluruh lapisan masyarakat. Melalui perayaan ini, kami yakin semangat nasionalisme dan cinta tanah air akan semakin menggelora di hati setiap warga negara Indonesia.

Terima kasih atas perhatian dan dukungannya.

Hidup Indonesia! Merdeka!

[Nama Penanggung Jawab]
[Jabatan Penanggung Jawab]
[Kontak]

4. Proposal Kegiatan 17 Agustus HUT RI ke-78 untuk Kegiatan Desa

Proposal Kegiatan dalam Rangka Memeriahkan HUT RI Ke-78 Tahun 2023
Kecamatan (…..)
Kota Bandung

Pendahuluan

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan momentum penting yang harus dirayakan dengan semangat kebangsaan dan kebersamaan. Untuk memeriahkan perayaan kali ini, kami mengusulkan penyelenggaraan berbagai lomba guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menghargai dan memperingati perjuangan para pahlawan.

Lomba-lomba ini akan diadakan pada tanggal 17 Agustus dan bertujuan untuk mendorong rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, kami selaku panitia lomba dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Desa / Kelurahan….. Kecamatan …… berencana menggelar berbagai perlombaan mulai dari tingkat anak-anak, remaja hingga bapak-bapak dan ibu-ibu.

Tujuan

Ada beberapa tujuan dari terselenggaranya acara ini, yaitu:

1. Memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.
2. Meningkatkan semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air.
3. Menggali potensi kreativitas masyarakat dalam mengenang perjuangan pahlawan.
4. Membangun rasa persatuan dan kesatuan melalui kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Tema

Terus Maju untuk Indonesia Maju

Peserta

Acara ini diperuntukkan ke semua warga Desa/Kelurahan ….. RT/RW….

Jenis Kegiatan

Adapun jenis kegiatan yang akan diselenggarakan adalah sebagai berikut:

Lomba ….

Lomba ….

Waktu dan Tempat

Peringatan HUT RI akan diselenggarakan di Lapangan Umum Desa pada hari …. tanggal…. 2023.

Susunan Kepanitiaan

Pembina :
Penanggung jawab :
Ketua Panitia :
Wakil Ketua :
Sekertaris :
Bendahara :
Seksi Acara :
Seksi Konsumsi :
Seksi Peralatan :
Seksi Humas :
Seksi Dokumentasi:

Rencana Anggaran Biaya

Peralatan Lomba :
Konsumsi :
Panggung :
Banner :
Seragam :

TOTAL :

Penutup

Demikian proposal 17 Agustus ini kami buat, semoga dapat menjadi gambaran atas garis besar acara yang akan kami selenggarakan. Semoga segala bentuk bantuan Bapak/Ibu dicatat sebagai amal dan bermanfaat bagi masyarakat setempat, khususnya kami selaku panitia.

………, ……………. 2023

Ketua Panitia,

(Tanda Tangan)

(Nama)

Mengetahui,

Kepala Desa

(Tanda Tangan)

(Nama)

5. Proposal Kegiatan 17 Agustus HUT RI ke-78 untuk Kegiatan Desa

Proposal Kegiatan dalam Rangka Memeriahkan HUT RI Ke-78 Tahun 2023
(……..)
Kota Bandung

Pendahuluan

Dalam rangka memeriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023, marilah kita sebagai bangsa Indonesia mengenang, menghormati, dan menghargai jasa-jasa pahlawan bangsa yang telah gugur dan mendahului kita, dalam mempertahankan Kedaulatan Negara.

Kemerdekaan adalah momen paling bersejarah dalam perjalanan sebuah bangsa. Namun, sebagai warga yang merdeka, tugas kita tak hanya sekadar mempertahankan, tetapi juga merenungkan pengorbanan para pejuang yang telah merebutnya.

Oleh karena itu, mari kita rayakan Hari Kemerdekaan ini dengan cara yang unik dan penuh makna. Kami, masyarakat Desa (…), bersemangat untuk berpartisipasi dalam perayaan ini dan dengan bangga menjadi panitia penyelenggara berbagai kegiatan berarti untuk memperingati HUT ke-78 RI di Desa kami.

Kami berharap kegiatan ini akan menjadi sumber inspirasi bagi semua, mempererat persatuan, memperluas wawasan tentang kebangsaan, dan meningkatkan kepedulian terhadap keutuhan negara. Mari kita bersama-sama merayakan kemerdekaan dengan semangat yang berbeda, dan semoga upaya kami ini dapat diterima sebagai bentuk sumbangsih nyata kami bagi bangsa tercinta. Aamiin.

Tujuan Kegiatan

Adapun maksud diselenggarakannya kegiatan ini yaitu sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT serta bentuk keceriaan saat menyambut HUT ke-78 RI di Tahun 2023. Adapun yang menjadi tujuan diadakannya kegiatan 17 Agustusan ini, sebagai berikut:

1. Menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.
2. Mempererat tali persaudaraan serta silaturahmi pada sesama warga Desa (…).
3. Meningkatkan motivasi perjuangan demi meraih prestasi dan harapan.
4. Memupuk jiwa sportifitas serta melatih kekompakan pada tim waktu dalam perlombaan.
5. Mengalihkan aktivitas pemuda yang negatif diganti dengan kegiatan yang positif.

Tema Kegiatan: Indonesia Maju

Peserta

Adapun peserta yang akan berpartisipasi dalam perayaan HUT ke-78 RI di Desa (…) adalah seluruh lapisan masyarakat Desa …. RT/RW….

Panitia Pelaksana

Ketua:
Sekretaris:
Bendahara:
Seksi Acara:
Seksi Umum dan Dokumentasi:
Seksi Upacara:
Seksi Peralatan:
Seksi Lomba:
P3K:

Waktu dan Tempat

Peringatan HUT ke-78 RI ini akan berlangsung mulai tanggal ….. dan berakhir tanggal ….. 2023 hingga selesai, berlokasi di (…)

Uraian Kegiatan

Lomba :
Lomba ….

Upacara Bendera…

Jadwal :

Hadiah :
Anak-anak:
Dewasa:

Anggaran Dana

Pengeluaran:

Tali tambang:
Kerupuk:
Karung:
Bola Futsal:
Tali pengikat:
Cat:
Bendera Merah Putih:
Perlengkapan Hadiah:

Full:

Sumber Dana:
Insert khusus dewasa:

Penutup

Demikianlah, susunan keseluruhan rencana yang akan kami adakan seiring pengajuan proposal ini, semoga bisa menjadi gambaran atas apa yang akan kami selenggarakan. Kami sangat berharap dukungan dan partisipasi dari Bapak/Ibu. Kami selaku panitia mohon maaf bila sekiranya ada kata-kata yang menyinggung atau tidak mengenakkan dalam proposal kegiatan 17 Agustus ini. Semoga proposal yang Bapak/Ibu terima dari kami ini sekalian mempererat silaturahmi dan kekeluargaan kita bersama. Semoga segala kegiatan yang dilaksanakan menjadi amal baik dan positif untuk ke depannya.

Bandung, 18 Juni 2019

(Tanda Tangan Ketua)

6. Proposal Kegiatan Kemerdekaan di Sekolah

Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia “Menjadi Pemuda Indonesia Visioner”

A. Latar Belakang

Menyambut HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023, sudah menjadi kewajiban kita sebagai bangsa Indonesia untuk terus mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

17 Agustus 1945 adalah tonggak sejarah perjuangan bangsa yang harus kita peringati sebagai rasa syukur dan pengingat bahwa kita bisa menikmati masa ini karena jasa para pendahulu.

Kita sebagai generasi penerus bangsa harus mengisi kemerdekaan dengan melakukan kegiatan positif dan dapat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air serta semangat nasionalisme.

Salah satu caranya ialah dengan mengadakan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia bagi siswa-siswi SMA ….

B. Nama Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah “Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia” dengan tema “Menjadi Pemuda Indonesia Visioner”.

C. Dasar Kegiatan

Pancasila
UUD 1945
AD/ART OSIS SMA …

D. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bagi siswa dan siswi serta guru/karyawan SMA …, mengingat jasa para pahlawan, meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai Pancasila, meningkatkan semangat sportivitas dalam meraih prestasi, dan menumbuhkan nasionalisme dan rasa cinta tanah air.

E. Bentuk Kegiatan

Bentuk dari kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia adalah sebagai berikut:

Lomba untuk siswa-siswi
Lomba untuk guru/karyawan
Pentas musik

F. Peserta Kegiatan

Peserta perayaan HUT ke-78 RI adalah sebagai berikut:

Lomba diikuti perwakilan kelas X-XII serta guru-guru dan karyawan SMA …
Pentas musik diikuti 10 band dari SMA …

G. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan peringatan HUT ke-78 ini diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal: Sabtu, 19 Agustus 2023
Waktu: 08.00 WIB.
Tempat: Lapangan rumput dan lapangan basket SMA …

H. Susunan Panitia

Ketua:
Sekretaris:
Bendahara:
Seksi Acara:
Seksi Dokumentasi:
Seksi Upacara:
Seksi Peralatan:
Seksi Lomba:
P3K:

I. Susunan Acara

Pukul 08.00-12.00: Pentas musik
Pukul 08.00-09.30: Lomba untuk guru/karyawan (lomba tarik tambang dan lomba makan kerupuk)
Pukul 09.30-12.00: Lomba untuk siswa/siswi (lomba puisi, balap bakiak, tarik tambang, lomba pidato kemerdekaan, lomba makan kerupuk)

J. Estimasi Biaya

Sewa panggung dan sound system Rp 5.000.000
Karung 10 buah Rp 50.000
Bakiak 6 pasang Rp 50.000
Kerupuk 1 kaleng Rp 50.000
Tali Tambang 2 buah Rp 50.000
Konsumsi Rp 500.000
Hadiah Rp 2.000.000
Full kebutuhan dana Rp 7.700.000

Kami menyediakan beberapa ruang untuk promosi dari bisnis perusahaan Anda.

Perusahaan Anda kami anggap tepat jika bekerja sama dengan kami karena produk-produk yang Anda hasilkan banyak digunakan siswa sekolah.

Adapun ruang promosi yang diberikan sebagai berikut:

Pemasangan emblem perusahaan pada:
X-banner, baliho, postingan media sosial
Title tag panitia dan peserta
Penyebutan nama perusahaan sebanyak 10 kali melalui panggung musik
Bentuk promosi lainnya dapat dirundingkan selanjutnya

Okay. Prosedur Kerja Sama

Setiap pihak sponsor yang berminat, berkewajiban menandatangani lembar kerja sama

Materi Iklan dan Alat Promosi

Seluruh materi promosi didesain dan diproduksi oleh panitia
Pengaturan dan penempatan materi iklan merupakan wewenang pihak panitia.
Pihak sponsor harus menyerahkan materi iklan selambat-lambatnya 20 hari sebelum kegiatan.
Pembayaran

Pembayaran dapat dilakukan kepada pihak panitia yang telah diberikan mandat.
Pembayaran dapat dilakukan dalam satu tahap, selambat-lambatnya 15 hari sebelum acara.
Ketentuan Khusus

Jika terjadi perubahan atau tambahan dalam kerjasama ini, akan dibicarakan lebih
lanjut sepanjang tidak ada pihak yang dirugikan.

L. Penutup

Demikian proposal ini kami buat sebagai gambaran atas rencana kegiatan “Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia” dengan tema “Menjadi Pemuda Indonesia Visioner”. Kami harapkan kerja sama dapat terjalin dengan baik sehingga acara dapat terselenggara dengan lancar.

…, … … 2023

Nama dan tanda tangan ketua dan sekretaris

Mengetahui,

Kepala SMA …/Pembina OSIS

7. Proposal Kegiatan Kemerdekaan di SMA

Dikutip dari buku Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI (2017), di bawah ini terdapat contoh proposal kegiatan 17 Agustus lengkap dengan estimasi biayanya.

A. Judul

Judul adalah bagian pembuka dalam proposal. Kamu bisa menuliskan judul berdasarkan tema kegiatan yang nantinya akan diselenggarakan.

“Proposal Kegiatan Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun 2023 SMA Bina Bangsa”

B. Latar Belakang

Indonesia sebentar lagi akan menyambut Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2023. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk memperingati momen kemerdekaan bangsa adalah menyelenggarakan beragam lomba.

Dalam rangka memperingati dan meramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia, Osis SMA Bina Bangsa bermaksud mengadakan kegiatan HUT ke-78 RI di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini bermaksud untuk mengingat kembali sejarah bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan, sekaligus mempererat hubungan antar siswa-siswi SMA Bina Bangsa.

C. Tema dan Jenis Kegiatan

Kegiatan HUT ke-78 RI ini mengusung tema “Semangat 45 untuk Mencerdaskan Bangsa.”

Jenis kegiatan yang dilaksanakan antara lain upacara dan lomba-lomba, seperti balap karung, balap bakiak, makan kerupuk, tarik tambang, baca puisi dan vogue current.

D. Dasar Pelaksanaan Kegiatan

UUD 1945
Pancasila
AD/ART OSIS SMA Bina Bangsa
Program Kerja OSIS SMA Bina Bangsa

E. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini yaitu:

Mengajak seluruh warga sekolah Bina Bangsa untuk kembali mengenang jasa para pahlawan Tanah Air.
Mempererat hubungan antarwarga sekolah.
Meningkatkan semangat juang warga sekolah melalui kerja sama dalam kegiatan lomba.
Mendorong sportivitas dalam meraih prestasi.
Mendorong rasa bangsa dan cinta Tanah Air.

F. Peserta

Peserta perayaan HUT RI ke-78 adalah siswa-siswi kelas X sampai XII dan seluruh guru serta karyawan SMA Bina Bangsa.

G. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan “HUT ke-78 RI, semangat 45 untuk mencerdaskan bangsa” ini akan diselenggarakan pada :

Hari, Tanggal: Kamis, 17 Agustus 2023
Waktu: 09.00 WIB sampai selesai.
Tempat: Lingkungan SMA Bina Bangsa

H. Susunan Kepanitiaan

Pada bagian susunan kepanitiaan ini, tuliskan peran serta nama-nama orang yang termasuk dalam struktur.

Pembagian kepanitiaan bertujuan untuk memastikan setiap orang melaksanakan peran serta tugasnya dan tidak bentrok dengan yang lain.

Penanggung jawab
Ketua panitia
Sekretaris
Bendahara
Seksi Acara
Seksi Dokumentasi
Seksi Upacara
Seksi Peralatan
Seksi Lomba
P3K

I. Susunan Acara

17 Agustus 2023

Pukul 07.00 – 08.00 : Upacara peringatan HUT ke-78 RI (Petugas upacara dari pengurus OSIS)

Pukul 09.00 – 12.00 : Perlombaan

Balap karung
Balap bakiak
Lomba makan kerupuk
Tarik tambang
Baca puisi kemerdekaan
Type current bertema pahlawan
J. Estimasi Biaya
10 merchandise karung goni ukuran 60cm x 100cm (harga satuan Rp12 ribu), full Rp120 ribu
6 pasang bakiak kapasitas 3 orang (harga sepasang Rp25ribu), full Rp150 ribu
1 kaleng kerupuk putih isi 30, full Rp60 ribu
10 pcs kertas kado (harga satuan Rp2 ribu), full Rp20 ribu
2 pcs tali tambang besar (harga satuan Rp20ribu), full Rp40 ribu
1 buah bendera merah putih, full Rp50 ribu
Konsumsi dewan juri dan panitia 20 orang @Rp50 ribu, full Rp1 juta
Perlengkapan hadiah peserta lomba Rp400 ribu
Dana dekorasi lainnya Rp300 ribu
Full kebutuhan dana Rp2.140.000 atau dua juta seratus empat puluh ribu rupiah.

Okay. Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami buat, semoga dapat menjadi gambaran atas rencana kegiatan HUT ke-78 RI tanggal 17 Agustus 2023.

Kegiatan ini tidak akan terwujud tanpa bimbingan dan dukungan dari Bapak/Ibu sekalian. Kami selaku panitia, memohon dukungan baik moral, maupun materi demi kelancaran acara ini.

Semoga apa yang kita usahakan menjadi amal kebaikan dan ladang pahala dari sisi Allah SWT. Terima kasih.

Jakarta, Agustus 2023
Ketua Panitia Mengetahui,
Kepala Sekolah/Pembina OSIS SMA Bina Bangsa
Anjar Putra Drs. Satria Bagaskara, M.Pd

8. Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus Karang Taruna

Proposal Kegiatan Warga … dalam Rangka Peringatan Kemerdekaan RI ke-78

A. Latar Belakang

Sehubungan dengan adanya peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang, kami selaku pengurus dari karang taruna Desa … akan menyelenggarakan berbagai macam bentuk perlombaan untuk seluruh warga di Desa ….

Semangat kemerdekaan sejatinya wajib untuk ditanam serta ditumbuhkan oleh setiap individu di Negara tercinta kita ini, yaitu Indonesia. Dalam misi untuk menumbuhkan semangat kemerdekaan yang disertai juga dengan rasa untuk cinta tanah air serta sekaligus demi wujud dari persatuan serta kesatuan pada kehidupan berbangsa bernegara, maka agenda 17 Agustus wajib untuk diagendakan di setiap tahunnya.

B. Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan dalam diadakan kegiatan ini adalah

sebagai bakti terhadap Negara dalam mengisi hari kemerdekaan,
menumbuhkan rasa untuk persatuan, kesatuan, serta kekeluargaan di kalangan masyarakat dari Desa …, dan
menghidupkan kegiatan di Desa ….

C. Pelaksanaan Kegiatan

Hari/Tanggal: Kamis, 17 Agustus 2023
Waktu: 09.30 WIB-selesai
Tempat: Lapangan Merdeka Rakyat

D. Susunan Kepanitiaan

Pembina: …
Penanggung Jawab: …
Ketua Pelaksana: …
Wakil Ketua: …
Sekretaris: …
Bendahara: …
Seksi Acara: …

E. Rencana Anggaran Biaya

Peralatan Lomba: Rp750.000
Hadiah: Rp2.500.000
Panggung dan Sound System: Rp850.000
Banner: Rp250.000
Konsumsi: Rp1.500.000
Kaos: Rp1.500.000
Full: Rp7.350.000

Demikian proposal ini telah kami buat, semoga bisa menjadi gambaran atas segala rencana kegiatan ini. Atas perhatian dari bapak/Ibu, Saudara/I kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga apa yang sudah kami usahakan ini menjadikan kamu semua sebagai hamba Allah yang selalu bertakwa. Aamiin.

…, … … 2023

Ketua Pelaksana

Mengetahui dan Disetujui

Kepala Desa …

9. Proposal Kegiatan Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Karang Taruna

Proposal Kegiatan Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Karang Taruna Keluharan …

A. Latar Belakang

17 Agustus merupakan hari bersejarah bangsa Indonesia. Yang mana setiap tanggal tersebut, rakyat Indonesia memperingati kemerdekaan Indonesia. Dengan semangat patriotisme menjadikan kita manusia yang mempunyai jiwa Nasionalisme dan kecintaan terhadap Tanah Air. Tema HUT ke-78 RI “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Untuk itu, Karang Taruna Kelurahan …, berinisiatif menyelenggarakan event bertajuk perlombaan guna memperingati hari Kemerdekaan ke-78 RI.

B. Landasan Kegiatan

UUD 1945
Pancasila
Anggaran Dasar Karang Taruna
Anggaran Rumah Karang Taruna
Program Kerja Karang Taruna

C. Nama dan Tema Kegiatan

Kegiatan ini adalah Peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 RI dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

D. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan diadakannya acara ini, yaitu

Mengajak seluruh warga untuk mengingat jasa jasa para pahlawan.
Mempererat tali silaturahmi antar sesama warga.
Meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi bagi anak-anak.
Memupuk jiwa sportivitas dalam berlomba bagi anak-anak
Memupuk semangat kebangsaan antar generasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan worldwide.

E. Bentuk Kegiatan

Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam memperingati HUT ke-78 RI adalah lomba 17-an dengan jenis lomba yang akan dilaksanakan:

1. Lomba Anak-anak

Balap kelereng
Pecah air
Balap karung
Memasukkan paku dalam botol
Pecah balon
Makan kerupuk
Mengambil koin dalam jeruk

2. Lomba Group

Balap bakiak
Volley web tertutup
Sepak bola daster

3. Lomba Pemuda

Rebut kursi
Merias wajah dengan mata tertutup
Balap egrang

D. Pelaksanaan Kegiatan

Hari/Tanggal: Kamis, 17 Agustus 2023
Waktu: 09.30 WIB-selesai
Tempat: Lapangan Merdeka Rakyat

E. Panitia Pelaksana

Susunan Panitia 17-an Karang Taruna …

Pelindung: …………
Penanggung Jawab: …………
Ketua Panitia: …………
Wakil Ketua: …………
Sekretaris: …………….
Bendahara: …………….

Seksi Acara: …………
Seksi Dokumentasi: …………
Seksi Upacara: …………
Seksi Peralatan: …………
Seksi Lomba: …………

F. Estimasi Biaya

Karung 10 merchandise Rp 50.000
Bakiak 6 pasang Rp 60.000
Kerupuk 1 kaleng Rp 70.000
Buah Jeruk 1 kg Rp 50.000
Balon 50 Pcs Rp 20.000
Bola Plastik 5 pcs Rp 40.000
Kertas kado 5 pcs Rp 10.000
Tali Tambang 2 pcs Rp 40.000
Bendera merah putih 1 buah Rp 50.000
Konsumsi dewan juri Rp 100.000
Benang/Tali 1 Pcs Rp 5.000
Bendera merah putih 5 buah Rp 100.000
Perlengkapan hadiah Rp 300.000
Akuntabel Rp 50.000

G. Peserta Kegiatan

Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak, Pemuda, dan warga … yang mengikuti proses pendaftaran dan seleksi oleh panitia dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

H. Penutup

Demikian proposal ini kami ajukan sebagai bahan acuan dan pertimbangan, atas perhatian dan kerjasama yang baik diucapkan terima kasih.

…, … … 2023

Ketua Panitia Sekretaris

Mengetahui,
Ketua Karang Taruna …

10. Proposal Kegiatan Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Karang Taruna (2)

Proposal Kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Karang Taruna …

A. Latar Belakang

HUT RI ke-78 merupakan sebuah momentum penting untuk meningkatkan rasa nasionalisme sekaligus mempererat tali persaudaraan. Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan dengan penuh sukacita dan semangat tinggi melalui berbagai kegiatan yang positif.

Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke-78, kami akan menyelenggarakan Pesta Rakyat Merdeka. Acara ini akan diisi dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan semangat dan kreativitas generasi muda sekaligus memperkuat solidaritas warga desa (nama desa).

Berdasarkan pemikiran tersebut, kami, Karang Taruna …, mengajukan proposal permohonan bantuan kepada bapak/ibu. Besar harapan kami kepada bapak/ibu untuk ikut berpartisipasi memberikan bantuan demi kelancaran kegiatan ini

B. Landasan Kegiatan

UUD 1945
Pancasila
Anggaran Dasar Karang Taruna
Anggaran Rumah Karang Taruna
Program Kerja Karang Taruna

C. Nama dan Tema Kegiatan

Kegiatan ini adalah “Pesta Rakyat Merdeka” dengan tema “Semangat Menyala, Indonesia Berjaya”.

D. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan diadakannya acara ini adalah

memeriahkan peringatan HUT RI ke-78,
mempererat tali silaturahmi antar warga desa (nama desa),
meningkatkan semangat dalam meraih prestasi di antara anak-anak dan remaja desa (nama desa),
memupuk jiwa sportifitas dalam mengikuti lomba, dan
mengasah kreativitas generasi muda.

E. Bentuk Kegiatan

Contoh bentuk kegiatan dalam acara ini antara lain

Pameran UMKM
Jalan santai warga desa (nama desa)
Pentas seni
Lomba tradisional
D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Hari/Tanggal: Sabtu-Minggu, 12-13 Agustus 2023
Waktu: 07.00 WIB-selesai
Tempat: Lapangan Desa (nama desa)

E. Jadwal Acara

a. Pameran UMKM

Tanggal: 12-13 Agustus 2023
Waktu: 07.00-21.00 WIB

b. Jalan Santai

Tanggal: 13 Agustus 2023
Waktu: 07.00-08.00 WIB

c. Pentas Seni

Tanggal: 13 Agustus 2023
Waktu: 09.00-15.00 WIB

d. Lomba Tradisional (Lomba makan kerupuk, memasukkan paku dalam botol, lomba bakiak, balap karung)

Tanggal: 12-13 Agustus 2023
Waktu: 15.30-17.00 WIB

e. Penutupan dan Penyerahan Hadiah

Tanggal: 13 Agustus 2023
Waktu: 19.00-21.00 WIB

F. Estimasi Biaya

a. Hari pertama (Sabtu, 12 Agustus 2023)

Konsumsi panitia: 30 x Rp15.000 = Rp450.000
Konsumsi tamu undangan: 10 x Rp15.000 = Rp150.000
Snack peserta lomba: 50 x 10.000 = Rp500.000
Sewa tenda dan dekorasi: Rp8.000.000
Peralatan (sound system, lighting, genset, dll): Rp8.000.000
b Hari kedua (Minggu, 13 Agustus 2023)

Konsumsi panitia: 30 x Rp15.000 = Rp450.000
Konsumsi tamu undangan: 20 x Rp15.000 = Rp300.000
Snack peserta lomba: 50 x 10.000 = Rp500.000
Sewa panggung dan perlengkapan: Rp8.000.000
Hadiah dan piala: Rp6.000.000
Pengeluaran tak terduga: Rp1.000.000
Full biaya: Rp33.350.000

Kami menawarkan kerja sama dengan memberikan fasilitas promosi perusahaan Anda guna meningkatkan citra perusahaan kepada masyarakat luas melalui kegiatan Pesta Rakyat Merdeka. Adapun kriterianya adalah sebagai berikut:

a. Platinum
Pembiayaan: 80 persen
Fasilitas:

Undangan untuk 3 tamu orang perwakilan.
Emblem perusahaan dicetak paling besar di bagian atas spanduk, poster, dan flyer.
Stand promosi freed from worth
Ucapan terima kasih saat pembukaan, di tengah acara, break, dan penutupan.
Publicity di media sosial: 30 kali selama 1 bulan.

b. Gold
Pembiayaan: 60 persen
Fasilitas:

Undangan untuk 2 tamu orang perwakilan.
Emblem perusahaan dicetak besar di bagian atas spanduk, poster, dan flyer bersama dengan sponsor lainnya.
Stand promosi freed from worth.
Ucapan terima kasih saat pembukaan, di tengah acara, break, dan penutupan.
Publicity di media sosial: 20 kali selama 1 bulan

c. Silver
Pembiayaan: 40 persen
Fasilitas:

Undangan untuk 1 tamu orang perwakilan.
Emblem perusahaan dicetak di bagian bawah spanduk, poster, dan flyer dengan ukuran paling besar di antara sponsor lainnya.
Ucapan terima kasih saat pembukaan, di tengah acara, break, dan penutupan.
Publicity di media sosial: 10 kali selama 1 bulan

d. Bronze
Pembiayaan: 20 persen
Fasilitas:

Emblem perusahaan dicetak di bagian bawah spanduk, poster, dan flyer bersama sponsor lainnya.
Ucapan terima kasih saat pembukaan, di tengah acara, break, dan penutupan.
Publicity di media sosial: 5 kali selama 1 bulan

H. Penutup

Demikian proposal ini kami susun agar menjadi bahan pertimbangan dan memberikan gambaran jelas terkait pelaksanaan Pesta Rakyat Merdeka. Dukungan dari semua pihak sangat kami harapkan demi keberhasilan acara ini. Atas perhatian dan partisipasinya, kami ucapkan terima kasih.

…, … … 2023

Ketua Panitia

Mengetahui,

Ketua Karang Taruna

Nah detikers, itulah tadi penjelasan tentang contoh proposal HUT RI tahun 2023. Marilah kita maknai kemerdekaan negara ini dengan sebaik-baiknya. Semangat Kemerdekaan, Merdeka!

(aau/iqk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *